ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK BALANIPA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7094

Authors

  • Nur Fadhila Universitas Sulawesi Barat
  • irmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Ferawati Universitas Sulawesi Barat
  • Herman Universitas Sulawesi Barat
  • Sitti Magfirah Universitas Sulawesi Barat
  • Hasra Universitas Sulawesi Barat
  • Suharnianti Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

Strategi Guru, Motivasi Belajar, Pembelajaran Matematika

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Proses pembelajaran di sekolah tidak hanya menuntut siswa untuk memperoleh pengetahuan, tetapi juga menumbuhkan motivasi belajar agar mereka aktif dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, khususnya dalam mata pelajaran matematika yang sering dianggap sulit dan menantang. Kondisi ini menuntut guru untuk memiliki strategi yang tepat dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk lebih giat belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi guru yang digunakan dalam menghadapi rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMK BALANIPA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X sebanyak 12 siswa dan 1 orang guru matematika. Teknik pengumpulan data secara mendalam menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan hasil belajar siswa kelas X SMK BALANIPA berada dalam kategori sedang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi guru dengan peningkatan motivasi serta hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Habbah E. S. M., Husna, Y., Yantoro, & Setiyadi (2023). Strategi guru dalam pengelolaan kelas yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 18-26. DOI: 10.24853/holistika.7.1.18-26 Jurnal UMJ+2Jurnal UMJ+2 Link publikasi (PDF): https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/16719/8715

Hamruni (2015). Konsep Dasar dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2): 177-187.https://media.neliti.com/media/publications/117003-ID-konsep-dasar-dan-implementasi-pembelajar.pdf

Hamruni. (2015). Konsep dasar dan implementasi pembelajaran kontekstual. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 177–187.

Harianto. (2015). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Jatmiko, J. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 205–213.

Jatmiko, J. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 205-213. DOI: 10.29407/jmen.v1i2.237 Open Journal Systems

Link publikasi lengkap: https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/237

Jatmiko, J. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 205–213.

Jatmiko, J. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 205–213.

Nopiawati, N. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Banjar. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 120–131.

Rosenta Friska, N., & Tupulu, N. (2025). View of Analisis Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Materi Bagun Datar Kelas VII SMP Negeri 6 Sengah Temila. Papanda.org. https://ejournal.papanda.org/index.php/jp/article/view/2260/1165

Rahmawati, S. (2019). Pengaruh variasi metode pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 20(2), 112–123.

Sardiman, A. M. (2015). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

PDF https://www.academia.edu/31574480/Interaksi_and_motivasi_belajar_mengajar_Sardiman_A_M

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, N. (2017). Motivasi belajar sebagai faktor penentu keberhasilan siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 55–64.

Yuliana, S. (2016). Pengaruh penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar siswa sekolah menengah. Jurnal Psikologi Pendidikan, 7(1), 55–63.

Downloads

Published

2025-10-18

How to Cite

Fadhila, N., irmawati, irmawati, Ferawati, F., Herman, H., Magfirah, S., Hasra, H., & Suharnianti, S. (2025). ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENGATASI RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK BALANIPA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7094

Most read articles by the same author(s)