Penanaman Kecakapan Hidup Generik (Generic Life Skills) Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Sekolah Dasar

  • Kadek Jayanthi Riva Prathiwi Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
Keywords: Generic Life Skills, Pembelajaran IPA, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Kecakapan hidup khususnya kecakapan hidup generik sangat penting dimiliki oleh individu. Kecakapan hidup generic akan membuat individu mampu mandiri, belajar dan menyelesaikan masalahnya. Kecakapan hidup generic harus dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran tak terkecuali pembelajaran IPA dan sudah dilakukan sejak usia sekolah dasar. Hal ini disebabkan oleh perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor yang pesat yang dialami anak-anak pada usia tersebut.. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis cara menanamkan kecakapan hidup generik kepada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPA dan 2) menganalisis keterkaitan antara kecakapan hidup generik dengan kecakapan abad ke-21. Data penelitian ini diambil dari pustaka yang berkaitan dengan kecakapan hidup generik dan pembelajaran IPA. Metode analisis isi digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penanaman kecakapan hidup generik dapat dilakukan dalam pembelajaran IPA dengan cara mengajarkan siswa untuk selalu bersyukur dan mengagumi anugerah dan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, melaksanakan pembelajaran berpusat siswa dan melatih siswa belajar dalam kelompok dan 2) kecakapan hidup generik memiliki keterkaitan dan kesamaan dengan kecakapan hidup di abad ke-21

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Baroya, E. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21. AS-Salam : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 101–115. DOI: https://doi.org/10.51557/pt_jiit.v1i1.48

Darmayanti, N. W. S., Artini, N. P. J., Juniartina, P. P., Wahyuni, N. N. T., Wijaya, I. K. W. B., Setiawati, G. A. D., … Januariawan, I. W. (2022). Strategi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD). Banyumas: Penerbit Pena Persada.

Fowler, H. . (2019). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hadi, S., & Suryono, Y. (2014). Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Pendidikan Luar Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 261–274. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2865 DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2865

Hamalik, O. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hikmawati. (2018). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA Kelas Va Di MI Darul Hikmah Banatarsoka Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.

Kang, M., Kim, M., Kim, B., & You, H. (2012). Developing an instrumen to measure 21st century skills for elementary student. The Korean Journal of Eductional Methodolocy Studies, 5(2).

Noor, A. H. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Di Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. Jurnal Empowerment, 3(1), 1–31. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/empowerment.v4i1p1-31.553

Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–88. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530

Rulyansah, A., & Sholihati, M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kecakapan Hidup Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 194 – 211. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v3i2.2088

Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.

Sucilestari, R., & Arizona, K. (2018). Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 436–441.

Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416 DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416

Supriyadi, S., Palittin, I. D., & Martini, C. (2020). Kajian Etnosains pada Indigenous Sience Suku Malind dalam Upaya Pengembangan Pembelajaran IPA Kontekstual Papua. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 8(1), 13–17.

Susanto, A. (2018). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Susilawati, Doyan, A., Harjono, A., & Kosim. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Virtual Program Java Pada Guru Fisika Dan Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 1(1), 12–31. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.3

Wijaya, I. K. W. B. (2020). Pengembangan Kompetensi 4C dan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Catur Pramana. Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu, 7(1), 70–76.

Wijaya, I. K. Wi. B. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (Sd) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4, 147–154. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.568

Winaya, I. M. A. (2020). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pademi Covid-19 Dengan Berbantu Lembar Keja Siswa Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 124–135. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28612

Published
31-10-2023
How to Cite
Prathiwi, K. J. R., & Wijaya, I. K. W. B. (2023). Penanaman Kecakapan Hidup Generik (Generic Life Skills) Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 164-173. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.3072