Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo pada Mata Kuliah Fisika Dasar

  • Rosmalah Yanti Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Erni Erni Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Kesulitan Belajar, Fisika Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa program studi pendidikan guru sekolah dasar pada mata kuliah fisika dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan angket dan tes uraian yang dibagikan kepada 95 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa PGSD disebabkan oleh faktor intern yaitu pada aspek intelegensi, mahasiswa berasumsi bahwa mata kuliah fisika dasar merupakan mata kuliah yang sulit serta mahasiswa belum mampu memecahkan masalah-masalah yang terkait dengan konsep-konsep fisika dasar yang telah diperoleh pada proses perkuliahan. Keinginan mahasiswa untuk mempelajari kembali mata kuliah fisika dasar saat tidak berada di dalam kelas juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pada aspek motivasi, meskipun mahasiswa merasa bahwa tenaga pengajar telah menguasai materi dan menjelaskan materi dengan sangat baik akan tetapi masih ada beberapa mahasiswa yang terkendala dalam memahami penjelasan tersebut. Metode pembelajaran serta penggunaan alat peraga pada saat proses pembelajaran telah diterapkan dengan baik juga cukup membantu mengurangi kesulitan belajar yang dialami oleh mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arief, M. K., Handayani, L., & Dwijananti, P. (2012). Identifikasi Kesulitan Belajar Fisika Pada Siswa RSBI: Studi Kasus Di RSMABI Se Kota Semarang. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(2).

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal penelitian fisika dan aplikasinya (JPFA), 5(2), 44-50.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Kusairi, S. (2012). Analisis asesmen formatif fisika sma berbantuan komputer. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16, 68-87.

Mahrus, A. (2013). Mengatasi Kesulitan Belajar melalui Klinik Pembelajaran (Studi Analisis pada Mata Pelajaran Fisika). KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 263-294.

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29.

Setyono, A., Nugroho, S. E., & Yulianti, I. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Memecahkan Masalah Fisika Berbentuk Grafik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 32-39.

Wijayanti, P. I., & Hindarto, N. (2010). Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Cahaya dan Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Published
31-10-2019
How to Cite
Yanti, R., & Erni, E. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 73 - 79. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.142