Evaluasi Program Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.122019.102Keywords:
Evaluasi konteks Kurikulum 2013Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 dari segi konteks (latar belakang, tujuan, lingkungan sekolah, dan kebutuhan pada pembelajaran kurikulum 2013) di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian jenis evaluasi yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng dengan menggunakan metode analisis secara kuantitatif bersifat deskriptif. Data yang dikaji bersumber dari kepala sekolah, guru kelas 1, 4, dan 5, dan siswa berjumlah 37 orang, 18 laki-laki dan 19 perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang telah melaksanakan pembelajaran kurikulum 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara (indikator latar belakang dan tujuan pembelajaran), observasi (indikator lingkungan dan kebutuhan pada pembelajaran kurikulum 2013), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen konteks pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri 33 Solie Kabupaten Soppeng berdasarkan hasil wawancara dan observasi dengan kepala sekolah dan guru masuk dalam kategori baik.
Downloads
References
Baharuddin, M. R., & Jumarniati, J. (2018). Pola Interaksi Belajar Matematika Siswa Berkemampuan Awal Rendah dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Al-
Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 149-156.
Darling, L. & Hammond. 2000. Teacher Quality and Student Achievement: A Reviiew of State Policy Evedence. Education Policy Analysis Archies. Volume 8 Number 1. Diambil pada tanggal 17 Pebruari 2018 dari http://.epas.asu.edu/epas/v8ni
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta. Puskur Balitbang.
E. Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya.
Erni. 2015. Evaluasi Program Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri 158 Watallipu Kecamatan Donri-Donri Kabupaten Soppeng. Palopo. Prosiding Seminar Nasional UNCP. Volume 2 Nomor 1.
Hadiyanto dan Subiyanto. 2003. Pengembalian Kebebasan Guru untuk Mengkreasikan Iklim Kelas dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No.040 Januari 2003. Jakarta. Depdiknas.
Mardapi, D. 2012. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta. Nuha Medika.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. CV. Alfabeta
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Stufflebeam, Daniel. L. 1981. Standar for Evaluations of Educational Program, Project and Material. New York. Mc Grow-Hill Book Company.
Sutirjo dan Sri Istuti Mamik. 2005. Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004. Malang. Bayumedia Publishing.
Tayibnapis, F. Y. 2008. Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta.
Trianto, 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta. PT. Prestasi Pustakaraya.
Trianto, 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta. Prenada Media Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.