Pengelolaan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Pada TK Handriani
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Memberi gambaran mengenai pengelolaan sumber belajar dalam pembelajaran anak pada TK Handriani Kelurahan Macanang Kabupaten Bone (2) Menjelaskan peranan sumber belajar dalam pembelajaran anak pada TK Handriani Kelurahan Macanang Kabupaten Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keberhasilan pelaksanaan suatu program pendidikan untuk anak TK sangat tergantung pada pengelolaan sumber belajar. Guru atau calon guru hendaknya mempunyai kemahiran dalam mengelola sumber belajar untuk pembelajaran anak TK agar pelaksanaan program pembelajaran dapat berjalan tidak saja efektif tetapi juga menyenangkan. Untuk dapat berfungsinya sumber-sumber belajar dalam mendukung dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran diperlukan upaya pengelolaan yang meliputi: Perencanaan sumber belajar, Pengadaan sumber belajar, Penyimpanan dan pemeliharaan sumber belajar. Adapun peranan sumber belajar pada anak yaitu memperoleh pengetahuan, meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa, membantu mengenalkan anak pada lingkungan, menumbuhkan motivasi belajar dan mendukung anak untuk lebih banyak melakukan kegiatan belajar
Downloads
Metrics
References
Aslindah, A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak di TK Alifia Samarinda. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 6-11.
Elisari, S. D. (2021). Pengelolaan sumber belajar untuk menunjang pembelajaran berbasis lingkungan alam di Taman Kanak-kanak (TK) Alam Ar-Rayyan Malang. SKRIPSI Mahasiswa UM.
Harfiani, R. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar TK/RA dengan Metode Demonstrasi di Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 112-113.
Hasnah, H. (2019). Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) TK Islam Terpadu Al Azka. Jurnal Literasiologi, 2(2), 17-17.
Hidayati, I., & Prihatin, T. (2016). Pengelolaan Kurikulum Sekolah Alam di TK Alam Al Biruni Cirebon. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(1), 32-39.
Kuswinarni, K. (2013). Pengelolaan Sumber Belajar Di SD Negeri 9 Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana.
Sihombing, L. B. (2014) Pengelolaan Sarana dan Alat Permainan Sebagai Suatu Pengelolaan Sumber Belajar di Taman Kanak-Kanak. Generasi Kampus, 7(1).
Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Grasindo.
Suhirman, S. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 159-173.
Copyright (c) 2021 Hasnawati Hasnawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.