ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK PECAHAN PADA KOMPOSISI DAN INVERS FUNGSI

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7091

Authors

  • Listra Yuningsi Universitas Sulawesi Barat
  • Irmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Asmaul Husna Universitas Sulawesi Barat
  • Wahyuni Universitas Sulawesi Barat
  • Asrul Universitas Sulawesi Barat
  • Arman Maulana Universitas Sulawesi Barat
  • Usnita Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

Analisis Kesalahan, Invers fungsi, Komposisi fungsi, Pecahan

Abstract

Pemahaman konsep terhadap materi komposisi dan invers fungsi sering menjadi kendala bagi siswa, sehingga siswa sering melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan soal komposisi dan invers khususnya soal bentuk pecahan. Berdasarkan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan siswa saat mengerjakan soal pecahan pada komposisi dan fungsi invers. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes dengan 2 butir soal, wawancara, dan observasi. Penelitian ini melibatkan 19 siswa kelas XI.3 SMA Negeri 3 Majene sebagai populasi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel yaitu 5 siswa sebagai sampel, berdasarkan keragaman jawaban siswa, dan objek penelitiannya yaitu hasil tes siswa. Data penelitian ini dianalis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengelompokkan hasil tes berdasarkan jenis kesalahan yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa jenis kesalahan saat mengerjakan soal komposisi dan invers fungsi bentuk pecahan yaitu kesalahan konsep, algoritma, operasi, dan perhitungan. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa kesalahan yang paling umum dilakukan yaitu kesalahan algoritma.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahman BP1;, Yumriani5, Fitriani3;, S. A. M., Andi, & Karlina4;, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. 2(1), 1–8.

Alaslan, A., Amane, A. P. O., Suharti, B., Laxmi, Rustandi, N., Sutrisno, E., Rustandi, Rahmi, S., Darmadi, & Richway. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia ANGGOTA IKAPI JAWA BARAT.

Damayanti, N. W., Mayangsari, S. N., & Tridiana, L. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung pada pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 1–7. https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/3389

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. PLUS MINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1087

Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Dialektika Pendidikan Matematika, 8(1), 542–558. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/696

Hasibuan, L. R., & Dalimunthe, B. (2022). KOMPOSISI DAN INVERS KELAS X MA ALLIFUL IKHWAN SAA SILANGKITANG ANALYSIS OF STUDENTS ’ LEARNING DIFFICULTIES IN MATHEMATICS SUBJECTS ON COMPOSITION AND INVERSE FUNCTION MATERIALS FOR X GRADE MA ALLIFULIKHWAN SAA SILANGKITANG. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 8(1), 54–57. https://share.google/v7RZHPJHVgdz6jPxQ

Hesti Lestari Laia. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA DALAM MATERI PECAHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 294–305. https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103015

Jeanita Sengkey, D., Deniyanti Sampoerno, P., & Abdul Aziz, T. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis. Maret 2023 Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya

Karlina, D. P., AzainilAzainil, & Sugeng, S. (2022). KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK PECAHAN PADA KOMPOSISI DAN INVERS FUNGSI. Jurnal PRIMATIKA, 11(1), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1050

Kolins, A. Y., Wahyuningsih, Safrudin, N., & Muhammad Epi Rusdin. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers. Journal of Mathematics Education, 6(2), 86–97. https://doi.org/https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.7866

Kurniawan, P., & Wijayanti, P. (2022). PROFIL METAKOGNISI SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS DITINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA Prasetyo. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 644–656. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p644-656

Nurfazri, A., Komala, E., Nadia, A. S., & Sugilar, H. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Fungsi Komposisi Siswa Kelas Xi Di Sma Tunas Luhur. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 64–74. https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1781

Pramesti, P., & Ferdianto, F. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh Analysis of Students ’ Difficulties Learning Mathematics in the Inverse Function and Composition Function of Class X SMA Negeri 1 Raj. Urnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(2), 74–79. https://share.google/UYy2aGQMF6qa0eQ5j

Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan matematika realistik. Cipustaka Media.

Sali, E., Idris, M., & Nurhayadi. (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KOMPOSISI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 PAMONA TIMUR. JURNAL ELEKTRONIK PENDIDIKAN MATEMATIKA TADULAKO (JEPMT), 11(February), 267–274. https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103015

Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692–701. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1227

Suardi, S., Hakim, L. El, & Axiz, T. A. (2022). Kesalahan-kesalahan siswa pada materi pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Aplication, 2(2), 418–428. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.201

Sukardjo, M., & Komarudin, U. (2012). Landasan Pendidikan:Konsep dan Aplikasinya (4th ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Ulfa, N., Jupri, A., & Juandi, D. (2024). Error Analysis on the Concept of Composition of Function in Online Learning from the Perspective of AVAE Categories (ARITH, VAR, AE, and EQS). KnE Social Sciences, 2024, 601–609. https://doi.org/10.18502/kss.v9i8.15620

Vilandina Alif Kamin, Andinny, Y., & Ramadani, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Fungsi. PROSING DISKUSI PANEL NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 7(1), 189–200. https://share.google/L4cb3b25azfeHTIZK

Downloads

Published

2025-10-15

How to Cite

Yuningsi, L., Irmawati, I., Husna, A., Wahyuni, W., Asrul, A., Maulana, A., & Usnita, U. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK PECAHAN PADA KOMPOSISI DAN INVERS FUNGSI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1469–1479. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7091

Most read articles by the same author(s)