Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6330Keywords:
Laboratorium Virtual, Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam, Systematic Literature ReviewAbstract
Penelitian mengenai penggunaan laboratorium virtual sudah banyak dilakukan. Namun penelitian systematic literature revier (SLR) mengenai penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA masih belum banyak dilakukan. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian SLR untuk mendapatkan perkembangan kekinian mengenai penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA. Harapannya, peneliti akan menemukan celah (gap) berkaitan dengan penggunanan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA sehingga dapat dijadikan rujukan bagi peneliti lainnya dalam melakukan penelitian lanjutkan berkaitan dengan penggunaan laboratorium virtual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian systematic literature review menggunakan metode PRISMA dengan tahap identification, screening, eligbility dan inclusion. Pertanyaan penelitian yang akan dibahas adalah tentang jenis laboratorium virtual apa yang sering digunakan dalam pembelajaran IPA dan bagaimana dampak yang ditimbulkan dari penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA. Artikel yang dianalisis diambil dari aplikasi Google Schiolar dan rentang waktu yang digunakan dari tahun 2021-2025. Hasil penelitian menyatakan bahwa jenis laboratorium virtual yang digunakan dalam pembelajaran IPA adalah jenis simulasi dan penggunaan laboratorium virtual dalam pembelajaran IPA berdampak pada peningkatan hasil belajar, motivasi belajar, keterampilan proses sains dan keterampilan berpikir siswa.
Downloads
References
Agushesa, H. Y., & Prastiwi, M. S. (2024). Pengaruh Penggunaan Virtual Laboratory terhadap Kemampuan Literasi Saintifik Sisiwa pada Materi Evolusi. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 458-464. https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p458-464
Alfauzia, R., Agung, S., & Fairusi, D. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dengan Penggunaan Laboratorium Virtual Phet (Physics Education Technology) Pada Materi Asam-Basa: Increasing The Use Of Phet (Physics Education Technology) Virtual Laboratory On Learning Motivation On Acid-Base Material. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 13(2), 10-17. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v13i2.28616
Arthana, M. P., Agustini, K., & Sudatha, I. G. W. (2024). System Literature Review: Peran Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dalam Melatih Keterampilan Higher Order Thinking Skills. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2351-2365. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2357
Bogar, D. Y., Jufriansah, A., & Prasetyo, E. (2023). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Buletin Edukasi Indonesia, 2(03), 102-112. https://doi.org/10.56741/bei.v2i03.397
Cikal, O. M., & Masruro, F. (2024). Upaya peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam materi rangkaian listrik menggunakan laboratorium virtual untuk Sekolah Dasar kelas 6. Patria Educational Journal (PEJ), 4(3), 87-92. https://doi.org/10.28926/pej.v4i3.1809
Darmaji, D., Purwaningsih, S., Lestari, N., Riantoni, C., & Falah, H. S. (2023). Pelatihan PhET Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru IPA Dalam Merancang Kegiatan Pembelajaran. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 739-745. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14252
Darwis, R., & Hardiansyah, M. R. (2021). Pengaruh penerapan laboratorium virtual PhET terhadap motivasi belajar IPA siswa pada materi gerak lurus. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 7(2), 271-277. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5514
Harianto, R., Umam, K., Nisa’Andawiyah, K., & Dhani, A. (2024). Efektifitas Media Virtual Laboratory Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(2), 95-103. https://doi.org/10.24929/lensa.v14i2.565
Hermana, A. D., Subekti, H., & Sabtiawan, W. B. (2022). Implementasi Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 233-239.
Hidayah, T. L., Supeno, S., & Nuha, U. (2022). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Virtual Terhadap Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 239-250. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.425
Masitoh, E., Ramdhan, B., & Nuranti, G. (2021). Profil Keterampilan Non-Kognitif Essential Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbantukan Media Virtual Laboratorium. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 10-17. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i1.429
Meilina, I. L., Rohmah, A. A., & Farikha, N. (2023). Studi Literatur Efektivitas Virtual Laboratorium Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 40-50. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p40-50
Munandar, U. (2020). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah.
Naaziat, A., Chaeruman, U. A., & Kusumawardani, D. (2024). Integrasi Discovery Learning di Laboratorium Virtual untuk Pendidikan Elektronika: Tinjauan Literatur Review. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 13(4), 4733–4742. https://doi.org/10.58230/27454312.1109
Nurhasanah, N., Sutrio, S., Makhrus, M., & Susilawati, S. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi pada Pembelajaran Menggunakan Laboratorium Virtual Berbasis Web. Experiment: Journal of Science Education, 3(1), 17-23. https://doi.org/10.18860/experiment.v3i1.23280
Pajriah, S., & Budiman, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Dual Coding Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Informatika Ciamis). Jurnal artefak, 4(1), 77-86. https://doi.org/10.25157/ja.v4i1.737
Purwati, P., Darwis, R., & Natsir, N. A. (2025). Efektivitas Laboratorium Virtual IPA dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VII pada Materi Suhu dan Kalor. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 322-330. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2574
Putra, R., Pratika, R. A., Beladona, S. U. M., & Kumalasari, M. R. (2024). Implementasi Pembelajaran Kimia Secara Eksperimental Menggunakan Aplikasi Virtual Lab “Chemcollective”. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 5(2), 340-348. https://orcid.org/0000-0001-9094-3712
Rana, R., Sani, Y. M. S. Y., & Solo, Y. D. (2023). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Mas Muhammadiyah Nangahure. Jurnal Penelitian Inovatif, 3(3), 589-596. https://doi.org/10.54082/jupin.232
Rasyidi, R. D. G., Latifah, S., & Kurniawati, D. (2024). Penggunaan Media Laboratorium Virtual (PhET Simulation) Terhadap Scientific Communication Skills Mahasiswa Pada Praktikum Hukum Kekekalan Energi Mekanik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 289-297. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1135
Ridha, R. A. K., & Anugra, N. (2023). Penggunaan Laboratorium Virtual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Uji Zat Makanan (Karbohidrat). EDUKIMBIOSIS, 10-17.
Saleh, F. M., Riandi, R., & Surtikanti, H. K. (2024). Laboratorium Konvensional vs Laboratorium Virtual dalam Efektivitas dan Motivasi Pembelajaran Biologi: Studi Literatur. Jurnal Jeumpa, 11(1), 13-24. https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jj.v11i1.9143
Sanimah, S., Haniyyah, U., & Rambe, I. W. (2024). Kajian Kelebihan dan kelemahan penggunaan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Jeumpa, 11(1), 129-137. https://doi.org/https://doi.org/10.33059/jj.v11i1.9815
Sholihat, D., & Anwar, A. (2023). Rumpun ilmu Pengetahuan Alam dalam Perspektif Islam dan Barat. Jurnal Sains dan Teknologi, 5(2), 676-686.
Sugiharti, S., & Sugandi, M. K. (2020). Laboratorium virtual: media praktikum online untuk meningkatkan pemahaman siswa di masa pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 45–51. Majalengka: Universitas Majalengka.
Suryanto, A., Primadiyono, Y., & Harlanu, M. (2023). Model Praktek Berbasis Virtual Laboratory Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Hybrid Learning: Analisis Dari Skill Digital, Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Bookchapter Pendidikan Universitas Negeri Semarang, (5), 87-105. https://doi.org/10.1529/kp.v1i5.132
Susiwi, S. (2007). Pendekatan Pembelajaran DalamPembelajaran Kimia.“. Handout” Mata.
Tupalessy, A., Kereh, C. T., & Singerin, S. (2021). Penggunaan laboratorium virtual PhET dalam model discovery learning pada materi gerak harmonik sederhana. Science Map Journal, 3(2), 47-55.
Widiantini, N. N. A. S., Putra, M., & Wiarta, I. W. (2017). Model pembelajaran sets (science, environment, technology, society) berbantuan virtual lab berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 141-148. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11776
Widiarini, P., Rapi, N. K., & Suma, K. (2024). Efektivitas Penggunaan Laboratorium Virtual Tinkercad Berbasis Penilaian Proyek Terhadap Kreativitas Mahasiswa pada Matakuliah Elektronika Digital. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 4(3), 277-286. https://doi.org/10.51878/science.v4i3.3291
Wijaya, I. K. W. B., Yasa, I. M. W., & Muliani, N. M. (2023). Menumbuhkan literasi sains siswa sekolah dasar di lingkungan keluarga. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1012-1016. https://doi.org/https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1259
Wijaya, I. K. W. B., Yasa, I. M. W., & Wahyuni, N. N. T. (2023). Aplikasi Konsep Pembelajaran Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Sekolah Dasar (SD). Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2574-2581. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2168
Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Implementasi pembelajaran fisika berbasis laboratorium virtual terhadap keterampilan proses sains dan persepsi mahasiswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 18-28. https://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4378
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 I Komang Wisnu Budi Wijaya, I Gde Wawan Sudatha, I Kadek Suartama, Made Hery Santosa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.