Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SDN 3 Surutanga Kota Palopo

  • Ika Nurbaya Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Erni Erni Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sunardin Sunardin Universitas Cokroaminoto Palopo
Keywords: Evaluasi Program, Penguatan Pendidikan Karakter, CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan capaian program penguatan Pendidikan karakter dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, ekstrakurikuler dan kegiatan penerapan program pembudayaan di SDN 3 Surutanga Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process and Product) sebagai alat untuk melakukan evaluasi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu deskriptif Pengumpulan data pada proses evaluasi yaitu wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang diperoleh yaitu dari kepala sekolah, wali kelas, guru maple dan peserta didik. Wali kelas 4  kelas  5, guru maple 1 orang dan peserta didik sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Pendidikan karakter telah mencapai hasil yang sangat baik di laksanakan oleh warga sekolah. Diantarannya pada tahapan konteks (context) berada pada kategori tinggi yaitu 81%, tahapan masukan (input) berada pada kategori tinggi 83%, pada tahapan proses (process) berada pada kategori tinggi yaitu 82% dan tahapan hasil (product) berada pada kategori tinggi yaitu 100%. Secara keseluruhan program Pendidikan karakter telah mencapaian standar kriteria. Namun terdapat beberapa fokus yang perlu ditingkatkan yaitu: 1) Kepala sekolah membuat SK tim pelaksana tugas pendidikan karakter, 2) Guru lebih meningkatkan penerapan nilai-nilai dalam kegiatan di sekolah, 3) peserta didik menjalankan nilai-nilai karakter yang diterpakan di sekolah dengan baik dan aktif berpartidipasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahsan, A. (2018). Strategi Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al-Syukron Ciputat, Tangerang Selatan, www.repositiry.uinjkt.ac.id.

Andrianto, A., & Suyitno, S. (2021). Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sd Muhammadiyah Pandes Program Plus Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(1), 48-62. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i1.3226

Andriyani, S. E. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manejemen Pendidikan, 1 (2): 238-244. http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22018p238

Arifin. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Barnawi & M. Arifin. (2012). Strategi dan kebijakan pembelajaran pendidikan karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Basyaruddin, N. Y., & Rifma, R. (2020). Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 4-20. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3498

Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234. http://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721

Desain Induk. (2010). Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Erni dan Kilawati, A. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Cokroaminoto Journal Elementary Education 2 (1) 11-15. https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.102

Erni. (2020). Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 dari Segi Input di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Cokroaminoto Journal Elementary Education 3 (1) 35-39. https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.284

Faiz, A., & Soleh, B. Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan Menyanyikan Lagu-Lagu Kebangsaan. Jurnal Education And Development, 8(3). https://doi.org/10.37081/ed.v8i3.1905

Gunawan. (2017). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamidah, L. Y., Wahidin, D., & Handayani, S. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan melalui Pembelajaran dengan Memanfaatkan Media Loose Parts pada Anak Usia Dini. Edukasi: Journal of Educational Research, 2(1), 120-137. https://doi.org/10.57032/edukasi.v2i1.123

Harun, C. Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 302–308. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752

Jadid, S., & Widodo, H. (2023). Evaluasi program penguatan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Pakel Plus Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1). http://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.5 3206

Jaelani, A., & Asvio, N. (2019, February). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Kardinus, W. N. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 31-40. https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6971

Kemendikbud, K. (2017a). Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter. Jakarta.

Kemendikbud, K. (2017b). Modul pelatihan penguatan pendidikan karakter. Jakarta.

Kemendikbud, K. (2017c). Panduan penilaian penguatan pendidikan karakter. Jakarta.

Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.

Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal kependidikan, 5(2), 200-215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109

Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen program penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302-312. http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i32018p302

Miharja, F. J., Kusumawardana, A. S., & Setiawan, A. (2020). Evaluasi Program Penguatan Karakter: Studi pada Sekolah Non-Piloting PPK di Kota Malang. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 7-22. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.14476

Nugraheny, U. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Wiyoro 1 dan SDN Bogoharjo 1 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 162-172. https://doi.org/10.25078/aw.v5i2.1475

Putri, N. A. (2011). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran sosiologi. Jurnal Komunitas, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i2.2317

Suparno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 62–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21675

Wiratnyana, I. M., Yudana, I. M., & Divayana, D. G. H. (2020). Evaluasi pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 139-148. https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3427

Wirawan. (2016). Evaluasi Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi Dan Profesi. Jakarta : Rajawali Pers

Yulianto, D., Sayekti, L. A., & Sugiyanto, S. (2020). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Kabupaten Kulon Progo. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 8(2), 103-112. http://doi.org/10.31289/publika.v8i2.4313

Published
30-04-2024
How to Cite
Nurbaya, I., Erni, E., & Sunardin, S. (2024). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SDN 3 Surutanga Kota Palopo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(1), 35-44. https://doi.org/10.30605/cjpe.712024.2527
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)