SYSTEMATIC LITERATURE RIVIEW: PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
https://doi.org/10.30605/pedagogy.v10i4.7020
Keywords:
Project-Based Learning, PJBL, kemampuan pemecahan masalah matematika, analisis bibliometrikAbstract
Penelitian ini menyajikan analisis bibliometrik terhadap implementasi Project-Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan kajian literatur dari berbagai penelitian di Indonesia. Menggunakan pendekatan analisis konten terhadap 10 artikel ilmiah yang diterbitkan antara tahun 2016-2025, penelitian ini mengidentifikasi tren, pola, dan temuan utama terkait efektivitas PJBL dalam pembelajaran matematika. Hasil analisis menunjukkan bahwa PJBL secara konsisten memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di berbagai jenjang pendidikan, dengan peningkatan yang signifikan pada aspek pemahaman konsep, kreativitas, dan keterlibatan siswa. Namun, implementasi PJBL juga menghadapi tantangan seperti keterbatasan waktu, kesiapan guru, dan perlunya desain proyek yang kontekstual.
Downloads
References
Azisa, R., Nurhusmah, & Amruh, A. F. (2025). Penerapan metode pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Journal of Comprehensive Science, 4(1), 261-267.
Barus, W. A. K., & Hasibuan, E. K. (2025). Pengaruh project based learning (PJBL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan media Quizizz. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 8(1), 87-96.
Bahruddin, Zainuddin, & Dewi, H. R. (2025). Penerapan model problem based learning pada pembelajaran matematika untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa SMP. SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 17(2), 418-425.
Fadli, V. P., Ruri, A., & Hasibuan, S. A. (2024). Pengembangan bahan ajar matematika menggunakan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal MathEdu, 7(3), 113-125.
Fauzia, A. T., Zuliana, E., & Santoso, D. A. (2025). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis melalui model project-based learning dengan media pop up pada kelas V. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 1409-1424.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. Bandung: Refika Aditama.
Husna, N., Mariyam, & Maudi, N. (2016). Implementasi model project based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 39-43.
Rakhmawati, V., Mariani, S., Agoestanto, A., & Sugiman. (2024). Meta syntesis: kemampuan pemecahan masalah melalui model pembelajaran berbasis projek. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 2264-2278.
Richter, O. Z., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins, K. (2019). Systematic Reviews in Education Research: In Contemporary Economic Perspectives in Education. https://doi.org/10.2307/j.ctt14jxsqg.4
Ristika, & Noviyana, H. (2023). Efektivitas pembelajaran matematika berbasis proyek (project based learning) terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Edu Research, 4(3), 157-164.
Ulfa, Y. L., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi jarak pada bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415-424.
Widiawati, W., Hendriana, H., & Setiawan, W. (2024). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII menggunakan model PjBL berbasis GRASPS. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(3), 545-554.
Yuliani, A., Nugraha, Y., & Samura, A. O. (2024). Pengaruh penggunaan pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa sekolah menengah atas. Ulul Albab: Majalah Universitas Muhammadiyah Mataram, 28(1), 15-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
 
						













 
 