Implementasi Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 25 Limbuang

Authors

  • Amelia Amelia Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Elihami Elihami Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5650

Keywords:

Implementasi, Media Pembelajaran, Flash Card, Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia

Abstract

Rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SDN 25 Limbuang menjadi pendorong untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media flash card meningkatkan pemahaman membaca siswa pada materi suku kata dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan empat tahapan dalam setiap siklus: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 12 siswa kelas I SDN 25 Limbuang yang mengalami kesulitan membaca, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru, tes kemampuan membaca, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan ditandai dengan 80% siswa mencapai kategori baik, serta peningkatan nilai dan aktivitas belajar. Berdasarkan temuan penelitian yang menggunakan media flash card untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi suku kata pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan nilai observasi kemahiran membaca siswa pada materi suku kata siklus I dan pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan media flash card mencapai kategori sangat baik persentase 33,33%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 91,66% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media flash card pada siswa kelas I SDN 25 Limbuang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, A. F. Y., & Attamimi, N. (2023). Implementasi Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur'an, 2(2), 116-125.

Ciptaningrum, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pembelajaran Pias-Pias Kata . Jurnal Literasi Digital, 2(3), 207–216. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.186

Hamidah, J. (2020). Implementasi Media Flash Card dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius pada Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.751

Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2

Hidayat, A. Y., Tohir, A., & Soraya, R. (2022). Pengaruh Media Strip Story Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(2), 85-91. https://doi.org/10.52647/jep.v4i2.67

Islami, M. F. (2019). Implementasi Media Flash Card Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1). https://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.258

Kartini, K. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Baku pada Soal Ulangan Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Cokroaminoto Palopo. Jurnal Dieksis ID, 2(1), 6–14. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.192

Koilmo, E. B. A., Mbuik, H. B., & Nitte, Y. M. (2020). Analisis penggunaan media flash card dalam meningkatkan motivasi membaca permulaan pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 sekolah dasar inpres bertingkat Oebobo 2 Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 101-110.

Mappasoro, M. I. A., & Ulinnuha, Z. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak Membedakan Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Flashcard . Jurnal Dieksis ID, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.2.2022.216

Mashari, A., Tohir, A., & Farhana, H. (2019). Peran Guru Dalam Mengelola Kelas. Ahsanta Jurnal Pendidikan, 5(3), 99-108. https://doi.org/10.2503/ajp.v5i3.33

Naailah, S., Hasibuan, D. A., Siagian, N. S., & Damanik, W. (2024). Perencanaan Manajement Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Journal Social Society, 4(2), 79–91. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.503

Nina, I., & Siti, A. R. E. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas II. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 13-22. http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.3484

Nurkamariyah, R. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas IC UPTD SDN Kemayoran 1 Bangkalan Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Pendidikan Lampu, 7(1), 17-26. https://doi.org/10.34557/jpl.v7i1.102

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Ramadhani, D. M., & Hafizh , M. R. (2022). Dampak Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Bagi Siswa SDIT Insan Mulia Karangkobar. Jurnal Dieksis ID, 2(2), 84–90. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.2.2022.199

Ramadhani, N. N., & Masykuroh, K. (2022). Pengembangan Media Flashcard Untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 228-240. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i2.13896

Supriyaddin, S., Hasan, H., Budiman, B., & Rahman, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Flash Card untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas V. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(2), 57-63. https://doi.org/10.54371/jekas.v1i2.432

Yuliantoro, S. (2022). Pemanfaatan Media Flashcard Berbarcode Untuk Meningkatkan Aktivitas Literasi IPA Siswa SDN Tileng Dagangan. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 96–101. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.132

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2).

Published

2025-05-31

How to Cite

Amelia, A., Elihami, E., & Dahlan, A. (2025). Implementasi Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 25 Limbuang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 501–512. https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5650

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.