Penerapan Metode “At-Tathbiqoh” (Aplikatif) Shorof dan Nahwu pada Santri Usia Dini di Pondok Pesantren PPQK Al-Hasani
Abstract
Penerapan pembelajaran di Pondok Pesantren merupakan proses interaksi para santri dengan ustadz atau ustadzah dan sumber belajar yang saling bertukar informasi tentang ilmu-ilmu pengetahuan. Penelitian konseptual kualitatif ini memaparkan penerapan pembelajaranmetode tathbiqoh yang merupakan metode dalam pembelajaran shorof dan nahwu pada santri usia dini di Pondok Pesantren Al-Hasani. Pada kajian ini, sasaran penelitian adalah lima santri usia dini di PPQK Al Hasani. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis sesuai dengan tahapan Robert K Yin dalam pengumpulan data, pemetaan data, reduksi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tersebut efektif diterapkan di Pondok karena model penerapanya dilakukan dengan cara individualdengan kata lain santri melakukan setoran hafalan kepada ustad atau ustadzahnya menggunakan buku prestasi, sehingga santri merasa terbantu dan beberapa santri yang berusia dini sudah bisa membaca kitab-kitab yang berharokat maupun yang tidak ada harokatnya. Temuan dalam penelitian ini adalah pengelompokan Tashrif Lughowi menggunakan metode At-tathbiqoh” (aplikatif) shorof dan nahwu
Downloads
Metrics
References
Abdullah Hasyim Zain, Z. (2023). Pembelajaran At-Tibyan Fi'Ulum Al-Qur'an dengan Pendekatan Student Centered Learning di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember Tahun 2022/2023 (Doctoral dissertation, UIN KH Achmad Siddiq).
Arifin, Z., Makhmudah, S., & Zahro, B. (2023). Upaya Pemberdayaan Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Sufi Al-Kabir melalui Pengajian Nahwu-Shorof Guna Meningkatkan Kemampuan Santri terhadap Penguasaan Kitab Kuning. NGALIMAN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 114-128. https://doi.org/10.53429/ngaliman.v2i2.710
Asrori, Imam. 2011. Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori dan Praktik. Malang: Misykat.
Audani, F. Z., Fauziah, F., & Mardhotillah, F. R. (2020, July). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Al-Bidayah di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 4, pp. 245-254).
Dodi, L. (2013). Metode Pengajaran Nahwu Shorof; ber-Kaca dari Pengalaman Pesantren. Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 1(1), 100-122.. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v1i1.7
Fadilah, Y. W., & Sulaikho, S. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android pada Mata Pelajaran Nahwu Shorof. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 13(2), 315-338. http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v13i2.10710
Ihsan, M., & Ziadatulhasanah, Z. (2020). Pengaruh Metode Qiyasi Dalam Penguasaan Nahwu Terhadap Kemampuan Siswa Membaca Teks Bahasa Arab. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 18(1).
Insani, L., Rahim, A., & Fitri, A. A. (2022). Pembelajaran Shorof Program Metode Sebarkan (Semangat Belajar dan Bahasa Arab) di Sekolah Islam Online. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 129-147.
Iqbaluddin, D., & Agustina, U. W. (2021). Bahasa Arab Nahwu dan Shorof. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.
Jaladri, K., & Syafiâ, I. (2019). Penerapan Metode Tamyiz dalam Pembelajaran Bahasa Arab di PPTQ-TD Tarbiyatul Ummah Sukoharjo 2015-2016. Thulabuna, 1(1).
Masrukin, A. (2021). Pembelajaran Nahwu di Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 45-56. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1883
Mualif, A. (2019). Metodologi pembelajaran ilmu nahwu dalam pendidikan bahasa Arab. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 26-36.
Mubarok, M. H. (2018). Metode Pembelajaran Shorof Di Pondok Pesantrensukahideng, Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 38-49. https://doi.org/10.47971/tjpi.v1i2.107
Mukroji, M. (2014). Metode tamyiz (Sebuah formulasi teori nahwu shorof quantum). Jurnal Kependidikan, 2(1), 161-184. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.547
Najah, M. (2019). Penerapan Pembelajaran Shorof Bagi Pembelajar Tingkat Pemula Menggunakan Metode Pemerolehan Bahasa. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 117-140. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-07
Naseha, S. D., & Muassomah, M. (2019). Model pembelajaran ilmu sharaf dengan menggunakan metode inquiry dan metode snowball tashrif. alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(1), 105-122.
Nurhayati, F. (2020). Pembelajaran Ilmu Nahwu dengan Metode Qurani. al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan, 1(1), 1-4.
Prihatiningtyas, S., Hidayah, N., Lu’lu ul Husna, A., Ubaidillah, U., Syafiullah, M., & Jainuri, A. (2021). Pemberdayaan Santri Ponpes Sabilul Huda sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Penguasaan Ilmu Nahwu dan Shorof Melalui Metode Kitab Al Miftah. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43-48.
Rahmawati, R. D., & Ainun, S. N. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Al Miftah Untuk Meningktkan Pemahaman Ilmu Nahwu Dan Shorof Santri As Salma Bahrul Ulum Tambakberas. Jurnal Education And Development, 9(3), 200-203.
Rini, R. (2020). Pembelajaran Kemahiran Menulis Bahasa Arab Aplikatif. Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA), 1(1), 18-42.
Rozani, M. (2021). Metode Pengajaran Baca Al-Qur'an Di Indonesia Dalam Perspektif Pembelajaran Permulaan Bahasa Arab. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 19(2). https://doi.org/10.30762/realita.v19i2.3515
Sari, A. P. P. (2018). Tinjauan Terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Metode Nahwu Terjemah, Metode Langsung, Metode Audiolingual Dan Metode Gabungan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 103-126.
Sari, N. A., & Yuniastuti, Y. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572-1582. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796
Sehri, A. (2010). Metode Pengajaran Nahwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7(1), 47-60. https://doi.org/10.24239/jsi.v7i1.108.47-60
Sholikha, M. A. (2020). Implementasi Metode Manhaji dalam Pembelajaran Nahwu Shorof di Manhaji Course. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 2(1), 179-188. https://doi.org/10.22515/academica.v2i1.2249
Subiantoro, S. (2021). Implementasi Metode Drill untuk Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Kaidah Nahwu pada Siswa Kelas VII B MTs Nurul Hidayah Simpang Asahan Tulang Bawang Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 714-727. https://doi.org/10.5281/zenodo.5537078
Ulum, M., & Nuriyah, K. (2023). Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan Dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorrof Bagi Pemula. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1126-1132. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5215
Umam, A. C. (2020). Metode Inquiry-Discovery Learning dalam Pembelajaran Shorof untuk Siswa-siswi MTs Nurul Ummah. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 114-131.
Wahyono, I. (2019). Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 106-121. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.262
Zulkifli, E. M., Abusyairi, K., & Rukmini, A. (2021). Strategi Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(3), 173-189. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i3.4827
Copyright (c) 2023 Surya Adi Nugraha, Ida Fitri Anggarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.