Pengembangan Media Game Edukasi Wordwall sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

  • Maulida Nurul Aini Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Linaria Arofatul Ilmi Uswatun Khasanah Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Arfian Mudayan Universitas Muhammadiyah Lamongan
Keywords: Game Edukasi, Wordwall, Bahasa Indonesia, Pengembangan Media

Abstract

Penggunaan media pembelajaran mengalami beberapa kendala dalam penyampaian materi yang bersifat formal, pembelajaran tidak interaktif, dan siswa tidak tertarik dengan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan (R&D). Metode penelitian pengembangan ini diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media game edukasi wordwall berupa PowerPoint interaktif untuk membantu siswa di kelas satu pada materi bahasa Indonesia. Analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi adalah lima tahap dari model ADDIE yang digunakan untuk pengembangan ini. Angket respons siswa, lembar validasi, dan angket aktivitas adalah instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah Siswa di kelas 1 SDN 3 Made Lamongan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis web wordwall menggunakan PowerPoint Interaktif dapat disimpulkan: (1) Kevalidan pada media pembelajaran game edukasi wordwall yang dinyatakan layak digunakan dengan persentase kelayakan 87,4% validasi materi dan 87% validasi media. (2) Kepraktisan game edukasi wordwall pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan menyatakan bahwa praktis digunakan dalam proses pembelajaraan dengan persentase kelayakan 95%. (3) Keefektifan game edukasi wordwall menyatakan bahwa efektif digunakan untuk melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan persentase kelayakan 89,5%. Dapat disimpulkan bahwa penggunan media game edukasi wordwall sangat valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., Buchori, A., & Sulianto, J. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Aplikasi Game Edukatif Worwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak usia 5-6. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 5685-5690. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14584

Amril, A., Darniyanti, Y., & Sapitri, D. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Wordwall Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9593-9607. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2927

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).

Gunawan, S., Susandi, S., & Susilawati, L. (2023). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Memanfaatkan Aplikasi Daring Wordwall pada Siswa Kelas VIII A MTs Annur Al Huda Tajinan Malang. ALFABETA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(2), 67-73. https://doi.org/10.33503/alfabeta.v6i2.3688

Hardiningrum, A., Shari, D., Rihlah, J., Munawaroh, R., & Rulyansah, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Digital: Pelatihan Game Edukasi Wordwall untuk Guru PAUD di Surabaya. Indonesia Berdaya, 5(3), 953-960. https://doi.org/10.47679/ib.2024853

Khairunisa, Y. (2021). Utilization of the Maze Chase Wordwall Online Gamification Feature as a Digital Learning Medium for Statistics and Probability Subject. MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 2(1), 41-47. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254

Kurnia, N., Permana, E. P., & Permatasari, C. (2023). Implementasi Media Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 589-598. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.295

Kusuma, E. (2024). Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(2), 1566-1573. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7433

Larasati, P., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall. net Sebagai Media Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 395-412. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-3

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. http://dx.doi.org/10.29210/022035jpgi0005

Novyanti, N., Dewi, H. I., & Winata, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Kreativitas Kognitif Anak Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Instruksional, 4(1). https://doi.org/10.24853/instruksional.4.1.%25p

Oktaviani, M., & Yanti, P. G. (2022). Mengembangkan Media Pembelajaran Permainan Anagram (Wordwall) untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Peserta Didik. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 275-284. https://doi.org/10.32528/bb.v7i2.97

Pramesti, A. A., Ekowati, D. W., & Febriyanti, F. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Simki Pedagogia, 6(2), 489-499. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i2.316

Putri, I. L., Amril, A., & Hader, A. E. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Game Wordwall Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN 10 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 10090-10097. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.3348

Reza, M. F., & Nopiyadi, D. (2022). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran berbasis Game Edukasi Wordwall pada Mata Kuliah Jarigan Komputer. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 5459-5467. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6346

Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195-199. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4112

Syafrin, Y., Kamal, M., Arifmiboy, A., & Husni, A. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 72-77. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.111

Syaripah, A., & Saputra, E. R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran ICT Berbasis Game Edukatif Wordwall Sajak Bahasa Sunda Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 9(1), 55-62. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2067

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal komunikasi pendidikan, 2(2), 103-114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tambunan, L., & Tambunan, J. (2023). Pengembangan bahan ajar e-modul matematika berbantuan aplikasi Canva pada materi grafik fungsi eksponen dan logaritma. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1029-1038. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2212

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Guru dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9-16.

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36-41. https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hassil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027-1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835

Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 259-265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481

Published
28-08-2024
How to Cite
Aini, M. N., Khasanah, L. A. I. U., & Mudayan, A. (2024). Pengembangan Media Game Edukasi Wordwall sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 780-789. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4144
Section
Regular Articles