Pendekatan Kolaboratif Guru Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 Tahun di Tadika Tahfiz Nur Furqan Malaysia

Authors

  • Winda Fingki Andika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Abd Rahman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5506

Keywords:

Pendekatan, Kolaboratif Guru, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini

Abstract

Peneliti di TK Tahfiz Nur Furqan di Malaysia berupaya mempelajari bagaimana instruktur mereka, khususnya mereka yang bekerja sama, membantu pikiran siswa mereka yang berusia 4 tahun tumbuh dan berkembang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan untuk penelitian ini adalah lima pendidik yang bekerja dengan siswa berusia 4 tahun. Untuk mengumpulkan informasi, kami berkonsultasi dengan wawancara, catatan, dan pengamatan. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan adalah langkah-langkah model Milles dan Huberman yang digunakan dalam pendekatan analisis data penelitian ini. Guru-guru di TK Tahfiz Nur Furqan telah melakukan pekerjaan yang baik dengan menggunakan Pendekatan Kolaborasi Guru untuk membantu perkembangan kognitif siswa mereka yang berusia 4 tahun, menurut penelitian ini. Misalnya, anak-anak TK dapat belajar tentang ilmu pertanian kacang hijau, menggunakan pewarna kain untuk membuat batik, menghias kue, mencap bendera sesuai dengan warna bendera Malaysia, dan berlatih mengidentifikasi angka melalui permainan tujuh sepatu. Kegiatan di TK disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan setiap anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi di kelas, dibantu dengan aktivitas ilmiah yang menarik, dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 4 tahun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akromah, J., & Rohmah, L. (2019). Implementasi Akromah, J., & Rohmah, L. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kognitif Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-05

Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116

Arimbi, Y. D., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2018). Meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatan mind mapping. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 119-126. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.119-126

Barus, Z., Siagian, S., & Purba, S. (2016). Upaya peningkatan keterampilan dasar mengajar guru melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif di smk negeri 1 berastagi kabupaten karo. Jurnal Pendidikan Dan Kepengawasan, 3(2), 16-32.

Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37-50. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50

Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.

Hijriati. (2017). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Bunayya J. Pendidik. Anak, 1(2). https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2034

Ifalahma, D., & Retno, Z. M. (2023). Faktor perkembangan motorik dan perkembangan kognitif anak: Literature review. Jurnal Keperawatan Jiwa, 11(3), 707-714. https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.707-714

Lisyalama, A., & Puspita, R. D. (2024). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas VI. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 250-256. https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3591

Maruddani, R. T. J., & Sugito, S. (2022). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Full Day School pada Masa Pandemi Covid-19. J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 6(4), 3771–3781. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1731

Mawaddah, S., & Pohan, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, 5(1), 99–111. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.453

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. J. Psychol. “Humanlight, 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554

Noor, T. R., & Astutik, E. (2019). RODA (Rotating Education Game) sebagai Media Pembelajaran untuk Menanamkan Sikap Disiplin pada Anak Usia Dini. AS-SABIQUN, 1(2), 1-16. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i2.298

Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan" Perkembangan kognitif anak usia dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan kognitif bidang auditori pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640

Purwaningsih, E., Najwa, K., Nahidah, N., & Hariyadi, A. (2023). Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Kolaboratif Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Equity In Education Journal, 5(1), 30-36. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8257

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25-34. https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120

Rukiyah, S. S., Pagarwati, L. D. A., Rahayu, R., Siregar, D. Z., & Della Stevany, M. I. S. (2023). Manfaat Kegiatan Outbound dalam Stimulasi Perkembangan kognitif Anak Usia Dini dari Perspektif Guru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6700-6708. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5382

Veronica, N. (2018). Penguatan Kompetensi Guru PAUD di Kabupaten Pangandaran dalam Implementasi Merdeka Bermain melalui Media Loose Parts. Pedagog. J. Anak Usia Dini Dan Pendidik. Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2658

Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). J. Pendidik. Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333

Published

2025-03-14

How to Cite

Andika, W. F., & Rahman, A. (2025). Pendekatan Kolaboratif Guru Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 Tahun di Tadika Tahfiz Nur Furqan Malaysia. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(1), 171–180. https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5506

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.