Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar melalui Pendekatan Keterampilan Proses
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.322020.1293Keywords:
Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep perubahan sifat benda melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas V SDN 31 Salotellue Kota Palopo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 orang, 14 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I kemampuan pemahaman konsep siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 51,5% dan berada pada kategori sangat rendah dengan pencapaian ketuntasan klasikal hanya 46,2%. Pada siklus II tingkat kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat menjadi 87% dan berada pada kategori tinggi dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pemahaman konsep perubahan sifat benda dapat meningkat melalui pendekatan keterampilan pada siswa kelas V SDN 31 Salotellue Kota Palopo
Downloads
References
Ali, M. (2008). Teori Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses .Asy’ari, Muslichach. 2006. Penerapan Pendekatan STM. Jakarta: Depdiknas.
Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar. Jakarta Depdiknas. Direktorl Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan
Depdiknas. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Hadiat. (1996). Metodologi Ilmu Pengetahuan. Bandung: Depdikbud.
Haryanto. (2006). Sains untuk Sekolah Dasar kelas V. Jakarta: Erlangga
Muhiria. (2008). Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Benda dalam Pembelajaran Sains melalui Pendekatan Keterampilan Proses Siswa Kelas III SDN 2 Takimpo Kabupaten Buton Sulawesi-Tenggara. Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. UNM
Mulyasa,E. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rodakarya.
Nurkancana, 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Salaga, S. (2003). Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabet
Samatowa, U. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA di SD. Jakarta: Depdiknas.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Triatno, (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual Di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.