SYSTEMATIC LYTERATUR REVIEW : PjBL BERBANTUAN CODING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMA\SMK
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7060
Keywords:
Project Based Learning, Coding, Pemrograman, Pembelajaran Matematika, Computational Thinking.Abstract
Di tingkat SMA/SMK, pembelajaran matematika masih menantang dalam membangun pemahaman konseptual yang mendalam. Siswa sering mengalami kesulitan untuk memahami konsep abstrak dan sulit menerapkan matematika dalam situasi kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan systematic literature review mengenai penerapan Project Based Learning (PjBL) berbantuan coding pada pembelajaran matematika tingkat SMA/SMK. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan dengan mengumpulkan 10 artikel dari beberapa database seperti Google Scholar, Scopus, Garuda, SINTA, dan Semantic Scholar yang dipublikasikan tahun 2015-2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan PjBL dengan bantuan coding meningkatkan berbagai aspek pembelajaran matematika, termasuk literasi numerik, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan berpikir kritis dan kreatif, dan kemampuan mereka untuk berkolaborasi dalam pembelajaran yang kontekstual, bermakna, dan kontekstual.. Meskipun demikian, keberhasilan pelaksanaan bergantung pada ketersediaan infrastruktur teknologi yang memadai serta peningkatan kemampuan guru untuk memasukkan coding ke dalam pembelajaran matematika.
Downloads
References
Afsari, S., Safitri. I., Harahap. S. K., & Munthe, L, S. (2021). Systematic Literature Review: Efektifitass Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Pembelaharan Matematika. IJI Publication, 1(3).
Amadeus, M, V. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi dan Ketahanan Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pembelajaran Indonesia Bandung.
Andriani, S., Rambitan, V. M., Tindangen, M., & Herliani, H. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sman 9 Samarinda. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 16(1), 12. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v16i1.10507
Astuti, A., Syahza, A., & Putra, Z. H. (2023). Penelitian Computational Thinking Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 363. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5860
Azizah, R. N., & Abadi, A, P. (2022). Kajian Pustaka: Ketahanan Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pemrograman. Matematika Didaktis, 4(1), 104-110.
Faslia, Aswat. H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 7(6), 3895 – 3904.
Ginting, S. W. B., & Sihombing, W. L. (2023). Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023. In Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Pancur Batu (Issue November).
Helsa, Y., Juandi, D., & Turmudi. (2023). Computational Thinking Skills Indicators in Number Patterns Jurnal Pendidikan Matematika, 17(2). DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.17.2.20042.167-188
Hussein, Y. F. (2022). Conceptual Knowledge and Its Importance in Teaching Mathematics. Middle Eastern Journal of Research in Education and Social Sciences, 3(1). DOI: https://doi.org/ 10.47631/mejress.v3i1.445.
Juandi, D., & Suparman, S. (2025). The utilization of computer-assisted mathematics education integrated into project-based learning to optimize Indonesian students ’ mathematics achievement : A systematic review and meta- analysis. International Electronic Journal of Mathematics Education, 20(4).
Mahayani, L. R., & Sukajaya, I. N. (2025). Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and, Mathematics Berbasis Proyek Based learnin.. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(2), 473–483.
Permana, I. W. B., Wirawan, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2017). Learning Pada Mata Pelajaran Pemograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL di SMk Negeri 2 Tabanan. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(2), 140–154. https://www.researchgate.net/publication/334246666_Pengembangan_E-
Prasetyo, S. Y., Rahmadiyanti, T., Sunardo, T. A., L, T. A. A., & Ismayanti, T. (2025). Pengaruh Model PJBL Terhadap Kompetisi Pemograman Dasar Berbantuan MIT APP INVENTOR. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 10(1), 8–17.
Satriawati, G., Kholis, N., Dwirahayu, G., & Sobiruddin, D. (2023). Pengembangan Bahan ajar transformasi geometri berbantuan website: Pendekatan Project-Based-Learning Mozaik Geometri. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.23581
Siringoring, R, G, & Alfaridzi, M, Y. 2024. Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 66-76. DOI: https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854.
Suantara, K. D., Darmawiguna, I. G. M., & Sugihartini, N. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Grafik Kelas Xii Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2), 404. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18632
Susanto, A. 2016. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Pranadamadia Group.
Susilo, A., Anwar, K., dan Djono. (2024). Transformasi Paradigma Pembelajaran Sejarah Pada Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 7(2). DOI: https://doi.org/10.31539/kaganga.v7i2.12559.
Suwanto, A. H., Harahap, A., Hulwa, & Gukguk, R, J, R. (2025). Pemanfaatan Bahasa Pemrograman dalam Pembelajaran Matematika: Tinjauan Literatur terhadap Inovasi Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2), 14824-14827.
Suwanto, S., Zega, N., Fitri, A., & Siddik, M. (2025). Implementasi Softwere Python Terhadap Pembelajaran Matematika Tingkat SMA: Studi Literatur. Invention: Journal Research and Education Studies, 6(3), 306–314. https://doi.org/10.51178/invention.v6i1.2537
Taufik, M., Rokhmat, J., & Zuhdi, M. (2024). Improving Students’ Numerical Literacy Through Project-Based Learning (PjBL) in Pascal Programming Course. International Journal of Contextual Science Education, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.29303/ijcse.v1i1.549
Widyaskumara, D. D., Perdana, D. M., Sekartadji, D. I., & Rohmawati, E. P. (2025). Penggunaan Kartu Blocks Pallete Terintegrasi Game Scratch untuk Memperkenalkan Konsep Pemrograman Secara Visual dan Interaktif pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Akuntansi 3. Jurnal Simki Pedagogia, 8(2), 407–418. https://doi.org/10.29407/jsp.v8i2.1110.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 