ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN OPERASI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI JENIS KESALAHAN DAN FAKTOR PENYEBABNYA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7082
Keywords:
Operasi Aljabar, Analisis Kesalahan, Faktor penyebabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah kesalahan yang muncul dalam penyelesaian soal operasi aljabar oleh siswa, ditinjau dari jenis kesalahan dan faktor penyebabnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subjek 22 siswa kelas IX MTS Negeri 1 Polewali Mandar yang telah mempelajari materi operasi aljabar. Instrumen penelitian terdiri atas 8 soal uraian yang dianalisis berdasarkan kategori kesalahan dan faktor penyebabnya. Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan utama yang dilakukan siswa dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknis. Kesalahan konseptual muncul akibat lemahnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar aljabar, kesalahan prosedural timbul karena langkah penyelesaian yang tidak sistematis, sedangkan kesalahan teknis terjadi karena kurangnya ketelitian dalam perhitungan dan penulisan simbol. Faktor penyebab yang mendasari kesalahan tersebut meliputi rendahnya penguasaan konsep dasar, keterbatasan materi prasyarat, kurangnya ketelitian, serta pengaturan waktu yang tidak efektif.
Downloads
References
Alawiyah, S. N. (2022). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah operasi bentuk aljabar pada siswa kelas VII MTsN 1 Kediri berdasarkan karakteristik kelas. INOVASIA, 1(1), 17-33
Asyhara, S. A., Desmayanasari, D., Noprisa, N., Efendi, D., & Lestari, F. (2025). Analisis kesalahan konseptual siswa dalam pembelajaran aljabar: Studi kasus di sekolah menengah atas. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 5(1), 61-70. https://doi.org/10.51574/kognitif.v5i1.2676
Daswarman. (2022). Analisis kesalahan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1335-1344. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1338
Fujirahayu, A. R., Fitrianna, A. Y., & Zanthy, L. S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Teori Kastolan. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5 (6), 1813-1820. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1813-1820
Hasanah, R., Yuanita, P., Saragih, S., & Roza, Y. (2023). Analysis of student errors on algebraic form material based on Kastolan theory. Journal of Tadris Matematika (JTMT), 4(02), 190-196. https://doi.org/10.47435/jtmt.v4i02.1975
Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis kesalahan siswa menurut Kastolan dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar pada siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 107-123. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687
Putri, M. G., Suanto, E., & Kartini. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal turunan fungsi aljabar dengan prosedur Kastolan dan bantuan AI. Prosiding: Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 521-532.
Rengkung, A. L., Pesik, A., & Pitoy, C. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi bentuk aljabar. ADIBA: Journal of Education, 2(2), 273-281.
Seran, S., Amsikan, S., & Hijriani, L. (2023). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di SMA Negeri Insana Tengah. Math-Edu: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 98-104. https://doi.org/10.32938/JIPM.8.2.2023.98-104
Shadiqin, A. R., & Rosyana, T. (2023). Analisis kesalahan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar berdasarkan teori nolting. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (3), 1009-1018. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17316
Sinaga, S. N., Pitoy, C., & Pulukadang, R. J. (2024). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan operasi bentuk aljabar kelas VII. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 5(1), 42-49. https://doi.org/10.53682/marisekola.v5i1.2412
Sitompul, M. T., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kesalahan siswa kelas VII dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 553-565. https://doi.org/10.36526/tr.v5i2.1310
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tampubolon, S. T. V., Febrianti, D. A., Tambunan, E. E. Br., Tarigan, G. H., & Simanullang, M. C. (2025). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal barisan bilangan rill berdasarkan teori Kastolan. Jurnal Didactical Mathematics, 7(2), 241-248.
Wafa, N., & Imami, A. I. (2022). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal materi aljabar kelas VII SMPN 1 Juwiring. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(4), 1007-1014. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.7320
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 