Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran

  • Pancana Beta Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Metode Bermain Peran, Keterampilan Berbicara

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode bermain peran. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 65 Pajalesang Palopo dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode pelaksanaan penelitian dilakukan selama dua siklus dengan tahap setiap siklusnya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan secara langsung dalam proses pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dengan rata-rata pemerolehan keterampilan berbicara siswa mencapai 80,58 atau berada pada kategori baik. Sedangkan secara klasikal, 82,35% siswa telah mencapai ketuntasan belajar atau minimal berada pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Darmawati, (2018). Peningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa PGSD E Universitas Cokroaminoto Palopo dengan Menggunakan Metode Role Play, Jurnal ONOMA: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra. 4(2), 222 – 237.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum 2006, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Herdiana, B., & Beta, P. (2019). Teks Pengarang Perempuan Indonesia: Gagasan Feminisme Lesbian. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 238 – 253.

Jenep. (2011). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Teknik Bermain Peran bagi Siswa Kelas V SDN 2 Ngali Kecamatan Belo Kabupaten Bima. Jurnal TEQIP: Teachers Quality Improvement Program. 1(1), 53 – 60.

Kamalia, L. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Teknik Bermain Peran Pada Siswa Kelas III Mi Ziyadatul Huda Jakarta Timur. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Kridalaksana. (1982). Kamus Linguistik Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sutiono. (2011). .Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Metode Role Playing pada Siswa Kelas V SDN Pandak 1 Sidoharjo Seragen Tahun Ajaran 2010/2011. Sidoharjo

Tarigan. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Bandung.

Zahroh dan Sulistorini. (2010). Strategi Kooperatif dalam Pembelajaran Menyimak Berbicara. Malang: Asah Asih Asuh (A3).

Zulham, M. (2019). Penerapan Metode Rule Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 23 Batara Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 173-189.

Published
31-10-2019
How to Cite
Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48 - 52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118