Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu Berbasis Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Berbicara Kelas V SDN 19 Malela Kabupaten Luwu

  • Rahmatiah Rahmatiah Universitas Muhammadiyah Makassar
Keywords: Tari Bambu, Keterampilan Proses, Kemampuan Berbicara, Model Pembelajaran

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Model Tari Bambu berbasis keterampilan proses terhadap kemampuan berbicara siswa Kelas V SD Negeri 19 Malela Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini merupakan peneilitian eksperimen dengan memberikan pretest dan posttest.  Hasil analisis data tes hasil belajar menunjukan bahwa tingkat kemampuan siswa kelas V sebelum diterapkan strategi pembelajaran model Tari Bambu berbasis keterampilan proses dikategorikan rendah dengan presentase sangat rendah 20%, rendah 35%, sedang 15%, tinggi 5% dan sangat tinggi 25% dengan rata-rata 63,95. Hasil belajar setelah diterapkan strategi pembelajaran model Tari Bambu berbasis keterampilan proses dikategorikan sangat rendah 10%, rendah 5%, sedang 15%, tinggi 10%, dan sangat tinggi 60% dengan rata-rata 85,4. Hal ini membuktikan bahwa penerapan strategi pembelajaran mode Tari Bambu berbasis keterampilan proses berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aqib, Z. (2013). Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya.

Komalasari, K. (2014). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Adiatma.

Kundharu, S. & Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Lie, A. (2014). Cooperative Learning. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin, S. & Andriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Subana & Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. (pendekatan kuantitaif, kualitatif dan R & D . Alfabeta: Bandung.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tarigan, H. G. (2013). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.

Tarigan, H. G. (2013). 2014. Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progestif. Jakarta: Prenada Media Grup

Published
26-10-2021
How to Cite
Rahmatiah, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu Berbasis Keterampilan Proses Terhadap Kemampuan Berbicara Kelas V SDN 19 Malela Kabupaten Luwu. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 4(2), 127-132. https://doi.org/10.30605/cjpe.422021.1453