Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPA di SMP Kristen Sangalla’
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6750Keywords:
Augmented Reality, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Pembelajaran IPAAbstract
Perkembangan teknologi pembelajaran interaktif, khususnya augmented reality (AR), memberikan peluang strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan sains di sekolah. Urgensi penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman konsep peserta didik terhadap materi IPA yang bersifat abstrak, seperti gunung berapi, yang sulit divisualisasikan secara nyata melalui metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII di SMP Kristen Sangalla’. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri atas 43 peserta didik kelas VIII yang terbagi dalam dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan media augmented reality dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang telah divalidasi. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji Independent Samples t-test pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen (82,06) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (76,19). Peningkatan skor kelompok eksperimen mencapai 25,49 poin atau 45,05% dari skor awal, sedangkan kelompok kontrol meningkat 17,71 poin atau 30,29%. Uji t menghasilkan nilai p = 0,01 (< 0,05), yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Temuan ini juga menunjukkan bahwa media augmented reality dapat meningkatkan retensi materi, mengurangi miskonsepsi, dan memotivasi peserta didik. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran augmented reality efektif meningkatkan hasil belajar IPA pada materi gunung berapi dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini merekomendasikan integrasi augmented reality dalam pembelajaran IPA, khususnya pada materi yang memerlukan visualisasi kompleks, disertai pelatihan guru untuk pemanfaatan teknologi secara optimal.
Downloads
References
Acesta, A., & Nurmaylany, M. (2018). Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 4(2), 346-352. https://doi.org/10.36989/didaktik.v4i2.79
Agustin, A., & Wardhani, H. A. K. (2023). Pengaruh media augmented reality (AR) berbantuan Assemblr Edu terhadap hasil belajar siswa SMP IT Robbani Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 7-13. https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.952
Amalia, A., & Mawardini, A. (2024). Pengaruh Media Digital Augmented Reality Berbantu Aplikasi Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 3(2), 126-138. https://doi.org/10.56855/jpsd.v3i2.1087
Carolina, Y. D. (2023). Augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif 3D untuk meningkatkan motivasi belajar siswa digital native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10-16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.448
Dinarti, S. (2024). Pengaruh Alat Peraga Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JEDMA Jurnal Edukasi Matematika, 5(1), 9-18. https://doi.org/10.51836/jedma.v5i1.763
Hermayanti, F., & Setyasto, N. (2025). Development of E-Learning Materials Assisted by Augmented Reality on the Material of the Form of Matter and its Changes to Improve Learning Outcomes of Elementary School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(1), 329-341. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i1.10218
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kumalasari, A. N., & Ridwan, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Terhadap Hasil BelajarPassing Sepak Bola Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 3(2), 76-85. https://doi.org/10.55081/jumper.v3i2.904
Landa, V. R., Djusmin, V. B., & Ekawati, S. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berbasis Augmented Reality untuk Siswa SMPN 2 Palopo. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 96-109. https://doi.org/10.54065/jld.5.1.2025.624
Latifah, A., Tresnawati, D., & Sanjaya, H. (2022). Media pembelajaran menggunakan teknologi augmented reality untuk tanaman daun herbal. Jurnal Algoritma, 19(2), 515-526. https://doi.org/10.33364/algoritma/v.19-2.1138
Mayer, R. E. (2020). Designing multimedia instruction in anatomy: An evidence‐based approach. Clinical Anatomy, 33(1), 2-1. https://doi.org/10.1002/ca.23265
Nurhami, N., Muharram, N., & Susanti, W. (2024). Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa SMA Negeri 9 Luwu melalui Pembelajaran Etno-Matematika Berbasis Augmented Reality. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 128-140. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.521
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-28. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2702
Pratiwi, N. W. C., Margunayasa, I. G., & Lasmawan, I. W. (2024). Media Pembelajaran Augmented reality Berbasis Profil Pelajar Pancasila Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 110-122. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.73179
Rachim, M. R., Salim, A., & Qomario, Q. (2024). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa dalam pendidikan modern. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 594-605. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1407
Resti, N., Ridwan, R., Palupy, R. T., & Riandi, R. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan AR (Augmented Reality) pada Materi Sistem Pencernaan:(Learning Media Innovation Using Augmented Reality on Digestive System Material). Biodik, 10(2), 238-248. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.34022
Salsabila, U. H., Aghnia, M. S., Sholihin, A., & Pratiwi, A. (2023). Dinamika teknologi dalam pendidikan agama islam. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 01-05. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.1912
Setiawaty, S., Lukman, I. R., Imanda, R., Sudirman, S., & Rauzatuzzikrina, R. (2024). Integrating of Mobile Augmented Reality Applications Through Inquiry Learning to Improve Students’ Science Process Skills and Concept Mastery. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1), 90-102. https://doi.org/10.15294/jpii.v13i1.48891
Suwarna, I. P. (2014). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Dinamika Partikel. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 2(1), 61–72. https://doi.org/10.15408/tjems.v1i1.1111
Thahir, R., & Kamaruddin, R. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 24–35. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.26
Wibowo, V. R., Putri, K. E., & Mukmin, B. A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi penggolongan hewan kelas V sekolah dasar. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(1), 58-69. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i1.119
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., & Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran media pembelajaran berbasis augmented reality dalam media sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 3(5). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575
Zaid, M., Razak, F., & Alam, A. A. F. (2022). Keefektifan media pembelajaran augmented reality berbasis STEAM dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 2(2), 59-68. https://doi.org/10.54065/pelita.2.2.2022.316
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yulius Panther Bara, Dina Gasong, I Ketut Linggih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.