PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI KOMPOSISI FUNGSI
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7116
Keywords:
Deep Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah, Komposisi Fungsi, Pembelajaran MatematikaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh pendekatan Deep Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas XI MAS DDI BARUGA pada materi komposisi fungsi. Jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain pre-experiment dan rancangan one shot case study yang digunakan dalam penelitian ini. Dengan teknik purposive sampling, dipilih sampel penelitian sebanyak 21 siswa kelas XI. Instrumen pada penelitian berupa post-test kemampuan pemecahan masalah dan angket motivasi belajar. Berbantuan IBM SPSS Statistics 23 dan Microsoft Excel 21, data dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan uji One Sample T-Test. Diperoleh hasil penelitian bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa 42,14 dengan mayoritas siswa (57,14%) berada dalam kategori sedang. Sementara itu, rata-rata motivasi belajar siswa 61,00 dengan 76,19% siswa berada dalam kategori sedang. Berdasarkan uji One Sample T-test, terdapat perbedaan signifikan (p < 0,05) antara skor siswa dan standar yang ditetapkan (KKM 75) walaupun capaian siswa masih di bawah standar. Hal ini mengindikasikan bahwa meskipun pendekatan Deep Learning berpotensi memberikan pengaruh, implementasinya masih memerlukan penyesuaian dan optimalisasi lebih lanjut untuk mencapai hasil yang optimal.
Downloads
References
Alfaruqi, A. Z., & Nurwahidah. (2025). Reflection on Indonesia’s PISA Scores and the 2024 Madrasah Teacher Competency Assessment Results: Challenges in Enhancing Teacher Competence. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 15(1), 11–19. https://doi.org/10.37630/jpi.v15i1.2559
Barokah, N., & Mahmudah. Umi. (2025). Transformasi Pembelajaran Matematika SD Melalui Deep Learning: Strategi untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi. Bilangan : Jurnal Ilmiah Matematika, Kebumian Dan Angkasa, 3(3), 48–61. https://doi.org/10.62383/bilangan.v3i3.521
Depari, F. W. S. br. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 250–260.
Farhan Arib, M., Suci Rahayu, M., Sidorj, R. A., & Win Afgani, M. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 5497–5511. https://j-innovative.org/index.php/Innovative
Firdaus, F., & Ritonga, H. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Pembelajaran Matematika dari Perspektif Islam: Telaah Materi Pembelajaran Operasi Bilangan Bulat. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 72–79. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9780
Hesti, N., & Erita, S. (2023). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika Siswa dalam menyelesaikan soal pada fungsi komposisi dan invers. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 127–138. https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2785
Izzah, N., Aswai’daiyah, Fitri, K. R., & Farhurohman, O. (2025). KAJIAN LITERATUR : MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Renjana Pendidikan Dasar, 5(3), 209–219.
Kamberi, M. (2025). The types of intrinsic motivation as predictors of academic achievement: the mediating role of deep learning strategy. Cogent Education, 12(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2025.2482482
Maharani, L., Riyadi, A. R., & Maulida, N. (2025). DEEP LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD (Vol. 10).
Mailani, E., Rarastika, N., Jannah, M., Heriani, N. A., & Zendrato, W. E. (2025). Pemanfaatan Strategi Deep Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dasar Siswa Sekolah Dasar: Studi Literatur. JIIC : Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(6), 12349–12354. https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Muthmainnah, S., Fatmawati, L., Krismilah, T., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas 3B SDN Tegalrejo 3 Yogyakarta.
Mutialawati, E., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Soal Pisa Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Educatio, 10(4), 1071–1083.
Mutmainnah, N., Adrias, & Zulkarnaini, A. P. (2019). IMPLEMENTASI PENDEKATAN DEEP LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 858–871.
Natsir, S. R. (2025a). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR: STUDI DESKRIPTIF PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM KERANGKA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(9), 2025.
Natsir, S. R. (2025b). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR: STUDI DESKRIPTIF PENDEKATAN DEEP LEARNING DALAM KERANGKA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(9), 2025.
Pramesti, P., & Ferdianto, F. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(2), 74–79. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.25243
Rahim, A., & Ismaya, B. (2023). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Tantangan dan Peluang. JSE: Journal Sains and Education, 1(3), 88–96.
Rustella, F., & Chotimah, S. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL STATISTIKA BERDASARKAN LEVEL KEMAMPUAN SISWA SMP KELAS VIII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6, 1737–1746. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.18513
Septiana, A., Oktapiyani, L., & Sagiman. (2023). PENERAPAN SOFTWARE CONSTRUCT 2 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SMP. Differential: Journal on Mathematics Education, 1(2), 126–138.
Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel: Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657
Wahyudi, D. A. (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN DEEP LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMA DHARMA PANCASILA MEDAN. In Jurnal Inovasi Pendidikan PEDAGOGI (Vol. 1, Issue 1).
Waruwu, L., Gulo, Y., Halawa, S., & Zalukhu, N. M. (2024). Analisis Mendalam terhadap Perubahan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa melalui Kurikulum Merdeka. In Journal of Education Research (Vol. 5, Issue 3).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 