DESKRIPSI KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI PECAHAN

https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i2.1607

Authors

  • Muhammad Rusli Baharuddin Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Sukmawati Sukmawati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Christy Christy Universitas Cokroaminoto Palopo

Keywords:

Kemampuan Numerasi, AKM, Operasi Pecahan, Kemampuas Awal, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa berdasarkan kemampuan awal siswa. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kemampuan awal siswa yaitu terdiri dari 3 subjek dengan masing-masing 1 siswa untuk setiap kemampuan awal (tinggi, sedang, dan rendah) Kelas V SDN 111 Batusitanduk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kamampuan numerasi dan pedoman wawancara. Tes disajikan dalam bentuk soal cerita sebanyak 2 nomor dan akan mengungkap 3 indikator Kamampuan numerasi. Teknis analisis data yang digunakan menurut Miles dan Hiberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data maka dilakukan proses triangulasi metode yaitu membandingkan data hasil tes dan data hasil wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan. Subjek kemampuan awal tinggi mampu mengungkap 3 indikator, Subjek kemampuan awal sedang mampu mengungkap 2 indikator, dan Subjek kemampuan awal rendah mampu hanya mengungkap 1 indikator. Adapun Indikator kemampuan numerasi yang dimaksud yaitu (1) mampu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, (2) Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya), dan (3) menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Baharuddin, M. R. ., Sukmawati, S., & Christy, C. (2021). DESKRIPSI KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN OPERASI PECAHAN. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 90–101. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i2.1607

Most read articles by the same author(s)