Pengelolaan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Pada TK Handriani

  • Hasnawati Hasnawati Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Puangrimaggalatung Bone
Keywords: Sumber Belajar, Pembelajaran Anak, TK

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) Memberi gambaran mengenai pengelolaan sumber belajar dalam pembelajaran anak pada TK Handriani Kelurahan Macanang Kabupaten Bone (2) Menjelaskan peranan sumber belajar dalam pembelajaran anak pada TK Handriani Kelurahan Macanang Kabupaten Bone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keberhasilan pelaksanaan suatu program pendidikan untuk anak TK sangat tergantung pada pengelolaan sumber belajar. Guru atau calon guru hendaknya mempunyai kemahiran dalam mengelola sumber belajar untuk pembelajaran anak TK agar pelaksanaan program pembelajaran dapat berjalan tidak saja efektif tetapi juga menyenangkan. Untuk dapat berfungsinya sumber-sumber belajar dalam mendukung dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran diperlukan upaya pengelolaan yang meliputi: Perencanaan sumber belajar, Pengadaan sumber belajar, Penyimpanan dan pemeliharaan sumber belajar. Adapun peranan sumber belajar pada anak yaitu memperoleh pengetahuan, meningkatkan kemampuan anak dalam berbahasa, membantu mengenalkan anak pada lingkungan, menumbuhkan motivasi belajar dan mendukung anak untuk lebih banyak melakukan kegiatan belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aslindah, A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak di TK Alifia Samarinda. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 6-11.

Elisari, S. D. (2021). Pengelolaan sumber belajar untuk menunjang pembelajaran berbasis lingkungan alam di Taman Kanak-kanak (TK) Alam Ar-Rayyan Malang. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Harfiani, R. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Media dan Sumber Belajar TK/RA dengan Metode Demonstrasi di Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal FAI UMSU 2016-2017. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(1), 112-113.

Hasnah, H. (2019). Peningkatan Profesionalitas Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Melalui Diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) TK Islam Terpadu Al Azka. Jurnal Literasiologi, 2(2), 17-17.

Hidayati, I., & Prihatin, T. (2016). Pengelolaan Kurikulum Sekolah Alam di TK Alam Al Biruni Cirebon. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(1), 32-39.

Kuswinarni, K. (2013). Pengelolaan Sumber Belajar Di SD Negeri 9 Boyolali (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana.

Sihombing, L. B. (2014) Pengelolaan Sarana dan Alat Permainan Sebagai Suatu Pengelolaan Sumber Belajar di Taman Kanak-Kanak. Generasi Kampus, 7(1).

Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Grasindo.

Suhirman, S. (2018). Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 2(1), 159-173.

Published
26-10-2021
How to Cite
Hasnawati, H. (2021). Pengelolaan Sumber Belajar dalam Pembelajaran Anak Pada TK Handriani. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 93-101. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.612