Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Pendekatan Konstruktivisme Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kombeli Kabupaten Buton

  • Safiudin Safiudin Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Pendekatan, Konstruktivisme, Hasil Belajar IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Kombeli Kabupaten Buton, (2) untuk mengetahui penerapan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 2 Kombeli Kabupaten Buton. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kombeli Kabupaten Buton yang berjumlah 29 siswa, terdiri 13 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes atau evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran IPS, diperoleh sebanyak 5 siswa (20%) tuntas dan 20 siswa (80%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 60%. Namun setelah pembelajaran dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar siklus I menyatakan sebanyak 13 siswa (52%) tuntas dan 12 siswa (48%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 70,24%. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 22 siswa (88%) tuntas dan 3 siswa (12%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 81,44%. Dengan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa yang telah mencapai 88% maka dinyatakan bahwa standar keberhasilan telah mencapai 75% dan tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abimayu. (2008). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Acoci, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Kecamatan Kulisusu Barat Kabupaten Buton Utara. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 1-14.

Aswat, H. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Metode Diskusi Kelompok Terpusat (Focus Group Discussion) terhadap Motivasi Belajar IPS Murid Kelas V SD Negeri II Bone-Bone Kota Baubau. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01).

Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019, October). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 281-284).

Darmadi. (2013). Metode dan Model-model Pembelajaran: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019, October). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 202-208).

Hardianto, H., & Baharuddin, M. R. (2019). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran PAIKEM Gembrot terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(1), 27-33.

Sanjaya. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sarlin, M. (2018). Analisis Minat Belajar Siswa terhadap PERubahan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 104 Kota Utara Kota Gorontalo. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 1(1), 58-66.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. (2008). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Menfajar. Bandung: Sinar Baru Aglesindo

Tarihoran, N. (2012), Pendidikan Profesi guru dan Mutu Pendidikan. Primary: Jurnal Keilmuan dan Pendidikan Dasar, 4(2), 113-122.

Yunus. (2009). Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Prees.

Published
27-04-2020
How to Cite
Safiudin, S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPS Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Melalui Pendekatan Konstruktivisme Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kombeli Kabupaten Buton. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 3(1), 12 - 22. https://doi.org/10.30605/cjpe.312020.282
Section
Articles