Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng

Authors

  • Erni Erni Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Andi Kilawati Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.102

Keywords:

Evaluasi konteks Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dari segi konteks (latar belakang, tujuan, lingkungan sekolah, dan kebutuhan pada pembelajaran kurikulum 2013) di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian jenis evaluasi yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng dengan menggunakan metode analisis secara kuantitatif bersifat deskriptif. Data yang dikaji bersumber dari kepala sekolah, guru kelas 1, 4, dan 5, dan siswa berjumlah 37 orang, 18 laki-laki dan 19 perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang telah melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (indikator latar belakang dan tujuan pembelajaran), observasi (indikator lingkungan dan kebutuhan pada pembelajaran kurikulum 2013), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen konteks pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan kepala sekolah dan guru masuk dalam kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-

Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.

Darling, L. & Hammond. 2000. Teacher Quality and Student Achievement: A Reviiew of State Policy Evedence. Education Policy Analysis Archies. Volume 8 Number 1. Diambil pada tanggal 17 Pebruari 2018 dari http://.epas.asu.edu/epas/v8ni

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta. Puskur Balitbang.

E. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya.

Erni. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 158 Watallipu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Palopo. Prosiding Seminar Nasional UNCP. Volume 2 Nomor 1.

Hadiyanto dan Subiyanto. 2003. Pengembalian Kebebasan Guru untuk Mengkreasikan Iklim Kelas dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.040 Januari 2003. Jakarta. Depdiknas.

Mardapi, D. 2012. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta. Nuha Medika.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. CV. Alfabeta

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Stufflebeam, Daniel. L. 1981. Standar for Evaluations of Educational Program, Project and Material. New York. Mc Grow-Hill Book Company.

Sutirjo dan Sri Istuti Mamik. 2005. Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang. Bayumedia Publishing.

Tayibnapis, F. Y. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.

Trianto, 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta. PT. Prestasi Pustakaraya.

Trianto, 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta. Prenada Media Group.

Downloads

Published

2019-04-30

How to Cite

Erni, E., & Kilawati, A. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.102

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.