Perencanaan, Implementasi dan Evaluasi Program Sekolah Ramah Anak Berbasis Kearifan Lokal di SD Negeri Kasihan Bantul
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.6191Keywords:
Perencanaan, Implementasi, Evaluasi, Program Sekolah Ramah Anak, Kearifan LokalAbstract
Urgensi penelitian ini untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang program sekolah ramah anak berbasis kearifan lokal, sebagai upaya untuk mencegah kekerasan di sekolah sekaligus melestarikan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perencanaan program sekolah ramah anak berbasis kearifan lokal di SD Negeri Kasihan, 2) Mengetahui implementasi program sekolah ramah anak berbasis kearifan lokal di SD Negeri Kasihan, serta 3) Mengetahui evaluasi program sekolah ramah anak berbasis kearifan lokal di SD Negeri Kasihan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kasihan Bantul. Sumber data ini diperoleh dari berbagai pihak, antara lain kepala sekolah, guru, serta peserta didik. Guru wali kelas 4 dan kelas 5, satu guru mata pelajaran, serta sembilan orang peserta didik sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, analisis data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yaitu dimulai dari kegiatan sosialisasi, identifikasi kebutuhan dan aspirasi peserta didik, penyusunan kebijakan SRA, pembentukan tim SRA, dan pengidentifikasi potensi. Implementasi yaitu dengan melakukan pelaksanaan kurikulum seperti menggabungkan nilai-nilai karakter dan budaya lokal dalam kegiatan sehari-hari. Terdapat pendidik dan tenaga kependidikan terlatih, sarana dan prasarana, Selain itu, dalam pelaksanaan program juga didukung dengan adanya partisipasi peserta didik, orang tua dan pihak luar. Evaluasi yaitu dengan asesmen diagnostik, formatif dan sumatif. Penilaian ini tidak hanya menitikberatkan pada aspek kognitif saja, tetapi juga pada keterampilan dan sikap peserta didik secara komprehensif.
Downloads
References
Afdhal, A., Manuputty, F., Litaay, S. C. H., & Makaruku, N. D. (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Maluku dalam Hidden curriculum: Strategi Membangun Perdamaian dan Toleransi di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 5(4), 5071-5083. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1707
Amrullah, A. K. (2023). Pemenuhan Hak Anak Atas Pendidikan pada Sekolah Ramah Anak di SMP Negeri 5 Brebes. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(4), 319-336. https://doi.org/10.58344/locus.v2i4.1001
Baharun, H., Wibowo, A., & Hasanah, S. N. (2021). Kepemimpinan perempuan dalam menciptakan sekolah ramah anak. Quality, 9(1), 87-102. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.10109
Casmudi, C., Indriawati, P., & Waskitoningtyas, R. S. (2025). Peran Sekolah Ramah Anak Dalam Penguatan Kearifan Lokal Bagi Siswa Miskin Ekstrem Sekolah Dasar di Balikpapan. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 9(4), 109-119. https://doi.org/10.37329/jpah.v9i4.4287
Damanik, F. H. S. (2024). Peran bimbingan konseling pada sekolah ramah anak dalam memberikan dukungan emosional di sekolah menengah atas. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2433-2442. https://doi.org/10.58230/27454312.559
Fahmi, A. (2021). Implementasi program sekolah ramah anak dalam proses pembelajaran. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 9(1), 33-41. https://doi.org/10.33394/vis.v6i1.4086
Fatmawati, F., Yahya, F., & Sentaya, I. M. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Diagnostik, Formatif, Dan Sumatif Berbantuan Tik Untuk Guru-Guru Pasraman Widya Dharma Sumbawa. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 6(3), 154-161. http://dx.doi.org/10.29303/jppm.v6i3.5595
Handayani, Y., & Miyono, N. (2023). Implementasi Sekolah ramah anak Program Anti Bullying di SMA Negeri 1 Kendal. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4151-4165. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1087
Haryanti, S., Narimo, S., Fuadi, D., & Minsih, M. (2025). Strategi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 287-299. https://doi.org/10.37329/cetta.v8i2.4125
Ibo, Y. F. H., & Lorensius, L. (2023). Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Dasar Katolik Kota Samarinda. Gaudium Vestrum: Jurnal Kateketik Pastoral, 12-25. https://doi.org/10.61831/gvjkp.v7i1.156
Inniyah, S., & Mulawarman, W. G. (2021). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program Sekolah Ramah Anak Pada Smp Negeri 2 Tenggarong Dengan Model Evaluasi Cipp. Jurnal Ilmu Manajemen dan Pendidikan, 1(2), 39-54. https://doi.org/10.30872/jimpian.v1i2.852
Jumakir, M. P. (2024). Sekolah Ramah Anak. umsu press.
Jumari, M. P. I., & Suwandi, M. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak: Tinjauan Teoretis Dan Praktis Berbasis CIPP Model. Penerbit Adab.
Khoiriyah, A. N., Ramadhan, D. F., & Sofyan, M. (2025). Sekolah Ramah Anak Dalam Mencegah Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 17(1), 1-16. https://doi.org/10.32678/primary.v17i1.11473
Kusnita, K., Dewi, I. K., & Mashar, A. (2023). Implementasi program sekolah ramah anak di SD Negeri 30 Pangkalpinang dan SD Negeri 37 Pangkalpinang. EDOIS: Journal of Islamic Education, 1(2), 86-95. https://doi.org/10.32923/edois.v1i02.3908
Latifah, A. N., Khairani, M. D., Agustina, L. A., Nurchasanah, I. W., Diani, S. A. R., & Muhtarom, T. (2025). Implementasi Kurikulum Sekolah Alam dalam Pembentukan Pendidikan Karakter. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 1170-1181. https://doi.org/10.54373/imeij.v6i1.2601
Madhani, L., & Patilima, H. (2024). Implementasi Aspek Sarana Prasarana Sekolah Ramah Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 8-16. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6568
Magdalena, I., Odicus, D. A., Oktaviani, D., & Nurrahama, M. I. (2023). Penilaian keterampilan evaluasi Pendidikan Teori dan Implementasi Melalui Metode Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(2), 108-113. https://doi.org/10.47233/jpdsk.v1i2.58
Maharani, S. T., & Muhtar, T. (2022). Implementasi pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter siswa. Jurnal basicedu, 6(4), 5961-5968. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3148
Mashunah, D., Hostin, H., Mashunah, H., Rahayu, S., & Zakiyah, A. H. (2021). PKM Pendampingan Penyusunan Kurikulum Sekolah Ramah Anak pada Taman Kanak Kanak (TK) Az-Zainiyah II Paiton Probolinggo. GUYUB: Journal of Community Engagement, 2(2), 303-312. https://doi.org/10.33650/guyub.v2i2.2252
Masriah, I., Pujilestari, Y., & Kurniawati, A. (2025). Peranan Kepemimpinan Perempuan dalam Menciptakan Sekolah Ramah Anak (Studi Kasus di SDIT Nurul Amal Kota Tangerang Selatan). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(7), 7570-7576. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i7.9070
Nurbaeti, R. U., Zulfikar, Z., & Toharudin, M. (2020). Pembelajaran ramah anak berbasis pendidikan karakter pada sekolah inklusi. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 7(2), 99-110. https://doi.org/10.24036/scs.v7i2.215
Pasha, D. A., Alqadri, B., Dahlan, D., & Mustari, M. (2022). Pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak di SMPN 1 Gunungsari. MANAZHIM, 4(2), 232-259. https://doi.org/10.36088/manazhim.v4i2.1787
Pudyaningtyas, A. R., Rahmawati, A., Hafidah, R., Palupi, W., Dewi, N. K., Sholeha, V., & Syamsuddin, M. M. (2023). Keterlibatan Orang Tua dalam Mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini Ramah Anak di Gugus Budi Mulia II Sukoharjo. DEDIKASI: Community Service Reports, 5(1). https://doi.org/10.20961/dedikasi.v5i1.67052
Purni, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan yang Berkarakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 190-197. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24723
Purwanto, H. (2022). Analisis peran penggalangan intelijen dalam pencegahan konflik disharmoni agama dengan budaya lokal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(1), 22-28. https://doi.org/10.29210/020221533
Rauf, E. U. T., Dewi, L. K., & Kusumastuti, H. (2023). Penguatan Masyarakat Menuju Pekon yang Sehat dan Ramah Anak Dalam Kearifan Lokal. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 4(02), 109-118. https://doi.org/10.24967/jams.v4i02.2542
Rummar, M. (2022). Kearifan lokal dan penerapannya di sekolah. Jurnal Syntax Transformation, 3(12), 1580-1588. https://doi.org/10.46799/jst.v3i12.655
Rustina, Y., Setiawan, A., Novieastari, E., Wanda, D., Hadi, E. N., Gunawijaya, J., & Falahaini, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Menuju Kota Sehat dan Layak Anak Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Community Engagement in Health, 4(1), 200-207. https://doi.org/10.30994/jceh.v4i1.127
Saputro, W. T. (2020). Metode deskripsi untuk mengetahui pola belanja konsumen pada data penjualan. INTEK: Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi, 3(1), 25-33. https://doi.org/10.37729/intek.v3i1.480
Sarumaha, M., Telaumbanua, K., & Harefa, D. (2024). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Nias Selatan: Membangun Identitas Budaya pada Generasi Muda. Jurnal Education and Development, 12(3), 663-668. https://doi.org/10.37081/ed.v12i3.6585
Sidiq, M., Larashaty, A. A., Ma’arif, S., Magfira, M., Hidayatullah, M. S., Hafil, M., ... & Munir, N. (2025). Sosialisasi Anti Kekerasan di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Sosial, 2(3), 3150-3154. https://doi.org/10.59837/2hgxn841
Sugianto, S. (2025). Peran Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Sekolah Ramah Anak bagi Siswa dari Keluarga Miskin Ekstrem di Balikpapan. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 9(4), 78-88. https://doi.org/10.37329/jpah.v9i4.4284
Suharjuddin, S., Faridatul‘Ala, F. A., & Yulianti, Y. (2023). Analisis Proses Pembelajaran Ramah Anak dalam Penerapan Pembelajaran Daring. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 16-25. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2479
Susilowati, L. (2017). Persiapan sekolah ramah anak di Salatiga: Pemetaan kebutuhan dan identifikasi masalah dari perspektif peserta didik. KRITIS, 26(1), 1-21. https://doi.org/10.24246/kritis.v26i1p1-21
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.49
Utami, T., Kusumawiranti, R., & Mali, M. G. (2021). Implementasi sekolah ramah anak di SDN Lempuyangwangi Kota Yogyakarta. POPULIKA, 9(2), 1-12. https://doi.org/10.37631/populika.v9i2.316
Violeta, F. M., & Lessy, Z. (2024). Implementasi dan Dampak Program Sekolah Ramah Anak di Madrasah Tsanawiyah. Journal of Education Research, 5(2), 2322-2331. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1039
Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar pada blended learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367-377. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130
Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan sekolah ramah anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(2), 145-154. https://doi.org/10.31932/jpdp.v5i2.480
Yuliani, W. (2018). Metode penelitian deskriptif kualitatif dalam perspektif bimbingan dan konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Allya Zulfa Septina, Taufik Muhtarom

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.