Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V UPT SDN 18 Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4582Keywords:
Model Pembelajaran, Kontekstual Teaching and Learning, Karakter, Peduli Lingkungan, Pelajaran PKNAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya efektivitas pembelajaran PKN yang berdampak pada hasil belajar dan kesadaran siswa dalam menjaga lingkungan. Pembelajaran yang tidak relevan dengan konteks kehidupan sehari-hari membuat siswa kurang terlibat dan tidak mampu mengaplikasikan materi yang dipelajari dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran Kontekstual Teaching and Learning (CTL) dalam upaya meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di kelas V UPT SDN 18 Pinrang. Model CTL diterapkan dengan harapan dapat mengaitkan materi pelajaran dengan situasi nyata yang dihadapi siswa, sehingga menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian siswa terhadap isu-isu lingkungan. Hal ini dapat dilihat pada tahap pra-siklus, hanya 11 siswa (20%) yang mencapai standar ketuntasan dengan nilai rata-rata 55,33 poin. Setelah penerapan model CTL, terjadi peningkatan pada siklus I, di mana 18 siswa (60%) memenuhi standar kelulusan dan nilai rata-rata meningkat menjadi 73,33 poin. Peningkatan yang lebih jelas terlihat pada siklus II, di mana 38 siswa (83,33%) mencapai ketuntasan, dengan rata-rata nilai kelas mencapai 83,33 poin. Selain meningkatkan hasil belajar, penerapan CTL juga mendorong perubahan sikap siswa menjadi lebih proaktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dalam pembelajaran dapat menjadi strategi yang efektif untuk membangun karakter peduli lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam merancang metode pembelajaran yang relevan dan mendukung pengembangan karakter siswa.
Downloads
References
Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349-8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791
Anggraini, K. C. S., & Aulia, I. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(2), 13-24. https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.4138
Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter di persekolahan. ASANKA: journal of social science and education, 2(1), 71-84. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465
Fiteriani, I., & Solekha, I. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas V MI raden intan wonodadi kecamatan gadingrejo kabupaten pringsewu tahun pelajaran 2015/2016. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 103-120. https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v3i1.1332
Hasibuan, M. S., & Sapri, S. (2023). Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di madrasah ibtidaiyah. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 700-708. http://dx.doi.org/10.29210/1202323151
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285
Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235-245. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.343
Khairiyah, M., & Samad, M. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Menggunakan Kontextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Lajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sd Inpres Tala’borong Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(3), 357-362. https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.199
Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik-integratif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli dan tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503
Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 15-24. http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49942
Merentek, R. M., Poluan, D., Pangkey, R. D., & Legi, M. Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 970-975. https://doi.org/10.5281/zenodo.10042375
Mongdong, R. Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 630-637. https://doi.org/10.5281/zenodo.8000517
Nasution, A. F., & Yusnaldi, E. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik Di Kelas IV MIS Mutiara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2937-2950. https://doi.org/10.58230/27454312.934
Novianti, R. (2022). Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Mata Pelajaran IPA. JPB-Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16-23. https://doi.org/10.55719/jpb.v2i2.550
Nurhayati, T. (2022). Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa dengan Model Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran PPKN. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 47-54. https://doi.org/10.55719/jt.v7i1.395
Paramaweda, I. D. G., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Ips Dan Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Petang Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(1), 32-40. https://doi.org/10.23887/pips.v2i1.2860
Purwati, P. (2023). Pendekatan Stm Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswakelas 6 SD Negeri 1 Miricinde. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 53-60. https://doi.org/10.59344/jarlitbang.v9i1.128
Rahma, A. R., Aghniyah, I. A., Trsinawati, P., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Penggunaan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa kelas 3 sdn 2 sindangkasih pada mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup. Jurnal Sinektik, 5(2), 163-170. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8190
Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Rukajat, A. (2019). Pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan mutu hasil pembelajaran. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4589
Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117-3124.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.