Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SDN 3 Surutanga Kota Palopo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripiskan capaian program penguatan Pendidikan karakter dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, ekstrakurikuler dan kegiatan penerapan program pembudayaan di SDN 3 Surutanga Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process and Product) sebagai alat untuk melakukan evaluasi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu deskriptif Pengumpulan data pada proses evaluasi yaitu wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang diperoleh yaitu dari kepala sekolah, wali kelas, guru maple dan peserta didik. Wali kelas 4 kelas 5, guru maple 1 orang dan peserta didik sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Pendidikan karakter telah mencapai hasil yang sangat baik di laksanakan oleh warga sekolah. Diantarannya pada tahapan konteks (context) berada pada kategori tinggi yaitu 81%, tahapan masukan (input) berada pada kategori tinggi 83%, pada tahapan proses (process) berada pada kategori tinggi yaitu 82% dan tahapan hasil (product) berada pada kategori tinggi yaitu 100%. Secara keseluruhan program Pendidikan karakter telah mencapaian standar kriteria. Namun terdapat beberapa fokus yang perlu ditingkatkan yaitu: 1) Kepala sekolah membuat SK tim pelaksana tugas pendidikan karakter, 2) Guru lebih meningkatkan penerapan nilai-nilai dalam kegiatan di sekolah, 3) peserta didik menjalankan nilai-nilai karakter yang diterpakan di sekolah dengan baik dan aktif berpartidipasi.
Downloads
Metrics
References
Ahsan, A. (2018). Strategi Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Al-Syukron Ciputat, Tangerang Selatan, www.repositiry.uinjkt.ac.id.
Andrianto, A., & Suyitno, S. (2021). Evaluasi Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di Sd Muhammadiyah Pandes Program Plus Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 4(1), 48-62. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v4i1.3226
Andriyani, S. E. (2018). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manejemen Pendidikan, 1 (2): 238-244. http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22018p238
Arifin. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Barnawi & M. Arifin. (2012). Strategi dan kebijakan pembelajaran pendidikan karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Basyaruddin, N. Y., & Rifma, R. (2020). Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 4-20. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i1.3498
Darmayanti, S. E., & Wibowo, U. B. (2014). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 223-234. http://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2721
Desain Induk. (2010). Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Erni dan Kilawati, A. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Cokroaminoto Journal Elementary Education 2 (1) 11-15. https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.102
Erni. (2020). Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 dari Segi Input di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Cokroaminoto Journal Elementary Education 3 (1) 35-39. https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.284
Faiz, A., & Soleh, B. Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan Menyanyikan Lagu-Lagu Kebangsaan. Jurnal Education And Development, 8(3). https://doi.org/10.37081/ed.v8i3.1905
Gunawan. (2017). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hamidah, L. Y., Wahidin, D., & Handayani, S. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Cinta Lingkungan melalui Pembelajaran dengan Memanfaatkan Media Loose Parts pada Anak Usia Dini. Edukasi: Journal of Educational Research, 2(1), 120-137. https://doi.org/10.57032/edukasi.v2i1.123
Harun, C. Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3), 302–308. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i3.2752
Jadid, S., & Widodo, H. (2023). Evaluasi program penguatan pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Pakel Plus Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1). http://doi.org/10.21831/jpka.v14i1.5 3206
Jaelani, A., & Asvio, N. (2019, February). Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Kardinus, W. N. (2022). Implementasi Program Pendidikan Karakter Untuk Membangun Sikap Kepedulian Sosial. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 16(1), 31-40. https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6971
Kemendikbud, K. (2017a). Konsep dan pedoman penguatan pendidikan karakter. Jakarta.
Kemendikbud, K. (2017b). Modul pelatihan penguatan pendidikan karakter. Jakarta.
Kemendikbud, K. (2017c). Panduan penilaian penguatan pendidikan karakter. Jakarta.
Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum Perbukuan.
Khamalah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah. Jurnal kependidikan, 5(2), 200-215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109
Maisaro, A., Wiyono, B. B., & Arifin, I. (2018). Manajemen program penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 302-312. http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i32018p302
Miharja, F. J., Kusumawardana, A. S., & Setiawan, A. (2020). Evaluasi Program Penguatan Karakter: Studi pada Sekolah Non-Piloting PPK di Kota Malang. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 7-22. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.14476
Nugraheny, U. (2020). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di SDN Wiyoro 1 dan SDN Bogoharjo 1 Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 162-172. https://doi.org/10.25078/aw.v5i2.1475
Putri, N. A. (2011). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran sosiologi. Jurnal Komunitas, 3(2), 205–215. https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i2.2317
Suparno. (2018). Analisis Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Smart Siswa di Sekolah Islam Terpadu. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 62–73. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21675
Wiratnyana, I. M., Yudana, I. M., & Divayana, D. G. H. (2020). Evaluasi pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(2), 139-148. https://doi.org/10.23887/japi.v11i2.3427
Wirawan. (2016). Evaluasi Teori, Model, Metodologi, Standar, Aplikasi Dan Profesi. Jakarta : Rajawali Pers
Yulianto, D., Sayekti, L. A., & Sugiyanto, S. (2020). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter di Kabupaten Kulon Progo. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 8(2), 103-112. http://doi.org/10.31289/publika.v8i2.4313
Copyright (c) 2024 Ika Nurbaya, Erni Erni, Sunardin Sunardin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.