ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM REPRESENTASI MATEMATIS SPLDV BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7053

Authors

  • Sipaami Universitas Sulawesi Barat
  • Irmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Indriani Universitas Sulawesi Barat
  • Nur Faika Universitas Sulawesi Barat
  • Nur Wahida Universitas Sulawesi Barat
  • Riswan Ahmad Anugrah Universitas Sulawesi Barat
  • Arianto Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

Newman, SPLDV, Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan tahapan Newman Error Analysis. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tinambung untuk tahap kuantitatif dan 4 siswa untuk tahap kualitatif yang dipilih berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik tiga soal cerita SPLDV dan pedoman wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbesar terjadi pada tahap process skills (93,6%), diikuti transformation (84,6%), comprehension (83,3%), serta reading dan encoding masing-masing sebesar 80,8%. Kategorisasi kemampuan siswa memperlihatkan bahwa mayoritas berada pada kategori rendah (88,5%), sementara hanya 7,7% yang berada pada kategori sedang dan 3,8% pada kategori tinggi. Data kualitatif mengungkap bahwa kesalahan disebabkan oleh keterbatasan pemahaman bahasa, kurangnya penguasaan konsep dasar, kesulitan dalam pemodelan matematis, kelemahan prosedural, serta tidak menuliskan jawaban akhir sesuai konteks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Era Setiyawati, Endang Fauziati, Darsinah, Minsih, & Yenny Prastiwi. (2022). Problem Solving Errors in Mathematics Story Questions. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 11(3), 466–479. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.46980

Fitria, E. F., & Rismawati, R. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Verbal SPLDV Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i2.1779

Hutapea, N. M. (2022). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1391. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4802

Kurniawati, A. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Prosedur Newman pada Kelas VIII SMP Negeri 1 Subah. Journal on Education, 06(04), 20340–20348. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6099

Lubis, A., Yuanita, P., & Hutapea, N. M. (2025). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual SPLTV Berdasarkan Teori Newman. Lattice Journal : Journal of Mathematics Education and Applied, 5(1), 29–43. https://doi.org/10.30983/lattice.v5i1.9399

Mauliddiana, D., & Gozali, S. M. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Topik Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Menggunakan Teori Newman Error. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 2037–2051. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2243

OECD. (2023). PISA 2022 Results: The State of Learning and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/53f23881-en.

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 109–116. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7161

Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Karakteristik Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Ranah Kognitif yang Dikembangkan Mengacu pada Model PISA. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 130. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897

Ulfa, S. M., & Zuhri, Z. (2023). Analysis of Student Errors in Solving Mathematical Story Problems Based on Newman’s Theory in View of Student Learning Styles. Journal of Mathematical Pedagogy, 4(2), 97–105. https://doi.org/10.26740/jomp.v4n2.p97-105

Downloads

Published

2025-10-08

How to Cite

Sipaami, S., Irmawati, I., Indriani, I., Nur Faika, N. F., Wahida, N., Anugrah, R. A., & Arianto, A. (2025). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM REPRESENTASI MATEMATIS SPLDV BERDASARKAN TAHAPAN NEWMAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1375–1387. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7053

Most read articles by the same author(s)