Implementasi Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 25 Limbuang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.822025.5650Keywords:
Implementasi, Media Pembelajaran, Flash Card, Kemampuan Membaca, Bahasa IndonesiaAbstract
Rendahnya kemampuan membaca siswa kelas I SDN 25 Limbuang menjadi pendorong untuk melakukan penelitian ini. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media flash card meningkatkan pemahaman membaca siswa pada materi suku kata dalam bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan empat tahapan dalam setiap siklus: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 12 siswa kelas I SDN 25 Limbuang yang mengalami kesulitan membaca, dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas guru, tes kemampuan membaca, dan dokumentasi. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan ditandai dengan 80% siswa mencapai kategori baik, serta peningkatan nilai dan aktivitas belajar. Berdasarkan temuan penelitian yang menggunakan media flash card untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi suku kata pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan nilai observasi kemahiran membaca siswa pada materi suku kata siklus I dan pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan media flash card mencapai kategori sangat baik persentase 33,33%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 91,66% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media flash card pada siswa kelas I SDN 25 Limbuang dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Downloads
References
Anisa, A. F. Y., & Attamimi, N. (2023). Implementasi Media Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur'an, 2(2), 116-125.
Ciptaningrum, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pembelajaran Pias-Pias Kata . Jurnal Literasi Digital, 2(3), 207–216. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.186
Hamidah, J. (2020). Implementasi Media Flash Card dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius pada Pembelajaran Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(1), 1-14. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i1.751
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.58230/27454312.2
Hidayat, A. Y., Tohir, A., & Soraya, R. (2022). Pengaruh Media Strip Story Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(2), 85-91. https://doi.org/10.52647/jep.v4i2.67
Islami, M. F. (2019). Implementasi Media Flash Card Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1). https://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.258
Kartini, K. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Baku pada Soal Ulangan Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Cokroaminoto Palopo. Jurnal Dieksis ID, 2(1), 6–14. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.192
Koilmo, E. B. A., Mbuik, H. B., & Nitte, Y. M. (2020). Analisis penggunaan media flash card dalam meningkatkan motivasi membaca permulaan pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 sekolah dasar inpres bertingkat Oebobo 2 Kupang. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Dasar, 2(2), 101-110.
Mappasoro, M. I. A., & Ulinnuha, Z. (2022). Meningkatkan Kemampuan Anak Membedakan Huruf Vokal dan Konsonan Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Flashcard . Jurnal Dieksis ID, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.2.2022.216
Mashari, A., Tohir, A., & Farhana, H. (2019). Peran Guru Dalam Mengelola Kelas. Ahsanta Jurnal Pendidikan, 5(3), 99-108. https://doi.org/10.2503/ajp.v5i3.33
Naailah, S., Hasibuan, D. A., Siagian, N. S., & Damanik, W. (2024). Perencanaan Manajement Sumber Daya Manusia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Journal Social Society, 4(2), 79–91. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.503
Nina, I., & Siti, A. R. E. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Flashcard untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas II. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 13-22. http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.3484
Nurkamariyah, R. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Kata Pada Siswa Kelas IC UPTD SDN Kemayoran 1 Bangkalan Tahun Pelajaran 2019-2020. Jurnal Pendidikan Lampu, 7(1), 17-26. https://doi.org/10.34557/jpl.v7i1.102
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media video pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan prestasi mahasiswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). http://dx.doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Ramadhani, D. M., & Hafizh , M. R. (2022). Dampak Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Bagi Siswa SDIT Insan Mulia Karangkobar. Jurnal Dieksis ID, 2(2), 84–90. https://doi.org/10.54065/dieksis.2.2.2022.199
Ramadhani, N. N., & Masykuroh, K. (2022). Pengembangan Media Flashcard Untuk Membangun Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 228-240. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i2.13896
Supriyaddin, S., Hasan, H., Budiman, B., & Rahman, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Flash Card untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Kelas V. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(2), 57-63. https://doi.org/10.54371/jekas.v1i2.432
Yuliantoro, S. (2022). Pemanfaatan Media Flashcard Berbarcode Untuk Meningkatkan Aktivitas Literasi IPA Siswa SDN Tileng Dagangan. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 96–101. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.132
Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.