Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V UPT SDN 18 Pinrang

Authors

  • Sukma Alimuddin Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Muhammad Idham Haliq Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Suherman Suherman Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4582

Keywords:

Model Pembelajaran, Kontekstual Teaching and Learning, Karakter, Peduli Lingkungan, Pelajaran PKN

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya efektivitas pembelajaran PKN yang berdampak pada hasil belajar dan kesadaran siswa dalam menjaga lingkungan. Pembelajaran yang tidak relevan dengan konteks kehidupan sehari-hari membuat siswa kurang terlibat dan tidak mampu mengaplikasikan materi yang dipelajari dalam kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan model pembelajaran Kontekstual Teaching and Learning (CTL) dalam upaya meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) di kelas V UPT SDN 18 Pinrang. Model CTL diterapkan dengan harapan dapat mengaitkan materi pelajaran dengan situasi nyata yang dihadapi siswa, sehingga menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumen sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL dapat meningkatkan pemahaman dan kepedulian siswa terhadap isu-isu lingkungan. Hal ini dapat dilihat pada tahap pra-siklus, hanya 11 siswa (20%) yang mencapai standar ketuntasan dengan nilai rata-rata 55,33 poin. Setelah penerapan model CTL, terjadi peningkatan pada siklus I, di mana 18 siswa (60%) memenuhi standar kelulusan dan nilai rata-rata meningkat menjadi 73,33 poin. Peningkatan yang lebih jelas terlihat pada siklus II, di mana 38 siswa (83,33%) mencapai ketuntasan, dengan rata-rata nilai kelas mencapai 83,33 poin. Selain meningkatkan hasil belajar, penerapan CTL juga mendorong perubahan sikap siswa menjadi lebih proaktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dalam pembelajaran dapat menjadi strategi yang efektif untuk membangun karakter peduli lingkungan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dalam merancang metode pembelajaran yang relevan dan mendukung pengembangan karakter siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349-8358. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3791

Anggraini, K. C. S., & Aulia, I. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. BASICA Journal of Arts and Science in Primary Education, 3(2), 13-24. https://doi.org/10.37680/basica.v3i2.4138

Dewi, R. R., Suresman, E., & Suabuana, C. (2021). Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter di persekolahan. ASANKA: journal of social science and education, 2(1), 71-84. https://doi.org/10.21154/asanka.v2i1.2465

Fiteriani, I., & Solekha, I. (2017). Peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada siswa kelas V MI raden intan wonodadi kecamatan gadingrejo kabupaten pringsewu tahun pelajaran 2015/2016. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 103-120. https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v3i1.1332

Hasibuan, M. S., & Sapri, S. (2023). Pendidikan karakter peduli lingkungan melalui pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) di madrasah ibtidaiyah. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 700-708. http://dx.doi.org/10.29210/1202323151

https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1285

Irwan, I., & Hasnawi, H. (2021). Analisis model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar PPKn di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 235-245. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.343

Khairiyah, M., & Samad, M. (2023). Pengaruh Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Menggunakan Kontextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Lajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sd Inpres Tala’borong Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, 1(3), 357-362. https://doi.org/10.58738/jkp.v1i3.199

Lestariningsih, N., & Suardiman, S. P. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik-integratif berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan karakter peduli dan tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15503

Mangangantung, J. M., Wentian, S., & Rorimpandey, W. H. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri di Kecamatan Wanea. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 15-24. http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v9i1.49942

Merentek, R. M., Poluan, D., Pangkey, R. D., & Legi, M. Y. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 970-975. https://doi.org/10.5281/zenodo.10042375

Mongdong, R. Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kegiatan Ekonomi Pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(12), 630-637. https://doi.org/10.5281/zenodo.8000517

Nasution, A. F., & Yusnaldi, E. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik Di Kelas IV MIS Mutiara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2937-2950. https://doi.org/10.58230/27454312.934

Novianti, R. (2022). Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Mata Pelajaran IPA. JPB-Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16-23. https://doi.org/10.55719/jpb.v2i2.550

Nurhayati, T. (2022). Meningkatkan Sikap Nasionalisme Siswa dengan Model Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran PPKN. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 47-54. https://doi.org/10.55719/jt.v7i1.395

Paramaweda, I. D. G., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Ips Dan Kesadaran Lingkungan Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Petang Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(1), 32-40. https://doi.org/10.23887/pips.v2i1.2860

Purwati, P. (2023). Pendekatan Stm Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswakelas 6 SD Negeri 1 Miricinde. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 53-60. https://doi.org/10.59344/jarlitbang.v9i1.128

Rahma, A. R., Aghniyah, I. A., Trsinawati, P., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Penggunaan pendekatan kontekstual dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan siswa kelas 3 sdn 2 sindangkasih pada mata pelajaran pendidikan lingkungan hidup. Jurnal Sinektik, 5(2), 163-170. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8190

Rosad, A. M. (2019). Implementasi pendidikan karakter melalui managemen sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173-190. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Rukajat, A. (2019). Pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan mutu hasil pembelajaran. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4589

Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117-3124.

Published

2024-11-29

How to Cite

Alimuddin, S., Haliq, M. I., & Suherman, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Teaching and Learning Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Kelas V UPT SDN 18 Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 667–677. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4582

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.