Deskripsi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran IPS

  • Sunardin Sunardin Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Hasil Belajar, Team Games Tournament, Pembelajaran IPS SD

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi tingkat hasil belajar siswa pada aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik menggunakan model team games tournament pada pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 173 Kertoraharjo Kabupaten Luwu Timur. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 173 Kertoraharjo yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kompetensi pengetahuan dan keterampilan sedangkan teknik non tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa pada aspek kompetensi sikap. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal pilihan ganda, lembar unjuk kerja, dan kuisioner. Data yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan 1) hasil belajar siswa pada aspek afektif yang memiliki kategori sangat tinggi berjumlah 15 siswa (51,72%), yang memiliki kategori tinggi berjumlah 14 siswa (49,28%), dan tidak ada siswa yang memiliki kategori sedang, kurang, dan sangat kurang. 2) hasil belajar siswa pada aspek kognitif yang memiliki kategori sangat tinggi berjumlah 12 siswa (41,38%), yang memiliki kategori tinggi berjumlah 7 siswa (24,14%), yang memiliki kategori sedang berjumlah 2 siswa (6,90%), yang memiliki kategori rendah berjumlah 7 siswa (24,14%), dan yang memiliki kategori sangat rendah berjumlah 1 siswa (3,45%). 3) hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik yang memiliki kategori sangat tinggi berjumlah 11 siswa (37,93%), yang memiliki kategori tinggi berjumlah 11 siswa (37,93%), yang memiliki kategori sedang berjumlah 7 siswa (24,14%), dan tidak ada siswa yang memiliki kategori kurang, dan sangat kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1).

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).

Hendrayana, A. S. (2014). Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa Beasiswa BIDIKMISI DI UPBJJ UT Bandung. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 15(2), 81-87.

Hobri. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember : Center for Society Studies.

Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79.

Mugas, I. (2014). Penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan media Powerpoint untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran IPS pada siswa kelas Vc SD Islam Hidayatullah Kota Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Permendikbud No. 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar.

Saputra, F., Hikamah, S. R., & Rohman, M. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Team Games Tournament) Dengan Media Kokami Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Bioshell, 2(1).

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sunardin, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui Penerapan Model Project Based Learning. Indonesian Journal of Educational Studies, 21(2).

Published
14-10-2020
How to Cite
Sunardin, S. (2020). Deskripsi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Team Games Tournament (TGT) pada Pembelajaran IPS . Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(1), 60 - 67. https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.365
Section
Articles