Hubungan Literasi Digital dan Efikasi Diri dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus 4 dan Gugus 8 Kecamatan Bogor Barat
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5587Keywords:
Literasi Digital, Efikasi Diri, Kinerja Guru, Kualitas Pendidikan, Pengembangan ProfesionalAbstract
Kinerja guru merupakan faktor utama dalam menentukan kualitas pendidikan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara literasi digital, efikasi diri, dan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Gugus 4 dan Gugus 8, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional untuk mengidentifikasi pengaruh literasi digital dan efikasi diri terhadap kinerja guru. Sampel penelitian terdiri dari 100 guru yang dipilih menggunakan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan penilaian kinerja guru, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,467 (p < 0,05), yang menunjukkan tingkat hubungan sedang. Efikasi diri juga memiliki hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,588 (p < 0,05), yang menunjukkan tingkat hubungan sedang. Analisis regresi berganda menunjukkan bahwa literasi digital dan efikasi diri secara simultan memiliki hubungan kuat dengan kinerja guru (R = 0,629, p < 0,05). Model regresi yang diperoleh menunjukkan bahwa peningkatan literasi digital sebesar satu satuan akan meningkatkan kinerja guru sebesar 0,072 satuan, sementara peningkatan efikasi diri sebesar satu satuan akan meningkatkan kinerja guru sebesar 0,101 satuan. Penelitian ini menegaskan bahwa literasi digital dan efikasi diri merupakan faktor penting dalam meningkatkan kinerja guru. Analisis demografi menunjukkan bahwa hubungan antara variabel penelitian bervariasi berdasarkan usia, masa kerja, dan status sertifikasi. Guru dengan masa kerja 11–15 tahun menunjukkan korelasi lebih kuat antara literasi digital dan kinerja, sedangkan guru yang belum bersertifikasi memiliki hubungan lebih kuat antara efikasi diri dan kinerja guru. Temuan ini memberikan wawasan bagi pemangku kebijakan dan lembaga pendidikan dalam merancang program pengembangan profesional yang berfokus pada peningkatan literasi digital dan efikasi diri guna meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Downloads
References
Akbar, A., & Aminu, N. (2022). Penguatan Literasi Digital Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Buton. Jurnal Abdidas, 3(3), 548–555. https://doi.org/10.31004/abdidas.v3i3.627
Apriansyah, M., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H. (2022). Efikasi Diri dan Implementasinya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1123–1126. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.534
Aslamiyah, S., Lahmuddin, L., & Effendy, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Taman Kanak Kanak Di Kecamatan Medan Area. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(2), 143-152. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v2i2.308
Butar, N. Y. B., Bross, N., & Kanto, D. S. (2020). What Drives Teaching Performance at School? The Determinants of School Teacher Performance. Journal of Economics and Business, 3(4), 1624–1630. https://doi.org/10.31014/aior.1992.03.04.308
Dekawati, I., & Trisno, W. (2023). Efikasi diri guru dan literasi digital serta kontribusinya terhadap efektivitas proses pembelajaran dalam jaringan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1-17. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.1505
Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan literasi digital bagi guru-guru sekolah dasar. JCES (Journal of Character Education Society), 3(1), 118-128. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1483
Epa, E. (2020). Kinerja Guru Dipengaruhi oleh Kompetensi Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(2), 137–144. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i2.1691
Handayani, F., & Azizah, S. N. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik, Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 1 Karangsambung pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 3(3), 495–509. https://doi.org/10.32639/jimmba.v3i3.873
Haq, N., Tholkhah, I., & Primarni, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Efikasi Diri Giuru terhadap Kinerja Guru. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 2(2), 181-196. https://doi.org/10.47467/reslaj.v2i2.108
Hikmah, H. N., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2021). Hubungan efikasi diri dengan kreatifitas kerja guru pegawai negeri sipil (PNS) sekolah dasar negeri se-kecamatan Cibungbulang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 10-17. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.289
Hotimah, H., Suherman, S., & Hanafi, M. S. (2021). Hubungan Diklat Peningkatan Kom Petensi Pembelajaran (PKP) Dan Efikasi Diri Dengan Kinerja Guru. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(1). https://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v8i1.11894
Huda, M. (2022). Analisis Faktor Kinerja Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(01), 1. https://doi.org/10.30868/im.v5i01.2083
Husnaeni, H., Lince, R., Jalil, J., & Burga, M. A. (2025). Analisis Literasi Digital Mahasiswa Universitas Terbuka pada Rumpun Mata Kuliah Matematika. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 178-187. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5430
Indriawati, P., Balikpapan, U., Maulida, N., Balikpapan, U., Erni, D. N., Balikpapan, U., Putri, W. H., & Balikpapan, U. (2022). Kinerja Guru dalam Mutu Pendidikan di SMAN 02 Balikpapan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 204–215. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12795
Jendra, A. F., & Sugiyo, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kecemasan Presentasi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Wuryantoro. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 4(1), 138–159. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.5992
Johanes, V. E., Suroyo, S., & Budiastra, A. A. K. (2022). Analisis Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Literasi Digital dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2793–2801. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2471
Jumiati, J., & Kartiko, A. (2022). Pengaruh Self Efficacy dan Locus of Control Terhadap Kinerja Guru. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 32–44. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.5
Kahar, L., Nisa, A., Marisa, C., & Dachmiati, S. (2023). Kontribusi efikasi diri terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.30998/ocim.v3i1.8997
Karim, M. A., & Rosminingsih, E. (2020). Pengaruh Dimensi Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah Terhadap Efikasi Diri Guru. Inspiratif Pendidikan, 9(2), 18-34. https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.14883
Kusyanti, E., Hendarman, H., & Suhardi, E. (2024). Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Penguatan Efektivitas Pelatihan, Literasi Digital, Dan Efikasi Diri. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 010-016. https://doi.org/10.33751/jmp.v12i1.9935
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265
Nawaf, A., Azura, S., Gultom, S. F., Afriansyah, W., & Putra, A. D. (2023). Analisis literasi digital dalam penggunaan media sosial di kalangan remaja Desa Payung Kec. Payung Kab. Karo. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 337-343. https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.235
Nika, S., Hidayat, N., & Laihad, G. H. (2022). Peningkatan literasi digital melalui penguatan efikasi diri dan kepemimpinan visioner. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 88-93. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i2.6102
Novitasari, L. (2020). E-book Sebagai Literasi Digital (Studi Media Aplikasi iMartapuraTerhadap Minat Baca Masyarakat Kabupaten Banjar). Jurnal Pengabdian Sosial | Tahun, 1(1), 1–10. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/2633/
Nugraha, D. (2022). Literasi Digital dan Pembelajaran Sastra Berpaut Literasi Digital di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9230–9244. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3318
Park, H. (2023). Exploring digital literacy in the context of remote education for Korean elementary school teachers: Challenges, efforts, and demands. KEDI Journal of Educational Policy, 63, 63–88. http://doi.org/10.22804/kjep.2023.20.1.004
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04
Putra, S. P., & Hariri, H. (2023). The Effect of Principal Supervision on Teacher Performance: Literature Review. Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 63–70. https://doi.org/10.35912/jahidik.v2i2.1648
Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 10-23. https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304
Zulfiani, Thaha, H., & Mahmud, H. (2021). Model Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Islamic Education, 3(1), 8–14. https://doi.org/10.57251/ie.v3i1.922
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.