Pelibatan Orang Tua dalam Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran di Tadika Tinta Khalifah Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5500Keywords:
Pelibatan Orang Tua, Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis keterlibatan orangtua dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran, variabel-variabel yang memengaruhi keterlibatan orang tua, dan tantangan yang dihadapi orang tua di TK Tinta Khalifah di Malaysia. Penelitian ini, digunakan metode deskriptif kualitatif. Dua orang tua, satu guru, dan kepala sekolah, menjadi informan penelitian.. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Melalui keabsahan data, kepercayaan penelitian kualitatif dapat tercapai, maka usaha yang dilakukan peneliti ialah dengan triangulasi. Tahapan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan; metodologi yang digunakan adalah model Miles, Huberman, dan Saldana. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa partisipasi orangtua di TK Tinta Khalifah mengambil bentuk-bentuk berikut: parenting education, komunikasi, volunteer yang menyediakan makanan dan minuman serta perlengkapan untuk persiapan kegiatan. Setelah itu, dilanjutkan dengan learning at home, dan kerja sama bersama masyarakat. faktor yang mempengaruhi pelibatan orang tua di Tadika Tinta Khalifah ialah faktor dari variable individu orang tua yang sibuk dengan pekerjaan mulai pagi hingga sore, faktor anak mempengaruhi pelibatan orang tua dengan adanya semangat belajar dan menambah motivasi pada diri anak. Kendala orang tua dari tuntutan waktu pekerjaan orang tua yang dimulai dari pagi hingga sore pada hari Senin hingga hari weekend ataupun kendala orang tua yang mempunyai urusan lain atau urusan keluarga.
Downloads
References
Anjani, R., & Mashudi, E. A. (2024). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Orang Tua Dan Guru. Kumarottama: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 110-127. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i2.1246
Anwar, R. N. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Membentuk Disiplin Ibadah Sholat Anak Usia Dini di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 1-7.
Asmawati, A., Listiana, A., & Romadona, N. F. (2019). Ketelibatan Orangtua Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Belajar Anak. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 15(2), 86-94. https://doi.org/10.17509/edukid.v15i2.20603
Dewi, A. R. T. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Terhadap Perilaku Sosial Emosinal Anak. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 2(2), 66–74. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i02.1024
Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Harefa, S., & Pohan, S. (2023). Pengaruh Status Pekerjaan Ibu Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Kelompok B Di TK Ummi AIda Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah, 11(1), 59–72. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2846
Hidayatulloh, M. A., & Fauziyah, N. L. (2020). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini di satuan PAUD Islam. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(4), 149-158. https://doi.org/10.14421/jga.2020.54-02
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214–224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Miftakhi, D. R., & Ardiansah, F. (2020). Peranan Orang Tua Siswa dalam Melaksanakan Pendampingan Pembelajaran dari Rumah Secara Online. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(2), 151-158. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1726
Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628
Nadiana, A., Putri, W. R., Maulida, F., Khoirunnisa, J. P. N., & Rohmawati, L. (2023). Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pengembangan Kompetensi dan Karakter Peserta Didik dengan Model KOPHOG (Keterlibatan Orang Tua berbasis Penguatan Hubungan Orang Tua dan Guru). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9766-9773. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2925
Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Swandana, I. W. (2018). Memberdayakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaran literasi di sekolah dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64-76. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v7i1.13049
Pertiwi, L. K., Febiyanti, A., & Rachmawati, Y. (2021). Keterlibatan orang tua terhadap pembelajaran daring anak usia dini pada masa pandemi covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), 19-30. https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.26702
Rahimah, R., & Koto, I. (2022). Implications of parenting patterns in the development of early childhood social attitudes. International Journal Reglement & Society (IJRS), 3(2), 129-133. https://doi.org/10.55357/ijrs.v3i2.226
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Sari, R. N., Sari, R., Antariska, F., & Putri, Y. F. (2022). Keterlibatan Orang Tua Dalam Acara Bersama Hari Konsultasi Orang Tua Dan Kunjungan Rumah. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02), 236-244. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v1i02.178
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Tauhid, M. (2024). Analisis keterlibatan orang tua dalam mendukung pembelajaran fiqih anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA), 2(2), 113-126. https://doi.org/10.71382/sinova.v2i2.133
Triwardhani, I. J., Trigartanti, W., Rachmawati, I., & Putra, R. P. (2020). Strategi guru dalam membangun komunikasi dengan orang tua siswa di sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 99-113. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.23620
Ultavia B, A., Jannati, P., Malahati, F., Qathrunnada, & Shaleh. (2023). Kualitatif : Memahami Karakteristik Penelitian Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 341–348. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.902
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.