Pengaruh Penerapan Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa di SDN Borong Kota Makassar
Abstract
Penelitian ini berfokus pada Pengaruh Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Di SDN Borong Kota Makassar. Penelitian Ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode ex post facto. Dimana populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Borong, Kota Makassar sebanyak 376 siswa. Peneliti menggunakan kelas IV A yang berjumlah 32 orang dan kelas V B yang berjumlah 34 orang, siswa kelas VI B berjumlah 31 orsng sehingga total sampel berjumlah 97 orang sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh dengan kata lain, sikap peduli lingkungan siswa di SD Negeri Borong, Kota Makassar, dipengaruhi oleh program adiwiyata.. Dibuktikan dengan hubungan kontribusi R2 sebesar 0,479, atau 47,9%, ditemukan antara variabel program adiwiyata serta variabel sikap siswa terhadap lingkungan di SD Negeri Borong, Kota Makassar. Ini menunjukkan bahwa program adiwiyata memiliki dampak positif sebesar 47,9% terhadap sikap peduli lingkungan siswa
Downloads
Metrics
References
Aini, M. H. (2014). Penguasaan konsep lingkungan dan sikap peduli lingkungan siswa sma adiwiyata mandiri di kabupaten mojokerto. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 3(3).
Aminah, S., Hasibuan, A., Afifa, E. A., & Bintang, A. A. A. (2023). Pengaruh Aktivitas Pembuangan Limbah Opak Terhadap Lingkungan Di Desa Tuntungan. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 3(2), 2729-2733.
Ardiyanto, R., Banowati, E., & Suharini, E. (2018). Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Siswa Pada Lingkungan Di SMA Negeri 1 Bandar Kabupaten Batang. Edu Geography, 6(2), 110-117.
Hidayatun, N. L. (2016). Studi Deskriptif Pelaksanaan Program Adiwiyata di SD Muhamadiyah Tonggalan Klaten. BASIC EDUCATION, 5(20), 1-945.
Iswari, R. D., & Utomo, S. W. (2017). Evaluasi Penerapan Program Adiwiyata Untuk Membentuk Perilaku Peduli Lingkungan di Kalangan Siswa (Kasus: SMA Negeri 9 Tangerang Selatan dan MA Negeri 1 Serpong). Jurnal Ilmu Lingkungan, 15(1), 35. https://doi.org/10.14710/jil.15.1.35-41
Kamil, P. A., Putri, E., & Ridha, S. (2019). Optimalisasi Environmental Literacy Pada Sekolah Adiwiyata di Kota Banda Aceh Untuk Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 4(2), 127-138. https://doi.org/10.32663/georaf.v4i2.1032
Kanji, H., Nursalam, N., Nawir, M., & Suardi, S. (2019). Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 4(2). https://doi.org/10.26618/jed.v4i2.2386
Koesnawan, F. N. Pelaksanaan dan Aplikasi Sekolah Berbasis Wawasan Lingkungan melalui Program Sekolah Adiwiyata Nasional pada Sekolah Swasta dan Negeri. Sintaksis, 1(3), 61-68.
Lestari, D., & Ain, S. Q. (2022). Peran Budaya Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 105-112 https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45124 .
Maryani, I. (2014). Evaluasi pelaksanaan program sekolah Adiwiyata ditinjau dari aspek kegiatan partisipatif di SDN Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 170-180. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i3.272
Mukani, M., & Sumarsono, T. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Berbasis Adiwiyata pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN Tambakberas Jombang. UIN Sunan Ampel Journal of Islamic Education, 5(2), 181-200. https://dx.doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.181-200
Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan pengetahuan lingkungan hidup dengan kesadaran lingkungan pada siswa sekolah adiwiyata. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 22-29. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.58
Narut, Y. F., & Nardi, M. (2019). Analisis sikap peduli lingkungan pada siswa kelas VI sekolah dasar di Kota Ruteng. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 259-266. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p259-266
Nugroho, W. A., Karyanto, P., & Nurmiyati, N. (2016). Pengembangan Subject Specific Pedagogy Berbasis Problem Based Learning Untuk Penguatan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas VII SMP. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 5(2), 31-42. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v5i2.5424
Rakhmawati, D., Prasetyo, A. P. B., & Ngabekti, S. (2016). Peran program Adiwiyata dalam pengembangan karakter peduli lingkungan siswa: Studi Kasus di SMK Negeri 2 Semarang. Unnes Science Education Journal, 5(1). https://doi.org/10.15294/usej.v5i1.9648
Rochmah, S. N. (2018). Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan Menggunakan Media POP UP Berbasis karakter Pada Siswa Kelas IA SD Muhammadiyah Pepe. BASIC EDUCATION, 7(26), 2-560.
Sari, M., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Kunci Pembentukan Karakter Religius. Adiba: Journal of Education, 3(3), 380-388.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Suryani, N., & Dafit, F. (2022). Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 415-423. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50730
Syarif, E., Maddatuang, M., Zhiddiq, S., Syamsunardi, S., & Badwi, N. (2023). PKM Pembinaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik. ARRUS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 22-29. https://doi.org/10.35877/454RI.abdiku1752
Tompodung, T. C. G., Rushayati, S. B., & Aidi, M. N. (2018). Efektivitas program adiwiyata terhadap perilaku ramah lingkungan warga sekolah di Kota Depok. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 8(2), 170-177. https://doi.org/10.29244/jpsl.8.2.170-177
Wahyuningtyas, D., & Harsasto, P. (2013). Evaluasi Program Adiwiyata di SMAN 11 Semarang. Journal of Politic and Government Studies, 2(3), 366-375.
Wardani, D. N. K. (2020). Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60-73. https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.6
Winata, F. M., Sahabuddin, E. S., & Atjo, S. E. P. (2023). Implementasi Program Adiwiyata Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Guru dan Siswa di UPT SPF SDN Minasaupa. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 1(1), 42-47.
Copyright (c) 2024 Muhammad Yusran Rahman, Nursalam Nursalam, Nurwahida As
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.