Hubungan Literasi Digital dan Efikasi Diri dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 4 dan Gugus 8 Kecamatan Bogor Barat

Authors

  • Jefri Nurdin Abdul Jalil Pascasarjana Universitas Terbuka
  • Yuyun Elizabeth Patras Universitas Pakuan
  • Sendi Ramdhani Pascasarjana Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5587

Keywords:

Literasi Digital, Efikasi Diri, Kinerja Guru, Kualitas Pendidikan, Pengembangan Profesional

Abstract

Kinerja guru merupakan faktor utama dalam menentukan kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara literasi digital, efikasi diri, dan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus 4 dan Gugus 8, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional untuk mengidentifikasi pengaruh literasi digital dan efikasi diri terhadap kinerja guru. Sampel penelitian terdiri dari 100 guru yang dipilih menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan penilaian kinerja guru, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,467 (p < 0,05), yang menunjukkan tingkat hubungan sedang. Efikasi diri juga memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,588 (p < 0,05), yang menunjukkan tingkat hubungan sedang. Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa literasi digital dan efikasi diri secara simultan memiliki hubungan kuat dengan kinerja guru (R = 0,629, p < 0,05). Model regresi yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan literasi digital sebesar satu satuan akan meningkatkan kinerja guru sebesar 0,072 satuan, sementara peningkatan efikasi diri sebesar satu satuan akan meningkatkan kinerja guru sebesar 0,101 satuan. Penelitian ini menegaskan bahwa literasi digital dan efikasi diri merupakan faktor penting dalam meningkatkan kinerja guru. Analisis demografi menunjukkan bahwa hubungan antara variabel penelitian bervariasi berdasarkan usia, masa kerja, dan status sertifikasi. Guru dengan masa kerja 11–15 tahun menunjukkan korelasi lebih kuat antara literasi digital dan kinerja, sedangkan guru yang belum bersertifikasi memiliki hubungan lebih kuat antara efikasi diri dan kinerja guru. Temuan ini memberikan wawasan bagi pemangku kebijakan dan lembaga pendidikan dalam merancang program pengembangan profesional yang berfokus pada peningkatan literasi digital dan efikasi diri guna meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, A., & Aminu, N. (2022). Penguatan Literasi Digital Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Buton. Jurnal Abdidas, 3(3), 548–555. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.627

Apriansyah, M., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (2022). Efikasi Diri dan Implementasinya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1123–1126. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.534

Aslamiyah, S., Lahmuddin, L., & Effendy, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Taman Kanak Kanak Di Kecamatan Medan Area. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(2), 143-152. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v2i2.308

Butar, N. Y. B., Bross, N., & Kanto, D. S. (2020). What Drives Teaching Performance at School? The Determinants of School Teacher Performance. Journal of Economics and Business, 3(4), 1624–1630. https://doi.org/10.31014/aior.1992.03.04.308

Dekawati, I., & Trisno, W. (2023). Efikasi diri guru dan literasi digital serta kontribusinya terhadap efektivitas proses pembelajaran dalam jaringan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1-17. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.1505

Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan literasi digital bagi guru-guru sekolah dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118-128. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1483

Epa, E. (2020). Kinerja Guru Dipengaruhi oleh Kompetensi Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 137–144. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1691

Handayani, F., & Azizah, S. N. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Karangsambung pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 495–509. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i3.873

Haq, N., Tholkhah, I., & Primarni, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Efikasi Diri Giuru terhadap Kinerja Guru. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(2), 181-196. https://doi.org/10.47467/reslaj.v2i2.108

Hikmah, H. N., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2021). Hubungan efikasi diri dengan kreatifitas kerja guru pegawai negeri sipil (PNS) sekolah dasar negeri se-kecamatan Cibungbulang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 10-17. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.289

Hotimah, H., Suherman, S., & Hanafi, M. S. (2021). Hubungan Diklat Peningkatan Kom Petensi Pembelajaran (PKP) Dan Efikasi Diri Dengan Kinerja Guru. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(1). https://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i1.11894

Huda, M. (2022). Analisis Faktor Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 1. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2083

Husnaeni, H., Lince, R., Jalil, J., & Burga, M. A. (2025). Analisis Literasi Digital Mahasiswa Universitas Terbuka pada Rumpun Mata Kuliah Matematika. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 178-187. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5430

Indriawati, P., Balikpapan, U., Maulida, N., Balikpapan, U., Erni, D. N., Balikpapan, U., Putri, W. H., & Balikpapan, U. (2022). Kinerja Guru dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 204–215. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12795

Jendra, A. F., & Sugiyo, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kecemasan Presentasi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 4(1), 138–159. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.5992

Johanes, V. E., Suroyo, S., & Budiastra, A. A. K. (2022). Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Literasi Digital dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2793–2801. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2471

Jumiati, J., & Kartiko, A. (2022). Pengaruh Self Efficacy dan Locus of Control Terhadap Kinerja Guru. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 32–44. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.5

Kahar, L., Nisa, A., Marisa, C., & Dachmiati, S. (2023). Kontribusi efikasi diri terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.30998/ocim.v3i1.8997

Karim, M. A., & Rosminingsih, E. (2020). Pengaruh Dimensi Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Terhadap Efikasi Diri Guru. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 18-34. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.14883

Kusyanti, E., Hendarman, H., & Suhardi, E. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Penguatan Efektivitas Pelatihan, Literasi Digital, Dan Efikasi Diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 010-016. https://doi.org/10.33751/jmp.v12i1.9935

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265

Nawaf, A., Azura, S., Gultom, S. F., Afriansyah, W., & Putra, A. D. (2023). Analisis literasi digital dalam penggunaan media sosial di kalangan remaja Desa Payung Kec. Payung Kab. Karo. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 337-343. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.235

Nika, S., Hidayat, N., & Laihad, G. H. (2022). Peningkatan literasi digital melalui penguatan efikasi diri dan kepemimpinan visioner. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 88-93. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i2.6102

Novitasari, L. (2020). E-book Sebagai Literasi Digital (Studi Media Aplikasi iMartapuraTerhadap Minat Baca Masyarakat Kabupaten Banjar). Jurnal Pengabdian Sosial | Tahun, 1(1), 1–10. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/2633/

Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9230–9244. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318

Park, H. (2023). Exploring digital literacy in the context of remote education for Korean elementary school teachers: Challenges, efforts, and demands. KEDI Journal of Educational Policy, 63, 63–88. http://doi.org/10.22804/kjep.2023.20.1.004

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04

Putra, S. P., & Hariri, H. (2023). The Effect of Principal Supervision on Teacher Performance: Literature Review. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 63–70. https://doi.org/10.35912/jahidik.v2i2.1648

Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 10-23. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304

Zulfiani, Thaha, H., & Mahmud, H. (2021). Model Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Islamic Education, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.922

Published

2025-03-26

How to Cite

Jalil, J. N. A., Patras, Y. E., & Ramdhani, S. (2025). Hubungan Literasi Digital dan Efikasi Diri dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 4 dan Gugus 8 Kecamatan Bogor Barat . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 345–359. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5587

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.