SYSTEMATIC LYTERATUR REVIEW : PjBL BERBANTUAN CODING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMA\SMK

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7060

Authors

  • Adinda Universitas Sulawesi Barat
  • Irmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Sastri Universitas Sulawesi Barat
  • Susmi Hartiwi Universitas Sulawesi Barat
  • Zalfa Atiqah Universitas Sulawesi Barat
  • Haerani Rahman Universitas Sulawesi Barat
  • Nurzahrani Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

Project Based Learning, Coding, Pemrograman, Pembelajaran Matematika, Computational Thinking.

Abstract

Di tingkat SMA/SMK, pembelajaran matematika masih menantang dalam membangun pemahaman konseptual yang mendalam. Siswa sering mengalami kesulitan untuk memahami konsep abstrak dan sulit menerapkan matematika dalam situasi kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan systematic literature review mengenai penerapan Project Based Learning (PjBL) berbantuan coding pada pembelajaran matematika tingkat SMA/SMK. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan dengan mengumpulkan 10 artikel dari beberapa database seperti Google Scholar, Scopus, Garuda, SINTA, dan Semantic Scholar yang dipublikasikan tahun 2015-2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan PjBL dengan bantuan coding meningkatkan berbagai aspek pembelajaran matematika, termasuk literasi numerik, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan berpikir kritis dan kreatif, dan kemampuan mereka untuk berkolaborasi dalam pembelajaran yang kontekstual, bermakna, dan kontekstual.. Meskipun demikian, keberhasilan pelaksanaan bergantung pada ketersediaan infrastruktur teknologi yang memadai serta peningkatan kemampuan guru untuk memasukkan coding ke dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afsari, S., Safitri. I., Harahap. S. K., & Munthe, L, S. (2021). Systematic Literature Review: Efektifitass Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Pembelaharan Matematika. IJI Publication, 1(3).

Amadeus, M, V. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi dan Ketahanan Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas. Skripsi, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pembelajaran Indonesia Bandung.

Andriani, S., Rambitan, V. M., Tindangen, M., & Herliani, H. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif Berbasis Tpack Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sman 9 Samarinda. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 16(1), 12. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v16i1.10507

Astuti, A., Syahza, A., & Putra, Z. H. (2023). Penelitian Computational Thinking Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 363. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.5860

Azizah, R. N., & Abadi, A, P. (2022). Kajian Pustaka: Ketahanan Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Pemrograman. Matematika Didaktis, 4(1), 104-110.

Faslia, Aswat. H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 7(6), 3895 – 3904.

Ginting, S. W. B., & Sihombing, W. L. (2023). Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023. In Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 2 Pancur Batu (Issue November).

Helsa, Y., Juandi, D., & Turmudi. (2023). Computational Thinking Skills Indicators in Number Patterns Jurnal Pendidikan Matematika, 17(2). DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.17.2.20042.167-188

Hussein, Y. F. (2022). Conceptual Knowledge and Its Importance in Teaching Mathematics. Middle Eastern Journal of Research in Education and Social Sciences, 3(1). DOI: https://doi.org/ 10.47631/mejress.v3i1.445.

Juandi, D., & Suparman, S. (2025). The utilization of computer-assisted mathematics education integrated into project-based learning to optimize Indonesian students ’ mathematics achievement : A systematic review and meta- analysis. International Electronic Journal of Mathematics Education, 20(4).

Mahayani, L. R., & Sukajaya, I. N. (2025). Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering, and, Mathematics Berbasis Proyek Based learnin.. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(2), 473–483.

Permana, I. W. B., Wirawan, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2017). Learning Pada Mata Pelajaran Pemograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL di SMk Negeri 2 Tabanan. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(2), 140–154. https://www.researchgate.net/publication/334246666_Pengembangan_E-

Prasetyo, S. Y., Rahmadiyanti, T., Sunardo, T. A., L, T. A. A., & Ismayanti, T. (2025). Pengaruh Model PJBL Terhadap Kompetisi Pemograman Dasar Berbantuan MIT APP INVENTOR. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 10(1), 8–17.

Satriawati, G., Kholis, N., Dwirahayu, G., & Sobiruddin, D. (2023). Pengembangan Bahan ajar transformasi geometri berbantuan website: Pendekatan Project-Based-Learning Mozaik Geometri. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1), 1–15. https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.23581

Siringoring, R, G, & Alfaridzi, M, Y. 2024. Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(3), 66-76. DOI: https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854.

Suantara, K. D., Darmawiguna, I. G. M., & Sugihartini, N. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Grafik Kelas Xii Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Negeri 2 Tabanan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2), 404. https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18632

Susanto, A. 2016. Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Pranadamadia Group.

Susilo, A., Anwar, K., dan Djono. (2024). Transformasi Paradigma Pembelajaran Sejarah Pada Peserta Didik di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora (KAGANGA), 7(2). DOI: https://doi.org/10.31539/kaganga.v7i2.12559.

Suwanto, A. H., Harahap, A., Hulwa, & Gukguk, R, J, R. (2025). Pemanfaatan Bahasa Pemrograman dalam Pembelajaran Matematika: Tinjauan Literatur terhadap Inovasi Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(2), 14824-14827.

Suwanto, S., Zega, N., Fitri, A., & Siddik, M. (2025). Implementasi Softwere Python Terhadap Pembelajaran Matematika Tingkat SMA: Studi Literatur. Invention: Journal Research and Education Studies, 6(3), 306–314. https://doi.org/10.51178/invention.v6i1.2537

Taufik, M., Rokhmat, J., & Zuhdi, M. (2024). Improving Students’ Numerical Literacy Through Project-Based Learning (PjBL) in Pascal Programming Course. International Journal of Contextual Science Education, 1(1), 6–10. https://doi.org/10.29303/ijcse.v1i1.549

Widyaskumara, D. D., Perdana, D. M., Sekartadji, D. I., & Rohmawati, E. P. (2025). Penggunaan Kartu Blocks Pallete Terintegrasi Game Scratch untuk Memperkenalkan Konsep Pemrograman Secara Visual dan Interaktif pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X Akuntansi 3. Jurnal Simki Pedagogia, 8(2), 407–418. https://doi.org/10.29407/jsp.v8i2.1110.

Downloads

Published

2025-10-11

How to Cite

Adinda, A., Irmawati, I., Sastri, S., Hartiwi, S., Atiqah, Z., Rahman, H., & Nurzahrani, N. (2025). SYSTEMATIC LYTERATUR REVIEW : PjBL BERBANTUAN CODING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMA\SMK. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1419–1430. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7060

Most read articles by the same author(s)