Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar melalui Pendekatan Keterampilan Proses

Authors

  • Erni Erni PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.1293

Keywords:

Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep perubahan sifat benda melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V SDN 31 Salotellue Kota Palopo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 orang, 14 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I kemampuan pemahaman konsep siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 51,5% dan berada pada kategori sangat rendah dengan pencapaian ketuntasan klasikal hanya 46,2%. Pada siklus II tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat menjadi 87% dan berada pada kategori tinggi dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep perubahan sifat benda dapat meningkat melalui pendekatan keterampilan pada siswa kelas V SDN 31 Salotellue Kota Palopo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2008). Teori Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses .Asy’ari, Muslichach. 2006. Penerapan Pendekatan STM. Jakarta: Depdiknas.

Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jakarta Depdiknas. Direktorl Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan

Depdiknas. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Hadiat. (1996). Metodologi Ilmu Pengetahuan. Bandung: Depdikbud.

Haryanto. (2006). Sains untuk Sekolah Dasar kelas V. Jakarta: Erlangga

Muhiria. (2008). Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Benda dalam Pembelajaran Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Kelas III SDN 2 Takimpo Kabupaten Buton Sulawesi-Tenggara. Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. UNM

Mulyasa,E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rodakarya.

Nurkancana, 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Salaga, S. (2003). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet

Samatowa, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Triatno, (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Published

2020-10-31

How to Cite

Erni, E. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(2), 133–138. https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.1293

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.