Pengaruh Literasi Visual terhadap Peningkatan Pemahaman Mufradat Siswa Kelas VIII MTS Swasta Baburrahmah Baebunta Luwu Utara
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6751Keywords:
Pengaruh, Literasi Visual, Pemahaman Mufradat, Pembelajaran Bahasa ArabAbstract
Urgensi penelitian ini adalah untuk menjawab tantangan rendahnya pemahaman mufradat bahasa Arab di kalangan siswa, yang menjadi salah satu faktor penghambat dalam penguasaan keterampilan berbahasa secara menyeluruh. Mufradat atau kosakata merupakan fondasi utama dalam memahami teks dan menyusun kalimat dalam bahasa Arab. Namun, siswa sering mengalami kesulitan mengingat dan memahami mufradat akibat metode pembelajaran yang kurang variatif dan cenderung monoton. Salah satu pendekatan yang diyakini dapat mengatasi permasalahan ini adalah literasi visual, yakni pemanfaatan media visual seperti gambar, ilustrasi, dan video dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana literasi visual dapat meningkatkan pemahaman mufradat siswa kelas VIII MTs Swasta Baburrahmah Baebunta, Kabupaten Luwu Utara. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel dipilih secara purposive sebanyak 20 siswa yang memiliki tingkat pemahaman mufradat rendah berdasarkan hasil uji awal. Instrumen penelitian meliputi tes pilihan ganda untuk mengukur penguasaan mufradat, lembar observasi untuk memantau keaktifan belajar, pedoman wawancara untuk menggali pendapat siswa, dan angket skala Likert untuk menilai minat belajar. Data dianalisis menggunakan uji t sampel berpasangan (paired sample t-test) dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa dari 48 (pre-test) menjadi 85 (post-test), dengan nilai t hitung (11,4) > t tabel (2,093). Temuan ini membuktikan bahwa literasi visual berpengaruh positif terhadap pemahaman mufradat. Selain itu, media visual juga meningkatkan minat belajar, keaktifan, dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran bahasa Arab.
Downloads
References
Dewi, A. C. (2025). Media visual sebagai alat bantu literasi menulis di era digital. Jurnal E-MAS (Edukasi dan Pembelajaran Anak Usia Dini), 1(2), 57–65. https://doi.org/10.91989/d20t7785
Rifai, M., Desyandri, Y. Y., Azima, N. F., & Habibi, M. (2025). Pengembangan E-Book Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Membaca Pemahaman Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 230-240. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i02.6082
Hana, Y. (2020). Pengaruh metode bernyanyi berbantu media pop up book terhadap penguasaan kosa kata Bahasa Arab pada siswa kelas V materi di MI Natijatul Islam Sumberejo, Jaken Pati [Skripsi, UIN Walisongo].
Hasballah, M. U., & Rabi, N. B. M. (2022). Meningkatkan kemampuan literasi dini pada anak disleksia melalui metode “VAKTA.” Jurnal Buah Hati, 9(1), 43–56. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i1.1735
Indah, R. A., & Fadilah, M. (2024). Literature review: Pengaruh media pembelajaran literasi visual terhadap hasil belajar biologi siswa SMA. Biodik, 10(2), 188–198. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33803
Jannah, B. P. & Miftahul. L. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif. PT Rajagrafindo Persada.
Jefriadi, Z. A. S., Syamsuddin, N., & Mustafa, M. (2025). Penerapan media domino berbasis gambar untuk meningkatkan kosakata Bahasa Arab siswa kelas IV: Studi eksperimen pada siswa kelas IV. Pedagogical Education and Review of Linguistics, 61–72.
Mawardi, M., Mustafa, M., & Tamin, M. (2022). Metode pembelajaran mufradat dalam menghafal kosakata Bahasa Arab di sekolah menengah. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 5(1). https://doi.org/10.24256/jale.v5i1.2913
Nasution, N. S., & Lubis, L. (2023). Urgensi pembelajaran Bahasa Arab dalam pendidikan Islam. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 181–191. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.227
Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan nilai-nilai agama dan moral AUD selama masa pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668.
Nikmatusholekha, N. (2022). Penerapan media visual gambar dalam pembelajaran maharah kalam Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Mambaul Ma’arif Belik Pemalang tahun ajaran 2021/2022 [Disertasi doktoral, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri].
Nurdiniawti, M. (2020). Penggunaan media flash cards untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Al-Af'idah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 4(1), 35–50. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i1.496
Nurrahmah, F. (2025). Analisis Kebutuhan E-LKM Interaktif pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Padang. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 124-133. https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i2.p124-133
Nurainun, N., & Nasution, S. (2024). The Influence of the CIRC Learning Model (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) on the Reading Skills Students at Islamic Elementary School. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 6(2), 38-57. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i2.5172
Raudatussolihah, B. (2022). Pengembangan teknologi audio-visual dalam pembelajaran Bahasa Arab. Education and Learning Journal, 3(1), 53–60.
Hakim, A. A., Mukmin, M., & Sabana, R. (2025). Komik Tematik sebagai Media Pembelajaran untuk Maharah Qirā’ah Bahasa Arab. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 8(2), 661-671. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5899
Setyaningsih, Y. (2023). Multimodalitas linguistis-visual dalam morfologi Bahasa Indonesia: Persepsi pemaduan dalam pengembangan desain pembelajaran. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(4), 971–990. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.725
Sidhartani, S. (2016). Literasi visual sebagai dasar pemaknaan dalam apresiasi dan proses kreasi visual. Jurnal Desain, 3(03), 155–163. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i03.709
Rusli, S., & Pamessangi, A. A. (2025). Peningkatan Kosakata Bahasa Arab dengan Menggunakan Game Educandy Siswa Kelas VII. Pedagogical Education and Review of Linguistics, 55-60.
Syagif, A. (2023). Peluang dan tantangan pengembangan literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Arab pada jenjang pendidikan dasar. Fashluna, 4(1), 87–100. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.492
Zuhdy, H. (2017). Teknik pengajaran kosa kata Bahasa Arab. In Workshop Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Pengajar Pondok Pesantren (pp. 1–7). Fakultas Humaniora, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marwa Marwa, Nurjannah Baso, Sarmilawati Sarmilawati, Kaharuddin Kaharuddin, Mustafa Mustafa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.