Kompetensi TPACK Calon Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar

  • Muhammad Zulfikar Universitas Negeri Makassar
Keywords: TPACK, Pendidikan Jasmani, Sekolah Dasar, Mahasiswa Calon Guru

Abstract

Program pendidikan jasmani di perguruan tinggi harus mempersiapkan siswa untuk menjadi guru pendidikan jasmani sekolah dasar masa depan yang memiliki pengetahuan tentang integrasi teknologi yang relevan, keterampilan pedagogis, dan pengetahuan khusus disiplin untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Namun penelitian terkait kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam bidang pendidikan jasmani masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kompetensi TPACK mahasiswa calon guru pendidikan jasmani sekolah dasar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Partisipan penelitian ini adalah 54 mahasiswa sarjana pendidikan jasmani sekolah dasar di salah satu universitas di Makassar. Partisipan dipilih dengan teknik purposive sampling. Data TPACK mahasiswa dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner TPACK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi TPACK mahasiswa tergolong tinggi. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara mahasiswa laki-laki dan perempuan meskipun nilai mahasiswa perempuan lebih tinggi dari nilai siswa laki-laki.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akhwani, A., & Rahayu, D. W. (2021). Analisis komponen TPACK guru SD sebagai kerangka kompetensi guru profesional di Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(4), 1918-1925. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1119

Ananda, R., Rani, A. R., & Fadhilaturrahmi, F. (2022). Pengembangan Model TPACK untuk Menunjang Kompetensi Profesional pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9064-9069. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.4031

Baturay, M. H., Gökçearslan, S., & Sahin, S. (2017). Associations among Teachers' Attitudes towards Computer-Assisted Education and TPACK Competencies. Informatics in Education, 16(1), 1-23.

Jang, S. J., & Tsai, M. F. (2013). Exploring the TPACK of Taiwanese secondary school science teachers using a new contextualized TPACK model. Australasian journal of educational technology, 29(4). https://doi.org/10.14742/ajet.282

Kern, B. D., & Graber, K. C. (2017). Physical education teacher change: Initial validation of the teacher change questionnaire-physical education. Measurement in Physical Education and Exercise Science, 21(3), 161-173. https://doi.org/10.1080/1091367X.2017.1319371

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2008). Handbook of technological pedagogical content knowledge (TPCK) for educators.

Koh, J. H. L., & Chai, C. S. (2011). Modeling pre-service teachers’ technological pedagogical content knowledge (TPACK) perceptions: The influence of demographic factors and TPACK constructs.

Koyuncuoglu, Ö. (2021). An Investigation of Graduate Students' Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK). International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 9(2), 299-313

Krause, J. M., & Lynch, B. M. (2018). Faculty and student perspectives of and experiences with TPACK in PETE. Curriculum Studies in Health and Physical Education, 9(1), 58-75. https://doi.org/10.1080/25742981.2018.1429146

Kurnianto, B., & Sarwono, R. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis TPACK dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 13(3), 210-221. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i3.p210-221

Lukman, H. S., Sutisnawati, A., & Setiani, A. (2022). Model TPACK-21 Guru Sekolah Dasar di Kota Sukabumi. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 398-418. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.12712

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological pedagogical content knowledge: A framework for teacher knowledge. Teachers college record, 108(6), 1017-1054. https://doi.org/10.1111/j.1467-9620.2006.00684.x

Muhson, A. (2004). Meningkatkan profesionalisme guru: sebuah harapan. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/jep.v1i2.665

Oktarin, I. B., & Saputri, M. E. E. (2022). Peningkatan Kompetensi Tpack Guru Mempersiapkan Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT). J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 93-102. http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2363

Perdani, B. U. M., & Andayani, E. S. (2021). Pengaruh Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 99-115. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i2.46021

Quddus, A. (2019). Implementasi technological pedagogical content knowledge (TPACK) dalam pendidikan profesi guru (PPG) PAI LPTK UIN Mataram. Jurnal Tatsqif, 17(2), 213-230. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i2.1911

Redmond, P., & Peled, Y. (2019). Exploring TPACK among pre‐service teachers in Australia and Israel. British Journal of Educational Technology, 50(4), 2040-2054. https://doi.org/10.1111/bjet.12707

Rochintaniawati, D., Riandi, R., Kestianty, J., Kindy, N., & Rukayadi, Y. (2019). The analysis of biology teachers’ technological pedagogical content knowledge development in lesson study in West Java Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 201-210. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19303

Rulyansah, A., Budiarti, R. P. N., Mardhotillah, R. R., Basuki, E. P., & Wardhani, R. P. (2022). Integrasi TPACK pada Pembelajaran Virtual Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya: Journal of Community Engagement, 3(4), 897-904.

Semiz, K., & Ince, M. L. (2012). Pre-service physical education teachers' technological pedagogical content knowledge, technology integration self-efficacy and instructional technology outcome expectations. Australasian Journal of Educational Technology, 28(7). https://doi.org/10.14742/ajet.800

Shulman, L. (1987). Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard educational review, 57(1), 1-23.

Shulman, L. S. (2013). Those who understand: Knowledge growth in teaching. Journal of Education, 193(3), 1-11. https://doi.org/10.3102/0013189X015002004

Siddiq, F., Scherer, R., & Tondeur, J. (2016). Teachers' emphasis on developing students' digital information and communication skills (TEDDICS): A new construct in 21st century education. Computers & Education, 92, 1-14.. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.10.006

Silviana Lianvani, F., Purnama Sari, D., & Karolina, A. (2023). Analisis Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) di Smk It Al Husna Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup)

Suroto, S., Sudarso, S., Dinata, V. C., & Prakoso, B. B. (2022). Relevansi Program Learning Outcomes dengan kompetensi guru Pendidikan Jasmani. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 11(2), 114-124. https://doi.org/10.36706/altius.v11i2.18381

Syamsuri, A. S., & Md, A. (2021). Pendidikan Guru dan Pembelajaran. Nas Media Pustaka.

Tsuda, E., Wyant, J., Sato, T., & Haegele, J. A. (2019). Pre-service physical education teachers’ practicum experiences teaching PREK children. International Journal of Kinesiology in Higher Education, 3(4), 128-140. https://doi.org/10.1080/24711616.2019.1644980

Wang, Q., & Zhao, G. (2021). ICT self‐efficacy mediates most effects of university ICT support on preservice teachers' TPACK: Evidence from three normal universities in China. British Journal of Educational Technology, 52(6), 2319-2339. https://doi.org/10.1111/bjet.13141

Wu, Y. T. (2013). Research trends in technological pedagogical content knowledge (TPACK) research: A review of empirical studies published in selected journals from 2002 to 2011. British Journal of Educational Technology, 44(3).

Published
31-10-2023
How to Cite
Zulfikar, M. (2023). Kompetensi TPACK Calon Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 146-153. https://doi.org/10.30605/cjpe.622023.2584