Implementasi Pembelajaran Seni Musik Pada Anak Tunaganda YPAC Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran seni musik pada anak tunaganda di YPAC Surabaya. Penelitian ini didasarkan atas observasi di yayasan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah anak tunaganda yang memiliki dua ketunaan, yaitu tunagrahita dan cerebral palsy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peneliti mendeskripsikan implementasi pembelajaran seni musik yang dilaksanakan di YPAC Surabaya. Dalam proses pelaksanaannya, peneliti melalui beberapa tahapan yaitu tahap awal,tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan untuk uji keabsahan data digunakan triangulasi waktu. Peneliti juga menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dalam menganalisis data. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa dapat mempengaruhi perkembangan motorik, sosial emosi, dan bahasa pada anak tunaganda. Dengan adanya kegiatan pembelajaran seni musik, mereka dapat berlatih untuk berbicara dengan teman dan orang lain, melatih suara, melatih keberanian untuk tampil sehingga akan terbentuk rasa percaya diri pada anak.
Downloads
Metrics
References
Anjelina, A. N. (2013). Penerapan Model Sinektik Melalui Pembelajaran Musik Angklung Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autis Di Sekolah Inklusif (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Fitriani, Y. (2014). Model Pembelajaran Seni Musik melalui Lesson Study : 15(2), 126–138. Retrieved from http://journal.isi.ac.id/index.php/resital/article/view/847/163Idhartono, A. R. (2021). Implementasi Pembelajaran Seni Tari Pada Anak Tunaganda di YPAC Surabaya. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 165-172.
Hariadi Pramono, S. (2013). Pendidikan Musik untuk Anak Autis SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta (Doctoral dissertation, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Husen, I. Y. (2013). Pengaruh Latihan Stacking dalam Meningkatkan Keterampilan Seriasi Siswa Tunaganda Kelas D-2 di SLB Negeri B Cicendo Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Heriastuti, C. (2019). UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.
Mareza, L. (2017). Cultural Art And Craft Education As A General Intervention Strategy For Special Needs Children. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7, 35–38. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p35-38.
Maskuri, A. (2012). Penanaman Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Seni Musik Bagi Anak Tunanetra. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 9(1).
Masruroh, A. (2015). Tindak Tutur Anak Tunaganda di Kelas III Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Veteran, Wonoayu, Sidoarjo. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1(2).
Putri, N. (2012). Efektifitas Penggunaan Media Video Untuk Pada Pembelajaran Ips Bagi Anak Tunagrahita Ringan. 1, 318–328.
Ridwan, R. (2017). Pembelajaran Seni Musik Tematik sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Ritme, 2(2), 18-28.
Sulati, S. (2020). Tehnik Isyaba Solusi Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Untuk Anak Tunaganda (Tunarungu Dan Tunanetra). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 173-180.
Copyright (c) 2021 Amelia Rizky Idhartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.