SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7020

Authors

  • St. Rahmah Universitas Sulawesi Barat
  • Irmawati Universitas Sulawesi Barat
  • Aldi Saputra Universitas Sulawesi Barat
  • Revalina Universitas Sulawesi Barat
  • Putri Amelia Universitas Sulawesi Barat
  • Fiqri Maulana Universitas Sulawesi Barat
  • Nurhayati Universitas Sulawesi Barat

Keywords:

Project-Based Learning, PJBL, kemampuan pemecahan masalah matematika, analisis bibliometrik

Abstract

Penelitian ini menyajikan analisis bibliometrik terhadap implementasi Project-Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan kajian literatur dari berbagai penelitian di Indonesia. Menggunakan pendekatan analisis konten terhadap 10 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2016-2025, penelitian ini mengidentifikasi tren, pola, dan temuan utama terkait efektivitas PJBL dalam pembelajaran matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa PJBL secara konsisten memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di berbagai jenjang pendidikan, dengan peningkatan yang signifikan pada aspek pemahaman konsep, kreativitas, dan keterlibatan siswa. Namun, implementasi PJBL juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, kesiapan guru, dan perlunya desain proyek yang kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azisa, R., Nurhusmah, & Amruh, A. F. (2025). Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Journal of Comprehensive Science, 4(1), 261-267.

Barus, W. A. K., & Hasibuan, E. K. (2025). Pengaruh project based learning (PJBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan media Quizizz. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 8(1), 87-96.

Bahruddin, Zainuddin, & Dewi, H. R. (2025). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran matematika untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa SMP. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 17(2), 418-425.

Fadli, V. P., Ruri, A., & Hasibuan, S. A. (2024). Pengembangan bahan ajar matematika menggunakan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal MathEdu, 7(3), 113-125.

Fauzia, A. T., Zuliana, E., & Santoso, D. A. (2025). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model project-based learning dengan media pop up pada kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 1409-1424.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.

Husna, N., Mariyam, & Maudi, N. (2016). Implementasi model project based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39-43.

Rakhmawati, V., Mariani, S., Agoestanto, A., & Sugiman. (2024). Meta syntesis: kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran berbasis projek. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2264-2278.

Richter, O. Z., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins, K. (2019). Systematic Reviews in Education Research: In Contemporary Economic Perspectives in Education. https://doi.org/10.2307/j.ctt14jxsqg.4

Ristika, & Noviyana, H. (2023). Efektivitas pembelajaran matematika berbasis proyek (project based learning) terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Edu Research, 4(3), 157-164.

Ulfa, Y. L., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi jarak pada bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415-424.

Widiawati, W., Hendriana, H., & Setiawan, W. (2024). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII menggunakan model PjBL berbasis GRASPS. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(3), 545-554.

Yuliani, A., Nugraha, Y., & Samura, A. O. (2024). Pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah menengah atas. Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram, 28(1), 15-19.

Downloads

Published

2025-10-05

How to Cite

Rahmah, S., Irmawati, I., Aldi Saputra, Revalina, Putri Amelia, Fiqri Maulana, & Nurhayati. (2025). SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(4), 1319–1328. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7020

Most read articles by the same author(s)