SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: PENDEKATAN INOVATIF DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7063

Authors

  • Ilham Kurniawan Universitas Sulawesi Barat
  • irmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Atika Saridewi Universitas Sulawesi Barat
  • Marwa Universitas Sulawesi Barat
  • Mirna Universitas Sulawesi Barat
  • Nurmawansa Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

Pendekatan inovatif, Kesulitan belajar matematika, Teknologi pembelajaran, Gamifikasi, Design thinking

Abstract

Kesulitan belajar matematika merupakan tantangan serius dalam sistem pendidikan Indonesia yang memerlukan pendekatan inovatif untuk mengatasinya. Penelitian ini mengkaji literatur terkait berbagai pendekatan inovatif yang telah dikembangkan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa. Melalui analisis sistematis terhadap 15 artikel penelitian dari jurnal nasional dan internasional yang diterbitkan antara 2020-2024, penelitian ini mengidentifikasi lima pendekatan inovatif utama: teknologi pembelajaran digital dan adaptif, pembelajaran berbasis permainan (gamifikasi), pendekatan design thinking, pembelajaran diferensiasi, dan manipulatif visual dan hands-on learning. Hasil menunjukkan bahwa pendekatan teknologi digital menunjukkan efektivitas tertinggi dengan peningkatan hasil belajar hingga 65%, diikuti oleh gamifikasi (58%) dan pendekatan manipulatif (52%). Namun, implementasi masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, kurangnya pelatihan guru, dan kesenjangan akses teknologi. Penelitian merekomendasikan pengembangan model pembelajaran hibrid yang mengintegrasikan berbagai pendekatan inovatif dengan mempertimbangkan konteks lokal dan karakteristik siswa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggo, M., Masi, L., & Haryani, M. (2021). The Use of Metacognitive Strategies in Solving Mathematical Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1752(1).

Civitillo, S., De Cock, M., & Verschueren, K. (2016). The role of teacher behavior management in the development of disruptive behaviors: An intervention study with the good behavior game. Journal of School Psychology, 57, 29-43.

Karimah, C. D., Cahyadi, F., & Subekti, E. E. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III Materi Pengukuran Waktu SD Negeri Tlogosari Wetan 02 Semarang. Jurnal Sinektik, 4(1), 21-35.

Komalasari, M. D., & Wihaskoro, A. M. (2017). Mengatasi Kesulitan Memahami Soal Cerita Matematika Melalui Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Prosiding SEMNAS PGSD, 1-12.

Lee, C. Y., & Lai, C. L. (2024). Facilitating Mathematical Argumentation by Gamification: A Gamified Mobile Collaborative Learning Approach for Math Courses. International Journal of Science and Mathematics Education.

Muhsana, N., & Diana, H. A. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Berbasis Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(1), 41-52.

Parsons, S. A., Dodman, S. L., & Burrowbridge, S. C. (2018). Broadening the view of differentiated instruction. Phi Delta Kappan, 99(6), 38-42.

Sianturi, A., & Dewi, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 145-158.

Valiandes, S., & Neophytou, L. (2018). Teachers' professional development for differentiated instruction in mixed‐ability classrooms: Investigating the impact of a development program on teachers' professional learning and on students' achievement. Teacher Development, 22(1), 123-138.

Watts, T. W., Duncan, G. J., Siegler, R. S., & Davis-Kean, P. E. (2014). What's past is prologue: Relations between early mathematics knowledge and high school achievement. Educational Researcher, 43(7), 352-360.

Downloads

Published

2025-10-10

How to Cite

Kurniawan, I., irmawati, irmawati, Saridewi, A., Marwa, M., Mirna, M., & Nurmawansa, N. (2025). SYSTEMATIC LITERATUR REVIEW: PENDEKATAN INOVATIF DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1400–1407. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7063

Most read articles by the same author(s)