Pendekatan Kolaboratif Guru Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4 Tahun di Tadika Tahfiz Nur Furqan Malaysia
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.812025.5506Keywords:
Pendekatan, Kolaboratif Guru, Perkembangan Kognitif, Anak Usia DiniAbstract
Peneliti di TK Tahfiz Nur Furqan di Malaysia berupaya mempelajari bagaimana instruktur mereka, khususnya mereka yang bekerja sama, membantu pikiran siswa mereka yang berusia 4 tahun tumbuh dan berkembang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Informan untuk penelitian ini adalah lima pendidik yang bekerja dengan siswa berusia 4 tahun. Untuk mengumpulkan informasi, kami berkonsultasi dengan wawancara, catatan, dan pengamatan. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan adalah langkah-langkah model Milles dan Huberman yang digunakan dalam pendekatan analisis data penelitian ini. Guru-guru di TK Tahfiz Nur Furqan telah melakukan pekerjaan yang baik dengan menggunakan Pendekatan Kolaborasi Guru untuk membantu perkembangan kognitif siswa mereka yang berusia 4 tahun, menurut penelitian ini. Misalnya, anak-anak TK dapat belajar tentang ilmu pertanian kacang hijau, menggunakan pewarna kain untuk membuat batik, menghias kue, mencap bendera sesuai dengan warna bendera Malaysia, dan berlatih mengidentifikasi angka melalui permainan tujuh sepatu. Kegiatan di TK disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan setiap anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi di kelas, dibantu dengan aktivitas ilmiah yang menarik, dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 4 tahun.
Downloads
References
Akromah, J., & Rohmah, L. (2019). Implementasi Akromah, J., & Rohmah, L. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kognitif Anak. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 47–56. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-05
Ardiana, R. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak Kanak. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.116
Arimbi, Y. D., Saparahayuningsih, S., & Ardina, M. (2018). Meningkatkan perkembangan kognitif melalui kegiatan mind mapping. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 119-126. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.119-126
Barus, Z., Siagian, S., & Purba, S. (2016). Upaya peningkatan keterampilan dasar mengajar guru melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif di smk negeri 1 berastagi kabupaten karo. Jurnal Pendidikan Dan Kepengawasan, 3(2), 16-32.
Bujuri, D. A. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 9(1), 37-50. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.
Hijriati. (2017). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Bunayya J. Pendidik. Anak, 1(2). https://doi.org/10.22373/bunayya.v1i2.2034
Ifalahma, D., & Retno, Z. M. (2023). Faktor perkembangan motorik dan perkembangan kognitif anak: Literature review. Jurnal Keperawatan Jiwa, 11(3), 707-714. https://doi.org/10.26714/jkj.11.3.2023.707-714
Lisyalama, A., & Puspita, R. D. (2024). Penerapan Pembelajaran Kolaboratif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas VI. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 250-256. https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3591
Maruddani, R. T. J., & Sugito, S. (2022). Kolaborasi Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Full Day School pada Masa Pandemi Covid-19. J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, 6(4), 3771–3781. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1731
Mawaddah, S., & Pohan, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, 5(1), 99–111. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.453
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. J. Psychol. “Humanlight, 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Noor, T. R., & Astutik, E. (2019). RODA (Rotating Education Game) sebagai Media Pembelajaran untuk Menanamkan Sikap Disiplin pada Anak Usia Dini. AS-SABIQUN, 1(2), 1-16. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v1i2.298
Novitasari, Y. (2018). Analisis permasalahan" Perkembangan kognitif anak usia dini”. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 82-90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2020). Perkembangan kognitif bidang auditori pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 805. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.640
Purwaningsih, E., Najwa, K., Nahidah, N., & Hariyadi, A. (2023). Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Kolaboratif Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Equity In Education Journal, 5(1), 30-36. https://doi.org/10.37304/eej.v5i1.8257
Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25-34. https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120
Rukiyah, S. S., Pagarwati, L. D. A., Rahayu, R., Siregar, D. Z., & Della Stevany, M. I. S. (2023). Manfaat Kegiatan Outbound dalam Stimulasi Perkembangan kognitif Anak Usia Dini dari Perspektif Guru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6700-6708. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5382
Veronica, N. (2018). Penguatan Kompetensi Guru PAUD di Kabupaten Pangandaran dalam Implementasi Merdeka Bermain melalui Media Loose Parts. Pedagog. J. Anak Usia Dini Dan Pendidik. Anak Usia Dini, 4(2), 49–55. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2658
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). J. Pendidik. Tambusai, 7(1), 2896–2910. https://doi.org/10.36706/jbti.v9i2.18333
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.