ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI JENIS KESALAHAN DAN FAKTOR PENYEBABNYA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7082

Authors

  • Nur Aminarti Universitas Sulawesi Barat
  • Irmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Nurhikmah Universitas Sulawesi Barat
  • Metianti Universitas Sulawesi Barat
  • Muzrifa Dahlan Universitas Sulawesi Barat
  • Irwansah Universitas Sulawesi Barat
  • Irfan Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

Operasi Aljabar, Analisis Kesalahan, Faktor penyebab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kesalahan yang muncul dalam penyelesaian soal operasi aljabar oleh siswa, ditinjau dari jenis kesalahan dan faktor penyebabnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek 22 siswa kelas IX MTS Negeri 1 Polewali Mandar yang telah mempelajari materi operasi aljabar. Instrumen penelitian terdiri atas 8 soal uraian yang dianalisis berdasarkan kategori kesalahan dan faktor penyebabnya. Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan utama yang dilakukan siswa dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknis. Kesalahan konseptual muncul akibat lemahnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar aljabar, kesalahan prosedural timbul karena langkah penyelesaian yang tidak sistematis, sedangkan kesalahan teknis terjadi karena kurangnya ketelitian dalam perhitungan dan penulisan simbol. Faktor penyebab yang mendasari kesalahan tersebut meliputi rendahnya penguasaan konsep dasar, keterbatasan materi prasyarat, kurangnya ketelitian, serta pengaturan waktu yang tidak efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, S. N. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah operasi bentuk aljabar pada siswa kelas VII MTsN 1 Kediri berdasarkan karakteristik kelas. INOVASIA, 1(1), 17-33

Asyhara, S. A., Desmayanasari, D., Noprisa, N., Efendi, D., & Lestari, F. (2025). Analisis kesalahan konseptual siswa dalam pembelajaran aljabar: Studi kasus di sekolah menengah atas. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(1), 61-70. https://doi.org/10.51574/kognitif.v5i1.2676

Daswarman. (2022). Analisis kesalahan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1335-1344. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1338

Fujirahayu, A. R., Fitrianna, A. Y., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Teori Kastolan. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5 (6), 1813-1820. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1813-1820

Hasanah, R., Yuanita, P., Saragih, S., & Roza, Y. (2023). Analysis of student errors on algebraic form material based on Kastolan theory. Journal of Tadris Matematika (JTMT), 4(02), 190-196. https://doi.org/10.47435/jtmt.v4i02.1975

Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis kesalahan siswa menurut Kastolan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar pada siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 107-123. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687

Putri, M. G., Suanto, E., & Kartini. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar dengan prosedur Kastolan dan bantuan AI. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 521-532.

Rengkung, A. L., Pesik, A., & Pitoy, C. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi bentuk aljabar. ADIBA: Journal of Education, 2(2), 273-281.

Seran, S., Amsikan, S., & Hijriani, L. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di SMA Negeri Insana Tengah. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 98-104. https://doi.org/10.32938/JIPM.8.2.2023.98-104

Shadiqin, A. R., & Rosyana, T. (2023). Analisis kesalahan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar berdasarkan teori nolting. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (3), 1009-1018. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17316

Sinaga, S. N., Pitoy, C., & Pulukadang, R. J. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan operasi bentuk aljabar kelas VII. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 5(1), 42-49. https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.2412

Sitompul, M. T., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kesalahan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 553-565. https://doi.org/10.36526/tr.v5i2.1310

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tampubolon, S. T. V., Febrianti, D. A., Tambunan, E. E. Br., Tarigan, G. H., & Simanullang, M. C. (2025). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal barisan bilangan rill berdasarkan teori Kastolan. Jurnal Didactical Mathematics, 7(2), 241-248.

Wafa, N., & Imami, A. I. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi aljabar kelas VII SMPN 1 Juwiring. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1007-1014. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.7320

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187

Downloads

Published

2025-10-10

How to Cite

Aminarti, N., Irmawati, I., Nurhikmah, N., Metianti, M., Dahlan, M., Irwansah, I., & Irfan, I. (2025). ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI JENIS KESALAHAN DAN FAKTOR PENYEBABNYA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1408–1418. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7082

Most read articles by the same author(s)