Pengaruh Literasi Visual terhadap Peningkatan Pemahaman Mufradat Siswa Kelas VIII MTS Swasta Baburrahmah Baebunta Luwu Utara

Authors

  • Marwa Marwa Universitas Islam Negeri Palopo
  • Nurjannah Baso Universitas Islam Negeri Palopo
  • Sarmilawati Sarmilawati Universitas Islam Negeri Palopo
  • Kaharuddin Kaharuddin Universitas Islam Negeri Palopo
  • Mustafa Mustafa Universitas Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6751

Keywords:

Pengaruh, Literasi Visual, Pemahaman Mufradat, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Urgensi penelitian ini adalah untuk menjawab tantangan rendahnya pemahaman mufradat bahasa Arab di kalangan siswa, yang menjadi salah satu faktor penghambat dalam penguasaan keterampilan berbahasa secara menyeluruh. Mufradat atau kosakata merupakan fondasi utama dalam memahami teks dan menyusun kalimat dalam bahasa Arab. Namun, siswa sering mengalami kesulitan mengingat dan memahami mufradat akibat metode pembelajaran yang kurang variatif dan cenderung monoton. Salah satu pendekatan yang diyakini dapat mengatasi permasalahan ini adalah literasi visual, yakni pemanfaatan media visual seperti gambar, ilustrasi, dan video dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana literasi visual dapat meningkatkan pemahaman mufradat siswa kelas VIII MTs Swasta Baburrahmah Baebunta, Kabupaten Luwu Utara. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pra-eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel dipilih secara purposive sebanyak 20 siswa yang memiliki tingkat pemahaman mufradat rendah berdasarkan hasil uji awal. Instrumen penelitian meliputi tes pilihan ganda untuk mengukur penguasaan mufradat, lembar observasi untuk memantau keaktifan belajar, pedoman wawancara untuk menggali pendapat siswa, dan angket skala Likert untuk menilai minat belajar. Data dianalisis menggunakan uji t sampel berpasangan (paired sample t-test) dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa dari 48 (pre-test) menjadi 85 (post-test), dengan nilai t hitung (11,4) > t tabel (2,093). Temuan ini membuktikan bahwa literasi visual berpengaruh positif terhadap pemahaman mufradat. Selain itu, media visual juga meningkatkan minat belajar, keaktifan, dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi, A. C. (2025). Media visual sebagai alat bantu literasi menulis di era digital. Jurnal E-MAS (Edukasi dan Pembelajaran Anak Usia Dini), 1(2), 57–65. https://doi.org/10.91989/d20t7785

Rifai, M., Desyandri, Y. Y., Azima, N. F., & Habibi, M. (2025). Pengembangan E-Book Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Membaca Pemahaman Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 230-240. https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i02.6082

Hana, Y. (2020). Pengaruh metode bernyanyi berbantu media pop up book terhadap penguasaan kosa kata Bahasa Arab pada siswa kelas V materi di MI Natijatul Islam Sumberejo, Jaken Pati [Skripsi, UIN Walisongo].

Hasballah, M. U., & Rabi, N. B. M. (2022). Meningkatkan kemampuan literasi dini pada anak disleksia melalui metode “VAKTA.” Jurnal Buah Hati, 9(1), 43–56. https://doi.org/10.46244/buahhati.v9i1.1735

Indah, R. A., & Fadilah, M. (2024). Literature review: Pengaruh media pembelajaran literasi visual terhadap hasil belajar biologi siswa SMA. Biodik, 10(2), 188–198. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.33803

Jannah, B. P. & Miftahul. L. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif. PT Rajagrafindo Persada.

Jefriadi, Z. A. S., Syamsuddin, N., & Mustafa, M. (2025). Penerapan media domino berbasis gambar untuk meningkatkan kosakata Bahasa Arab siswa kelas IV: Studi eksperimen pada siswa kelas IV. Pedagogical Education and Review of Linguistics, 61–72.

Mawardi, M., Mustafa, M., & Tamin, M. (2022). Metode pembelajaran mufradat dalam menghafal kosakata Bahasa Arab di sekolah menengah. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 5(1). https://doi.org/10.24256/jale.v5i1.2913

Nasution, N. S., & Lubis, L. (2023). Urgensi pembelajaran Bahasa Arab dalam pendidikan Islam. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 181–191. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.227

Natari, R., & Suryana, D. (2022). Penerapan nilai-nilai agama dan moral AUD selama masa pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3659–3668.

Nikmatusholekha, N. (2022). Penerapan media visual gambar dalam pembelajaran maharah kalam Bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Mambaul Ma’arif Belik Pemalang tahun ajaran 2021/2022 [Disertasi doktoral, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri].

Nurdiniawti, M. (2020). Penggunaan media flash cards untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Al-Af'idah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Pengajarannya, 4(1), 35–50. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i1.496

Nurrahmah, F. (2025). Analisis Kebutuhan E-LKM Interaktif pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Padang. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 124-133. https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i2.p124-133

Nurainun, N., & Nasution, S. (2024). The Influence of the CIRC Learning Model (Cooperative, Integrated, Reading, and Composition) on the Reading Skills Students at Islamic Elementary School. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 6(2), 38-57. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i2.5172

Raudatussolihah, B. (2022). Pengembangan teknologi audio-visual dalam pembelajaran Bahasa Arab. Education and Learning Journal, 3(1), 53–60.

Hakim, A. A., Mukmin, M., & Sabana, R. (2025). Komik Tematik sebagai Media Pembelajaran untuk Maharah Qirā’ah Bahasa Arab. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 8(2), 661-671. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5899

Setyaningsih, Y. (2023). Multimodalitas linguistis-visual dalam morfologi Bahasa Indonesia: Persepsi pemaduan dalam pengembangan desain pembelajaran. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(4), 971–990. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i4.725

Sidhartani, S. (2016). Literasi visual sebagai dasar pemaknaan dalam apresiasi dan proses kreasi visual. Jurnal Desain, 3(03), 155–163. http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v3i03.709

Rusli, S., & Pamessangi, A. A. (2025). Peningkatan Kosakata Bahasa Arab dengan Menggunakan Game Educandy Siswa Kelas VII. Pedagogical Education and Review of Linguistics, 55-60.

Syagif, A. (2023). Peluang dan tantangan pengembangan literasi digital dalam pembelajaran Bahasa Arab pada jenjang pendidikan dasar. Fashluna, 4(1), 87–100. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.492

Zuhdy, H. (2017). Teknik pengajaran kosa kata Bahasa Arab. In Workshop Peningkatan Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Pengajar Pondok Pesantren (pp. 1–7). Fakultas Humaniora, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Published

2025-09-14

How to Cite

Marwa, M., Baso, N., Sarmilawati, S., Kaharuddin, K., & Mustafa, M. (2025). Pengaruh Literasi Visual terhadap Peningkatan Pemahaman Mufradat Siswa Kelas VIII MTS Swasta Baburrahmah Baebunta Luwu Utara. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(3), 1442–1452. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.3.2025.6751

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.