Studi Komparasi Kinerja Guru Bersertifikasi dan Nonsertifikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Serang Banten

  • Suheri Universitas Terbuka
  • Nafan Tarihoran UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Keywords: Kinerja, Sertifikasi, Implementasi Kurikulum 2013

Abstract

Kinerja guru merupakan kegiatan yang dilaksanakan seorang guru dalam pembelajaran yang sudah direncanakan sebagai tugas dan tanggungjawabnya di sekolah. Fakta di lapangan, sejak digulirkannya kurikulum 2013 guru masih belum maksimal dalam memahami prosedur melaksanakan pembelajaran saintifik dan penilaian autentik di sekolah, padahal sebagian guru telah memiliki sertifikat pendidik dan menerima tunjangan sertifikasi sebesar satu kali gaji sebagai bentuk penghargaan atas keprofesionalannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif komparatif yakni dengan melakukan pengamatan, studi dokumentasi, dan wawancara serta triangulasi kepada informan terpilih di 3 sekolah berbeda di Kabupaten Serang Banten. Hasil penelitian ini menunjukkan kinerja guru bersertifikasi dan non sertifikasi dalam menyusun rencana pembelajaran, dalam melaksanakan proses pembelajaran saintifik guru dalam melaksanakan penilaian autentik, dan dalam menunjukkan etos kerja guru bersertifikasi telah tergolong baik sedangkan guru non sertifikasi tergolong kategori cukup. Dengan demikian, semua guru dan pemerintah seharusnya dapat meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi terlebih bagi guru yang telah bersertifikat pendidik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akbar, S. D., A’yun, I. Q., Satriyani, F. Y., Widodo, W., Paranimmita, R., & Ferisa, D. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Barnawi dan Mohamma Arifin. (2012). Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta: ar-Ruzz Media.

BSNP. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Balitbang Depdiknas

Dantes, N. (2008). Hakikat Asesmen Otentik Sebagai Penilaian Proses Dan Produk dalam Pembelajaran yang Berbasis Kompetensi. Makalah disampaikan pada IHT di SMAN 1 Kuta Utara.

Darling-Hammond, L., Ancess, J., & Falk, B. (1995). Authentic assessment in action: Studies of schools and students at work. Teachers College Press.

Day, C., & Sachs, J. (2004). Professionalism, performativity and empowerment: Discourses in the politics, policies and purposes of continuing professional development. International handbook on the continuing professional development of teachers, 3-32.

Erni, E., & Kilawati, A. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 11-15.

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27-33.

Jaedun, A. (2009). Evaluasi Kinerja Profesional Guru. Makalah pada Pelatihan” Refleksi Profesi Guru Bersertifikat Profesional” di Kantor Dinas Dikpora Kabupaten Cilacap, tanggal 12 Oktober 2009.

Kolb, D. A. (1976). Management and the Learning Process. California Management Review, 18(3), 21–31.

Koswara, D. dan Suryadi. (2007). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: UPI Press.

Miles B., Matthew & Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: CV. Alfabeta.

Saondi, O & Aris, S. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: Grafindo

Tarihoran, N. (2012), Pendidikan Profesi guru dan Mutu Pendidikan. Primary: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Dasar, 4(2), 113-122.

Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Published
27-04-2020
How to Cite
Suheri, & Tarihoran, N. (2020). Studi Komparasi Kinerja Guru Bersertifikasi dan Nonsertifikasi dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Kabupaten Serang Banten. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(1), 1 - 11. https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.281
Section
Articles