Penerapan Metode “At-Tathbiqoh” (Aplikatif) Shorof dan Nahwu pada Santri Usia Dini di Pondok Pesantren PPQK Al-Hasani

  • Surya Adi Nugraha MA AL-ITTIHAD Poncokusumo Malang
  • Ida Fitri Anggarini IAI Al-Qolam Malang
Keywords: At-Tathbiqoh, Santri Usia Dini, Shorof, Nahwu

Abstract

Penerapan pembelajaran di Pondok Pesantren merupakan proses interaksi para santri dengan ustadz atau ustadzah dan sumber belajar yang saling bertukar informasi tentang ilmu-ilmu pengetahuan. Penelitian konseptual kualitatif ini memaparkan penerapan pembelajaranmetode tathbiqoh yang merupakan metode dalam pembelajaran shorof dan nahwu pada santri usia dini di Pondok Pesantren Al-Hasani. Pada kajian ini, sasaran penelitian adalah lima santri usia dini di PPQK Al Hasani. Pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis sesuai dengan tahapan Robert K Yin dalam pengumpulan data, pemetaan data, reduksi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tersebut efektif diterapkan di Pondok karena model penerapanya dilakukan dengan cara individualdengan kata lain santri melakukan setoran hafalan kepada ustad atau ustadzahnya menggunakan buku prestasi, sehingga santri merasa terbantu dan beberapa santri yang berusia dini sudah bisa membaca kitab-kitab yang berharokat maupun yang tidak ada harokatnya. Temuan dalam penelitian ini adalah pengelompokan Tashrif Lughowi menggunakan metode At-tathbiqoh” (aplikatif) shorof dan nahwu

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdullah Hasyim Zain, Z. (2023). Pembelajaran At-Tibyan Fi'Ulum Al-Qur'an dengan Pendekatan Student Centered Learning di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember Tahun 2022/2023 (Doctoral dissertation, UIN KH Achmad Siddiq).

Arifin, Z., Makhmudah, S., & Zahro, B. (2023). Upaya Pemberdayaan Madrasah Diniyyah Pondok Pesantren Sufi Al-Kabir melalui Pengajian Nahwu-Shorof Guna Meningkatkan Kemampuan Santri terhadap Penguasaan Kitab Kuning. NGALIMAN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 114-128. https://doi.org/10.53429/ngaliman.v2i2.710

Asrori, Imam. 2011. Strategi Belajar Bahasa Arab: Teori dan Praktik. Malang: Misykat.

Audani, F. Z., Fauziah, F., & Mardhotillah, F. R. (2020, July). Pembelajaran Bahasa Arab dengan Metode Al-Bidayah di Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember. In International Conference of Students on Arabic Language (Vol. 4, pp. 245-254).

Dodi, L. (2013). Metode Pengajaran Nahwu Shorof; ber-Kaca dari Pengalaman Pesantren. Tafaqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 1(1), 100-122.. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v1i1.7

Fadilah, Y. W., & Sulaikho, S. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android pada Mata Pelajaran Nahwu Shorof. Arabia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 13(2), 315-338. http://dx.doi.org/10.21043/arabia.v13i2.10710

Ihsan, M., & Ziadatulhasanah, Z. (2020). Pengaruh Metode Qiyasi Dalam Penguasaan Nahwu Terhadap Kemampuan Siswa Membaca Teks Bahasa Arab. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 18(1).

Insani, L., Rahim, A., & Fitri, A. A. (2022). Pembelajaran Shorof Program Metode Sebarkan (Semangat Belajar dan Bahasa Arab) di Sekolah Islam Online. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 2(4), 129-147.

Iqbaluddin, D., & Agustina, U. W. (2021). Bahasa Arab Nahwu dan Shorof. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Jaladri, K., & Syafiâ, I. (2019). Penerapan Metode Tamyiz dalam Pembelajaran Bahasa Arab di PPTQ-TD Tarbiyatul Ummah Sukoharjo 2015-2016. Thulabuna, 1(1).

Masrukin, A. (2021). Pembelajaran Nahwu di Madrasah Hidayatul Mubtadi-ien Lirboyo Kediri. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1), 45-56. https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1883

Mualif, A. (2019). Metodologi pembelajaran ilmu nahwu dalam pendidikan bahasa Arab. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 1(1), 26-36.

Mubarok, M. H. (2018). Metode Pembelajaran Shorof Di Pondok Pesantrensukahideng, Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 38-49. https://doi.org/10.47971/tjpi.v1i2.107

Mukroji, M. (2014). Metode tamyiz (Sebuah formulasi teori nahwu shorof quantum). Jurnal Kependidikan, 2(1), 161-184. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.547

Najah, M. (2019). Penerapan Pembelajaran Shorof Bagi Pembelajar Tingkat Pemula Menggunakan Metode Pemerolehan Bahasa. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 117-140. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-07

Naseha, S. D., & Muassomah, M. (2019). Model pembelajaran ilmu sharaf dengan menggunakan metode inquiry dan metode snowball tashrif. alfazuna: Jurnal Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3(1), 105-122.

Nurhayati, F. (2020). Pembelajaran Ilmu Nahwu dengan Metode Qurani. al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Ilmu Keislaman dan Pendidikan, 1(1), 1-4.

Prihatiningtyas, S., Hidayah, N., Lu’lu ul Husna, A., Ubaidillah, U., Syafiullah, M., & Jainuri, A. (2021). Pemberdayaan Santri Ponpes Sabilul Huda sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Penguasaan Ilmu Nahwu dan Shorof Melalui Metode Kitab Al Miftah. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43-48.

Rahmawati, R. D., & Ainun, S. N. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Al Miftah Untuk Meningktkan Pemahaman Ilmu Nahwu Dan Shorof Santri As Salma Bahrul Ulum Tambakberas. Jurnal Education And Development, 9(3), 200-203.

Rini, R. (2020). Pembelajaran Kemahiran Menulis Bahasa Arab Aplikatif. Al-Muktamar As-Sanawi li Al-Lughah Al-'Arabiyyah (MUSLA), 1(1), 18-42.

Rozani, M. (2021). Metode Pengajaran Baca Al-Qur'an Di Indonesia Dalam Perspektif Pembelajaran Permulaan Bahasa Arab. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 19(2). https://doi.org/10.30762/realita.v19i2.3515

Sari, A. P. P. (2018). Tinjauan Terhadap Metode Pembelajaran Bahasa Arab: Metode Nahwu Terjemah, Metode Langsung, Metode Audiolingual Dan Metode Gabungan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(2), 103-126.

Sari, N. A., & Yuniastuti, Y. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572-1582. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i12.11796

Sehri, A. (2010). Metode Pengajaran Nahwu Dalam Pengajaran Bahasa Arab. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7(1), 47-60. https://doi.org/10.24239/jsi.v7i1.108.47-60

Sholikha, M. A. (2020). Implementasi Metode Manhaji dalam Pembelajaran Nahwu Shorof di Manhaji Course. Academica: Journal of Multidisciplinary Studies, 2(1), 179-188. https://doi.org/10.22515/academica.v2i1.2249

Subiantoro, S. (2021). Implementasi Metode Drill untuk Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Kaidah Nahwu pada Siswa Kelas VII B MTs Nurul Hidayah Simpang Asahan Tulang Bawang Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 714-727. https://doi.org/10.5281/zenodo.5537078

Ulum, M., & Nuriyah, K. (2023). Implementasi Kitab Nubdzatul Bayan Dalam Pembelajaran Nahwu dan Shorrof Bagi Pemula. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1126-1132. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5215

Umam, A. C. (2020). Metode Inquiry-Discovery Learning dalam Pembelajaran Shorof untuk Siswa-siswi MTs Nurul Ummah. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 114-131.

Wahyono, I. (2019). Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 106-121. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.262

Zulkifli, E. M., Abusyairi, K., & Rukmini, A. (2021). Strategi Pembelajaran Nahwu dan Shorof di Pondok Pesantren Al-Arsyadi Samboja. Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(3), 173-189. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i3.4827

Published
31-10-2023
How to Cite
Nugraha, S. A., & Anggarini, I. F. (2023). Penerapan Metode “At-Tathbiqoh” (Aplikatif) Shorof dan Nahwu pada Santri Usia Dini di Pondok Pesantren PPQK Al-Hasani. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 105-118. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2328