Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 309 Ujung Bassiang Menggunakan Aplikasi Adobe Flash

  • Supriadi Supriadi Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Media Pembelajaran, Interaktif, Hasil Belajar, Adobe Flash

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Adobe Flash. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode R & D (Reseach & Development) dengan model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Penelitian ini dilakukan di SDN 309 Ujung Bassiang di Desa Bassiang. Adapun Pengujian aplikasi yang dilakukan ada dua, yakni pengujian ahli untuk menguji kelayakan penggunaan aplikasi yang telah dibuat dan penguji system untuk menguji fungsi- fungsi dalam aplikasi apakah berjalan dengan baik. Pengujian system yang dilakukan adalah menggunakan Blackbox Testing. Hasil penelitian yaitu berupa aplikasi media pembelajaran interaktif yang valid,efektif, dan praktis sebagai Media Pembelaran interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Ujung Bassiang

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Darmawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., & Alinawati, M. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk meningkatkan Keterampilan Menulis English Simple Sentences pada Mata Kuliah Basic Writing di STKIP Garut. Pedagogla, 15(1): 630644. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v 15il.6576.

Herianto, H., Prasetyo, Z. K., & Rosana, D. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar The Development. Pend. Ilmu Pengetahuan Alam – S1, 6(6), 326-333.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018) Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama 14..

Lailiya, R. I. (2015) "Pengembangan media pembelajaran berbasis adobe flash CS6 pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang kelas X-AK SMK Muhammadiyah 1 Taman." Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) (3)1

Meylinda, F., (2016) "Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Program Adobe Flash Untuk Siswa Kelas V SD." Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian (2)3, 256-264.

Mustagbal, M. S., Firdaus, R. F., Rahmadi, H., & Syukur. (2016). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN), Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3).

Prasetyo, (2016) Giri, and Lantip Diat Prasojo. "Pengembangan adobe flash pada pembelajaran tematik-integratif berbasis scientific approach subtema indahnya peninggalan sejarah.Yogyakarta. 54-66.

Rosa, & Shalahuddin (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Informatika. Bandung.

Suyanto, W. K. (2015). Aplikasi Tuntunan Gerakan Sholat Berbasis Multimedia Sebagai Pembelajaran Anak SD. .FIK Universitas Muslim Indonesia.Makassar.

Tafonao, T. (2018) "Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa." Jurnal Komunikasi Pendidikan (2)2, 103-114.

Tresnawati, D., Eri S., and Yudistira A. (2016) Pengembangan Aplikasi Komik Hadits Berbasis Multimedia." Jurnal Algoritma (13)1, 99-105.

Published
31-10-2021
How to Cite
Supriadi, S. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 309 Ujung Bassiang Menggunakan Aplikasi Adobe Flash. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 213-218. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1400