Pengaruh Model Pembelajaran Make and Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas IV SD Pinrang

Authors

  • Muhammad Zair Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Ilham Assidiq Universitas Muhammadiyah Enrekang
  • Rahmat Said Universitas Muhammadiyah Enrekang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4577

Keywords:

Model Pembelajaraan, Make and Match, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA, Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh model konstruktivis dan adaptasi pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas IV IPA. Model pembelajaran Make and Match merupakan metode yang mengintegrasikan permainan kartu edukatif untuk membantu siswa memahami materi secara interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode desain quasi eksperimen. Populasi statistik penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di salah satu sekolah dasar di pinrang dan sampel acak 20 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar yang didasarkan pada teori motivasi belajar yang dikembangkan oleh Prayoga. Data dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar antara kelompok eksperimen yang menggunakan model konstruktivis dan adaptif dengan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa yang diajar dengan model Make and Match lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran konstruktivis dapat efektif dan disesuaikan dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aswasulasikin, A., Dina Fadilah, F., & Nurdiati, N. (2017). Komparasi Model Pembelajaran Tebak Kata Dengan Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Islam Nw Lendang Bunga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Didika (Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar).

Dewi, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Motivasi siswa Pada Konsep Sistem Gerak Pada Manusia Di SMA Negeri 1 Bandar Baru. Jurnal Sains Riset, 7(1), 38–41. https://doi.org/10.47647/jsr.v7i1.13

Berlian, Z., Aini, K., & Hikmah, S. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMP Negeri 10 Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(1), 13-17. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i1.1335

Fitriani, A. A., Hidayat, F. A., & Suranti, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 60 Kabupaten Sorong. J. BASA (barom. Sains) Inov. Pembelajaran IPA, 2(2), 17-21.

Gading, I. K., & Dian Kharisma, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 153.

Situmorang, J., Siagian, A. F., & Sianturi, C. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas Iv Di UPTD SD Negeri 122390 Pematang Siantar. Journal Sains Student Research, 1(2), 191-198. https://doi.org/10.61722/jssr.v1i2.127

Maulida, I. S., Rahayu, D. W., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2020). Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Sd. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(1), 82.

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Nadliyah, A., Taufiq, M., Hidayat, M. T., & Kasiyun, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. Natural Science Education Research, 2(1), 33–39.https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.5559

Oktavani, F., Syamsurizal, S., Darussyamsu, R., & Selaras, G. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 5(3), 30.

Prasetyo, Y. A., Liza murniviyanti, & Eni Heldayani. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Make and Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iii Sd Negeri 89 Palembang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 159–166. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1438

Purwanti, S., & Saputri, N. D. (2020). Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Make a Match Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Karangploso. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 445–451. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.7286

Qaddafi, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Make a. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(1), 67–74.https://doi.org/10.24252/jpf.v10i1.27302

Riana, N. K. I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Dengan Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas III Gugus I Melinggih Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Sari, R. D. K., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Kraton pada Tema 6. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 208-220. https://doi.org/10.69896/modeling.v9i1.1206

Sari, S. P. (2020). Penggunaan Metode Make a Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EJoES (Educational Journal of Elementary School), 1(1), 19–24 DOI: https://doi.org/10.30596/ejoes.v1i1.4554.

Susanto, A., & Fatullah, A. (2018, July). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

Sutarniyati, P. (2016). Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan model make a match pada pelajaran IPA kelas V. Basic Education, 5(34), 3-211.

Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran Make a Match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52–59.https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579

Anggraeni, A. A. A., & Veryliana, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap motivasi dan hasil belajar matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218-225.https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552

Published

2024-11-29

How to Cite

Zair, M., Assidiq, I., & Said, R. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Make and Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas IV SD Pinrang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 611–620. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4577

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.