Penanaman Kecakapan Hidup Generik (Generic Life Skills) Melalui Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Kecakapan hidup khususnya kecakapan hidup generik sangat penting dimiliki oleh individu. Kecakapan hidup generic akan membuat individu mampu mandiri, belajar dan menyelesaikan masalahnya. Kecakapan hidup generic harus dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran tak terkecuali pembelajaran IPA dan sudah dilakukan sejak usia sekolah dasar. Hal ini disebabkan oleh perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor yang pesat yang dialami anak-anak pada usia tersebut.. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis cara menanamkan kecakapan hidup generik kepada siswa sekolah dasar melalui pembelajaran IPA dan 2) menganalisis keterkaitan antara kecakapan hidup generik dengan kecakapan abad ke-21. Data penelitian ini diambil dari pustaka yang berkaitan dengan kecakapan hidup generik dan pembelajaran IPA. Metode analisis isi digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penanaman kecakapan hidup generik dapat dilakukan dalam pembelajaran IPA dengan cara mengajarkan siswa untuk selalu bersyukur dan mengagumi anugerah dan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, melaksanakan pembelajaran berpusat siswa dan melatih siswa belajar dalam kelompok dan 2) kecakapan hidup generik memiliki keterkaitan dan kesamaan dengan kecakapan hidup di abad ke-21
Downloads
Metrics
References
Baroya, E. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21. AS-Salam : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 101–115. DOI: https://doi.org/10.51557/pt_jiit.v1i1.48
Darmayanti, N. W. S., Artini, N. P. J., Juniartina, P. P., Wahyuni, N. N. T., Wijaya, I. K. W. B., Setiawati, G. A. D., … Januariawan, I. W. (2022). Strategi Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (SD). Banyumas: Penerbit Pena Persada.
Fowler, H. . (2019). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hadi, S., & Suryono, Y. (2014). Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Pendidikan Luar Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 18(2), 261–274. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2865 DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v18i2.2865
Hamalik, O. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hikmawati. (2018). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA Kelas Va Di MI Darul Hikmah Banatarsoka Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.
Kang, M., Kim, M., Kim, B., & You, H. (2012). Developing an instrumen to measure 21st century skills for elementary student. The Korean Journal of Eductional Methodolocy Studies, 5(2).
Noor, A. H. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) Di Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. Jurnal Empowerment, 3(1), 1–31. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/empowerment.v4i1p1-31.553
Puspita, L. (2019). Pengembangan modul berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 79–88. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.22530
Rulyansah, A., & Sholihati, M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kecakapan Hidup Pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 194 – 211. DOI: https://doi.org/10.30651/must.v3i2.2088
Sani, R. A. (2018). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.
Sucilestari, R., & Arizona, K. (2018). Peningkatan Kecakapan Hidup Melalui Pembelajaran Sains Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 436–441.
Supadmini, N. K., Wisnu Budi Wijaya, I. K., & Larashanti, I. A. D. (2020). Implementasi Model Pendidikan Lingkungan UNESCO Di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 77–83. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416 DOI: https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.416
Supriyadi, S., Palittin, I. D., & Martini, C. (2020). Kajian Etnosains pada Indigenous Sience Suku Malind dalam Upaya Pengembangan Pembelajaran IPA Kontekstual Papua. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 8(1), 13–17.
Susanto, A. (2018). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Susilawati, Doyan, A., Harjono, A., & Kosim. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Media Virtual Program Java Pada Guru Fisika Dan Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 1(1), 12–31. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmsi.v1i1.3
Wijaya, I. K. W. B. (2020). Pengembangan Kompetensi 4C dan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Berbasis Catur Pramana. Guna Widya : Jurnal Pendidikan Hindu, 7(1), 70–76.
Wijaya, I. K. Wi. B. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Siswa Sekolah Dasar (Sd) Melalui Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Sekolah Dasar. Jurnal Penjaminan Mutu, 4, 147–154. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v4i2.568
Winaya, I. M. A. (2020). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pademi Covid-19 Dengan Berbantu Lembar Keja Siswa Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 124–135. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpku.v8i3.28612
Copyright (c) 2023 Kadek Jayanthi Riva Prathiwi, I Komang Wisnu Budi Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.