Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematika

  • Hardianto Hardianto Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Reski Pilu Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kooperatif, Think Pair Share, Pemahaman Konsep

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen (eksprimen semu) dan desain yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttest Design. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Pemahaman konsep matematika mahasiswa kelas 5C Program Studi PGSD sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share, (2) Pemahaman konsep matematika mahasiswa kelas 5C Program Studi PGSD setelah diterapkan model pembelajaran think pair share, dan (3) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share efektif terhadap pemahaman konsep matematika kelas 5C Program Studi PGSD. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaa pembelajaran dan tes pemahaman konsep. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman konsep matematika mahasiswa kelas 5C Program Studi PGSD sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berada pada kategori sangat rendah, (2 Pemahaman konsep matematika mahasiswa kelas 5C Program Studi PGSD setelah diterapkan model pembelajaran think pair share berada pada kategori tinggi, dan (3) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share efektif terhadap pemahaman konsep matematika kelas 5C Program Studi PGSD.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. ICONSS Proceeding Series, 281-284.

Depdiknas. 2007. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. ICONSS Proceeding Series, 202-208.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain score. American educational research association’s division measurement and research methodology.

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27-33.

Hutajulu, M., & Minarti, E. D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Advanced Mathematical Thinking Dan Habits Of Mind Mahasiswa Melalui Pendekatan Keterampilan Metakognitif. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 3(2), 177-194.

Jumarniati, J., Kartika, D. M. R., & Baharuddin, M. R. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA KULIAH PROGRAM LINEAR MELALUI LESSON STUDY. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 187-198.

Mufidah, L., Effendi, D., & Purwanti, T. T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 117-125.

Nurhadi. 2014. Bebagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurkancana dan Sumartana. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

O’Connel, Susan. 2007. Introduction to Connection. USA: Heinemann.

Sardiman. 2007. Intraksi Dan Motivasi Belajara Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150-163.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tiro dan Suradi. 2005. Model Pembelajaran dan Penerapanya Disekolah. Semarang: FMIPA-UNNES.

Turmudi. 2010. Pembelajaran Matematika Kinidan Kecenderungan Masa Mendatang. Bandung: JICA-FPMIPA.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresing. Kencana.

Published
31-10-2019
How to Cite
Hardianto, H., & Pilu, R. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 90 - 99. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.147