ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK PECAHAN PADA KOMPOSISI DAN INVERS FUNGSI
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7091
Keywords:
Analisis Kesalahan, Invers fungsi, Komposisi fungsi, PecahanAbstract
Pemahaman konsep terhadap materi komposisi dan invers fungsi sering menjadi kendala bagi siswa, sehingga siswa sering melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan soal komposisi dan invers khususnya soal bentuk pecahan. Berdasarkan hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan siswa saat mengerjakan soal pecahan pada komposisi dan fungsi invers. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui tes dengan 2 butir soal, wawancara, dan observasi. Penelitian ini melibatkan 19 siswa kelas XI.3 SMA Negeri 3 Majene sebagai populasi. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan sampel yaitu 5 siswa sebagai sampel, berdasarkan keragaman jawaban siswa, dan objek penelitiannya yaitu hasil tes siswa. Data penelitian ini dianalis dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan mengelompokkan hasil tes berdasarkan jenis kesalahan yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa melakukan beberapa jenis kesalahan saat mengerjakan soal komposisi dan invers fungsi bentuk pecahan yaitu kesalahan konsep, algoritma, operasi, dan perhitungan. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa kesalahan yang paling umum dilakukan yaitu kesalahan algoritma.
Downloads
References
Abd Rahman BP1;, Yumriani5, Fitriani3;, S. A. M., Andi, & Karlina4;, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. 2(1), 1–8.
Alaslan, A., Amane, A. P. O., Suharti, B., Laxmi, Rustandi, N., Sutrisno, E., Rustandi, Rahmi, S., Darmadi, & Richway. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia ANGGOTA IKAPI JAWA BARAT.
Damayanti, N. W., Mayangsari, S. N., & Tridiana, L. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam pemahaman konsep operasi hitung pada pecahan. Jurnal Ilmiah Edutic, 4(1), 1–7. https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/3389
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. PLUS MINUS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1087
Firdaus, E. F., Amalia, S. R., & Zumeira, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Dialektika Pendidikan Matematika, 8(1), 542–558. https://journal.peradaban.ac.id/index.php/jdpmat/article/view/696
Hasibuan, L. R., & Dalimunthe, B. (2022). KOMPOSISI DAN INVERS KELAS X MA ALLIFUL IKHWAN SAA SILANGKITANG ANALYSIS OF STUDENTS ’ LEARNING DIFFICULTIES IN MATHEMATICS SUBJECTS ON COMPOSITION AND INVERSE FUNCTION MATERIALS FOR X GRADE MA ALLIFULIKHWAN SAA SILANGKITANG. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 8(1), 54–57. https://share.google/v7RZHPJHVgdz6jPxQ
Hesti Lestari Laia. (2023). ANALISIS KESALAHAN SISWA BERDASARKAN PROSEDUR POLYA DALAM MATERI PECAHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PELAJARAN 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 294–305. https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103015
Jeanita Sengkey, D., Deniyanti Sampoerno, P., & Abdul Aziz, T. (2023). Kemampuan pemahaman konsep matematis. Maret 2023 Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 67. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Karlina, D. P., AzainilAzainil, & Sugeng, S. (2022). KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BENTUK PECAHAN PADA KOMPOSISI DAN INVERS FUNGSI. Jurnal PRIMATIKA, 11(1), 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/primatika.v11i1.1050
Kolins, A. Y., Wahyuningsih, Safrudin, N., & Muhammad Epi Rusdin. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers. Journal of Mathematics Education, 6(2), 86–97. https://doi.org/https://doi.org/10.30595/alphamath.v6i2.7866
Kurniawan, P., & Wijayanti, P. (2022). PROFIL METAKOGNISI SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS DITINJAU DARI KEMAMPUAN SISWA Prasetyo. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 644–656. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p644-656
Nurfazri, A., Komala, E., Nadia, A. S., & Sugilar, H. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Pada Materi Fungsi Komposisi Siswa Kelas Xi Di Sma Tunas Luhur. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 64–74. https://doi.org/10.31537/laplace.v7i1.1781
Pramesti, P., & Ferdianto, F. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Kelas X SMA Negeri 1 Rajagaluh Analysis of Students ’ Difficulties Learning Mathematics in the Inverse Function and Composition Function of Class X SMA Negeri 1 Raj. Urnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(2), 74–79. https://share.google/UYy2aGQMF6qa0eQ5j
Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan matematika realistik. Cipustaka Media.
Sali, E., Idris, M., & Nurhayadi. (2024). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL FUNGSI KOMPOSISI KELAS X IPS SMA NEGERI 1 PAMONA TIMUR. JURNAL ELEKTRONIK PENDIDIKAN MATEMATIKA TADULAKO (JEPMT), 11(February), 267–274. https://repository.untad.ac.id/id/eprint/103015
Simarmata, S. M., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dalam Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Matlab. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 692–701. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1227
Suardi, S., Hakim, L. El, & Axiz, T. A. (2022). Kesalahan-kesalahan siswa pada materi pecahan. Griya Journal of Mathematics Education and Aplication, 2(2), 418–428. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.201
Sukardjo, M., & Komarudin, U. (2012). Landasan Pendidikan:Konsep dan Aplikasinya (4th ed.). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Ulfa, N., Jupri, A., & Juandi, D. (2024). Error Analysis on the Concept of Composition of Function in Online Learning from the Perspective of AVAE Categories (ARITH, VAR, AE, and EQS). KnE Social Sciences, 2024, 601–609. https://doi.org/10.18502/kss.v9i8.15620
Vilandina Alif Kamin, Andinny, Y., & Ramadani, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Fungsi. PROSING DISKUSI PANEL NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 7(1), 189–200. https://share.google/L4cb3b25azfeHTIZK
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 