Pengaruh Model Pembelajaran Make and Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas IV SD Pinrang
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4577Keywords:
Model Pembelajaraan, Make and Match, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA, KuantitatifAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model konstruktivis dan adaptasi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas IV IPA. Model pembelajaran Make and Match merupakan metode yang mengintegrasikan permainan kartu edukatif untuk membantu siswa memahami materi secara interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode desain quasi eksperimen. Populasi statistik penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar di pinrang dan sampel acak 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar yang didasarkan pada teori motivasi belajar yang dikembangkan oleh Prayoga. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan model konstruktivis dan adaptif dengan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa yang diajar dengan model Make and Match lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran konstruktivis dapat efektif dan disesuaikan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.
Downloads
References
Aswasulasikin, A., Dina Fadilah, F., & Nurdiati, N. (2017). Komparasi Model Pembelajaran Tebak Kata Dengan Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Islam Nw Lendang Bunga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Didika (Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar).
Dewi, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi siswa Pada Konsep Sistem Gerak Pada Manusia Di SMA Negeri 1 Bandar Baru. Jurnal Sains Riset, 7(1), 38–41. https://doi.org/10.47647/jsr.v7i1.13
Berlian, Z., Aini, K., & Hikmah, S. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 13-17. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i1.1335
Fitriani, A. A., Hidayat, F. A., & Suranti, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 60 Kabupaten Sorong. J. BASA (barom. Sains) Inov. Pembelajaran IPA, 2(2), 17-21.
Gading, I. K., & Dian Kharisma, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 153.
Situmorang, J., Siagian, A. F., & Sianturi, C. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Iv Di UPTD SD Negeri 122390 Pematang Siantar. Journal Sains Student Research, 1(2), 191-198. https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.127
Maulida, I. S., Rahayu, D. W., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Sd. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 82.
Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303
Nadliyah, A., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. Natural Science Education Research, 2(1), 33–39.https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5559
Oktavani, F., Syamsurizal, S., Darussyamsu, R., & Selaras, G. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 5(3), 30.
Prasetyo, Y. A., Liza murniviyanti, & Eni Heldayani. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make and Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iii Sd Negeri 89 Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 159–166. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1438
Purwanti, S., & Saputri, N. D. (2020). Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Karangploso. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 445–451. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.7286
Qaddafi, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make a. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 67–74.https://doi.org/10.24252/jpf.v10i1.27302
Riana, N. K. I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III Gugus I Melinggih Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Sari, R. D. K., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Kraton pada Tema 6. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 208-220. https://doi.org/10.69896/modeling.v9i1.1206
Sari, S. P. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19–24 DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554.
Susanto, A., & Fatullah, A. (2018, July). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).
Sutarniyati, P. (2016). Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan model make a match pada pelajaran IPA kelas V. Basic Education, 5(34), 3-211.
Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran Make a Match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52–59.https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579
Anggraeni, A. A. A., & Veryliana, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218-225.https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.