ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK BALANIPA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7094
Keywords:
Strategi Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran MatematikaAbstract
Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Proses pembelajaran di sekolah tidak hanya menuntut siswa untuk memperoleh pengetahuan, tetapi juga menumbuhkan motivasi belajar agar mereka aktif dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, khususnya dalam mata pelajaran matematika yang sering dianggap sulit dan menantang. Kondisi ini menuntut guru untuk memiliki strategi yang tepat dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi guru yang digunakan dalam menghadapi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMK BALANIPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X sebanyak 12 siswa dan 1 orang guru matematika. Teknik pengumpulan data secara mendalam menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa kelas X SMK BALANIPA berada dalam kategori sedang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi guru dengan peningkatan motivasi serta hasil belajar siswa.
Downloads
References
Habbah E. S. M., Husna, Y., Yantoro, & Setiyadi (2023). Strategi guru dalam pengelolaan kelas yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 18-26. DOI: 10.24853/holistika.7.1.18-26 Jurnal UMJ+2Jurnal UMJ+2 Link publikasi (PDF): https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/16719/8715
Hamruni (2015). Konsep Dasar dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2): 177-187.https://media.neliti.com/media/publications/117003-ID-konsep-dasar-dan-implementasi-pembelajar.pdf
Hamruni. (2015). Konsep dasar dan implementasi pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 177–187.
Harianto. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
Jatmiko, J. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 205–213.
Jatmiko, J. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 205-213. DOI: 10.29407/jmen.v1i2.237 Open Journal Systems
Link publikasi lengkap: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/237
Jatmiko, J. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 205–213.
Jatmiko, J. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 205–213.
Nopiawati, N. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 120–131.
Rosenta Friska, N., & Tupulu, N. (2025). View of Analisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Bagun Datar Kelas VII SMP Negeri 6 Sengah Temila. Papanda.org. https://ejournal.papanda.org/index.php/jp/article/view/2260/1165
Rahmawati, S. (2019). Pengaruh variasi metode pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 20(2), 112–123.
Sardiman, A. M. (2015). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
PDF https://www.academia.edu/31574480/Interaksi_and_motivasi_belajar_mengajar_Sardiman_A_M
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, N. (2017). Motivasi belajar sebagai faktor penentu keberhasilan siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 55–64.
Yuliana, S. (2016). Pengaruh penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 55–63.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 