Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Systematic Literature Review

Authors

  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gde Wawan Sudatha Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Kadek Suartama Universitas Pendidikan Ganesha
  • Made Hery Santosa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6330

Keywords:

Laboratorium Virtual, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Systematic Literature Review

Abstract

Penelitian mengenai penggunaan laboratorium virtual sudah banyak dilakukan. Namun penelitian systematic literature revier (SLR) mengenai penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA masih belum banyak dilakukan. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian SLR untuk mendapatkan perkembangan kekinian mengenai penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA. Harapannya, peneliti akan menemukan celah (gap) berkaitan dengan penggunanan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA sehingga dapat dijadikan rujukan bagi peneliti lainnya dalam melakukan penelitian lanjutkan berkaitan dengan penggunaan laboratorium virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian systematic literature review menggunakan metode PRISMA dengan tahap identification, screening, eligbility dan inclusion. Pertanyaan penelitian yang akan dibahas adalah tentang jenis laboratorium virtual apa yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA dan bagaimana dampak yang ditimbulkan dari penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA. Artikel yang dianalisis diambil dari aplikasi Google Schiolar dan rentang waktu yang digunakan dari tahun 2021-2025. Hasil penelitian menyatakan bahwa jenis laboratorium virtual yang digunakan dalam pembelajaran IPA adalah jenis simulasi dan penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA berdampak pada peningkatan hasil belajar, motivasi belajar, keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agushesa, H. Y., & Prastiwi, M. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratory terhadap Kemampuan Literasi Saintifik Sisiwa pada Materi Evolusi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 458-464. https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p458-464

Alfauzia, R., Agung, S., & Fairusi, D. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penggunaan Laboratorium Virtual Phet (Physics Education Technology) Pada Materi Asam-Basa: Increasing The Use Of Phet (Physics Education Technology) Virtual Laboratory On Learning Motivation On Acid-Base Material. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(2), 10-17. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v13i2.28616

Arthana, M. P., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2024). System Literature Review: Peran Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Melatih Keterampilan Higher Order Thinking Skills. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2351-2365. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2357

Bogar, D. Y., Jufriansah, A., & Prasetyo, E. (2023). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Buletin Edukasi Indonesia, 2(03), 102-112. https://doi.org/10.56741/bei.v2i03.397

Cikal, O. M., & Masruro, F. (2024). Upaya peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi rangkaian listrik menggunakan laboratorium virtual untuk Sekolah Dasar kelas 6. Patria Educational Journal (PEJ), 4(3), 87-92. https://doi.org/10.28926/pej.v4i3.1809

Darmaji, D., Purwaningsih, S., Lestari, N., Riantoni, C., & Falah, H. S. (2023). Pelatihan PhET Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA Dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 739-745. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14252

Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2021). Pengaruh penerapan laboratorium virtual PhET terhadap motivasi belajar IPA siswa pada materi gerak lurus. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(2), 271-277. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5514

Harianto, R., Umam, K., Nisa’Andawiyah, K., & Dhani, A. (2024). Efektifitas Media Virtual Laboratory Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 95-103. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i2.565

Hermana, A. D., Subekti, H., & Sabtiawan, W. B. (2022). Implementasi Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 233-239.

Hidayah, T. L., Supeno, S., & Nuha, U. (2022). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 239-250. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.425

Masitoh, E., Ramdhan, B., & Nuranti, G. (2021). Profil Keterampilan Non-Kognitif Essential Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbantukan Media Virtual Laboratorium. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 10-17. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i1.429

Meilina, I. L., Rohmah, A. A., & Farikha, N. (2023). Studi Literatur Efektivitas Virtual Laboratorium Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 40-50. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p40-50

Munandar, U. (2020). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah.

Naaziat, A., Chaeruman, U. A., & Kusumawardani, D. (2024). Integrasi Discovery Learning di Laboratorium Virtual untuk Pendidikan Elektronika: Tinjauan Literatur Review. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13(4), 4733–4742. https://doi.org/10.58230/27454312.1109

Nurhasanah, N., Sutrio, S., Makhrus, M., & Susilawati, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi pada Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual Berbasis Web. Experiment: Journal of Science Education, 3(1), 17-23. https://doi.org/10.18860/experiment.v3i1.23280

Pajriah, S., & Budiman, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dual Coding Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Informatika Ciamis). Jurnal artefak, 4(1), 77-86. https://doi.org/10.25157/ja.v4i1.737

Purwati, P., Darwis, R., & Natsir, N. A. (2025). Efektivitas Laboratorium Virtual IPA dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII pada Materi Suhu dan Kalor. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 322-330. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2574

Putra, R., Pratika, R. A., Beladona, S. U. M., & Kumalasari, M. R. (2024). Implementasi Pembelajaran Kimia Secara Eksperimental Menggunakan Aplikasi Virtual Lab “Chemcollective”. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(2), 340-348. https://orcid.org/0000-0001-9094-3712

Rana, R., Sani, Y. M. S. Y., & Solo, Y. D. (2023). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Mas Muhammadiyah Nangahure. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(3), 589-596. https://doi.org/10.54082/jupin.232

Rasyidi, R. D. G., Latifah, S., & Kurniawati, D. (2024). Penggunaan Media Laboratorium Virtual (PhET Simulation) Terhadap Scientific Communication Skills Mahasiswa Pada Praktikum Hukum Kekekalan Energi Mekanik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 289-297. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1135

Ridha, R. A. K., & Anugra, N. (2023). Penggunaan Laboratorium Virtual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Uji Zat Makanan (Karbohidrat). EDUKIMBIOSIS, 10-17.

Saleh, F. M., Riandi, R., & Surtikanti, H. K. (2024). Laboratorium Konvensional vs Laboratorium Virtual dalam Efektivitas dan Motivasi Pembelajaran Biologi: Studi Literatur. Jurnal Jeumpa, 11(1), 13-24. https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jj.v11i1.9143

Sanimah, S., Haniyyah, U., & Rambe, I. W. (2024). Kajian Kelebihan dan kelemahan penggunaan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Jeumpa, 11(1), 129-137. https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jj.v11i1.9815

Sholihat, D., & Anwar, A. (2023). Rumpun ilmu Pengetahuan Alam dalam Perspektif Islam dan Barat. Jurnal Sains dan Teknologi, 5(2), 676-686.

Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. (2020). Laboratorium virtual: media praktikum online untuk meningkatkan pemahaman siswa di masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 45–51. Majalengka: Universitas Majalengka.

Suryanto, A., Primadiyono, Y., & Harlanu, M. (2023). Model Praktek Berbasis Virtual Laboratory Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Hybrid Learning: Analisis Dari Skill Digital, Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang, (5), 87-105. https://doi.org/10.1529/kp.v1i5.132

Susiwi, S. (2007). Pendekatan Pembelajaran DalamPembelajaran Kimia.“. Handout” Mata.

Tupalessy, A., Kereh, C. T., & Singerin, S. (2021). Penggunaan laboratorium virtual PhET dalam model discovery learning pada materi gerak harmonik sederhana. Science Map Journal, 3(2), 47-55.

Widiantini, N. N. A. S., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2017). Model pembelajaran sets (science, environment, technology, society) berbantuan virtual lab berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 141-148. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11776

Widiarini, P., Rapi, N. K., & Suma, K. (2024). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual Tinkercad Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kreativitas Mahasiswa pada Matakuliah Elektronika Digital. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(3), 277-286. https://doi.org/10.51878/science.v4i3.3291

Wijaya, I. K. W. B., Yasa, I. M. W., & Muliani, N. M. (2023). Menumbuhkan literasi sains siswa sekolah dasar di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1012-1016. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1259

Wijaya, I. K. W. B., Yasa, I. M. W., & Wahyuni, N. N. T. (2023). Aplikasi Konsep Pembelajaran Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Sekolah Dasar (SD). Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2574-2581. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2168

Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Implementasi pembelajaran fisika berbasis laboratorium virtual terhadap keterampilan proses sains dan persepsi mahasiswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 18-28. https://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4378

Published

2025-07-30

How to Cite

Wijaya, I. K. W. B., Sudatha, I. G. W., Suartama, I. K., & Santosa, M. H. (2025). Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Systematic Literature Review. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 952–961. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6330

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.