Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 309 Ujung Bassiang Menggunakan Aplikasi Adobe Flash
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Adobe Flash. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode R & D (Reseach & Development) dengan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini dilakukan di SDN 309 Ujung Bassiang di Desa Bassiang. Adapun Pengujian aplikasi yang dilakukan ada dua, yakni pengujian ahli untuk menguji kelayakan penggunaan aplikasi yang telah dibuat dan penguji system untuk menguji fungsi- fungsi dalam aplikasi apakah berjalan dengan baik. Pengujian system yang dilakukan adalah menggunakan Blackbox Testing. Hasil penelitian yaitu berupa aplikasi media pembelajaran interaktif yang valid,efektif, dan praktis sebagai Media Pembelaran interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Ujung Bassiang
Downloads
Metrics
References
Darmawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., & Alinawati, M. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk meningkatkan Keterampilan Menulis English Simple Sentences pada Mata Kuliah Basic Writing di STKIP Garut. Pedagogla, 15(1): 630644. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v 15il.6576.
Herianto, H., Prasetyo, Z. K., & Rosana, D. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar The Development. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam – S1, 6(6), 326-333.
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018) Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama 14..
Lailiya, R. I. (2015) "Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas X-AK SMK Muhammadiyah 1 Taman." Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) (3)1
Meylinda, F., (2016) "Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Program Adobe Flash Untuk Siswa Kelas V SD." Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian (2)3, 256-264.
Mustagbal, M. S., Firdaus, R. F., Rahmadi, H., & Syukur. (2016). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN), Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3).
Prasetyo, (2016) Giri, and Lantip Diat Prasojo. "Pengembangan adobe flash pada pembelajaran tematik-integratif berbasis scientific approach subtema indahnya peninggalan sejarah.Yogyakarta. 54-66.
Rosa, & Shalahuddin (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Informatika. Bandung.
Suyanto, W. K. (2015). Aplikasi Tuntunan Gerakan Sholat Berbasis Multimedia Sebagai Pembelajaran Anak SD. .FIK Universitas Muslim Indonesia.Makassar.
Tafonao, T. (2018) "Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa." Jurnal Komunikasi Pendidikan (2)2, 103-114.
Tresnawati, D., Eri S., and Yudistira A. (2016) Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia." Jurnal Algoritma (13)1, 99-105.
Copyright (c) 2022 Supriadi Supriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.