Pengaruh Praktik Kerja Lapangan, Self-Efficacy dan Penguasaan Soft Skill terhadap Minat Berkarir di Bidang Akuntansi pada Siswa Akuntansi SMK Negeri 1 Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6171Keywords:
Praktik Kerja Lapangan, Self-efficacy, Penguasaan Soft Skill, Minat Berkarir, Siswa SMKAbstract
Urgensi Penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL) terhadap minat berkarir siswa jurusan akuntansi, 2) pengaruh self-efficacy terhadap minat berkarir siswa, 3) pengaruh penguasaan soft skill terhadap minat berkarir siswa, dan 4) pengaruh PKL, self-efficacy, dan Soft Skill secara simultan terhadap minat berkarir di bidang akuntansi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh PKL, Self-Effiacy dan penguasaan soft skill terhadap minat berkarir. Siswa Akuntansi Kelas XII dari SMK Negeri 1 Lamongan yang sudah mengikuti program magang adalah subjek dalam penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif kausal untuk mengetahui pengaruh Praktik Kerja lapangan, Self-Effiacy dan Penguasaan Soft Skill terhadap Minat Berkarir di bidang akuntansi. desain ini dipilih karena sesuai untuk menjawab pertanyaan penelitian yang berfokus pada hubungan antar variable. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, sehingga seluruh anggota populasi sebanyak 69 siswa dijadikan sebagai sampel. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama ketiga variabel memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkarir siswa. Namun secara individu, hanya self-efficacy yang memberikan pengaruh signifikan terhadap minat berkarir dibidang akuntansi, sedangkan PKL dan Soft Skill tidak memberikan pengaruh signifikan. Kesimpulan penelitian ini bahwa secara simultan variabel Praktik Kerja Lapangan, Self-efficacy dan Penguasaan Soft Skill berpengaruh terhadap minat berkarir di bidang akuntansi pada siswa jurusan akuntansi SMK Negeri 1 Lamongan. Naun demikian, secara persial hanya variabel self-efficacy yang menujukan pengaruh signifikan terhadap minat berkarir, sedangkan variabel praktik kerja lapangan dan penguasaan soft skill tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Temuan ini mengindikasi bahwa keyakinan diri siswa merupakan faktor psikologis yang dominan dalam membentuk aspirasi karir dibidang akuntansi.
Downloads
References
Amelia, A. R., Miranti, M. G., Astuti, N., & Romadhoni, I. F. (2025). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan Motivasi Bekerja terhadap Minat Berkarir di Hotel oleh Peserta Didik Jurusan Tata Boga di SMKN 2 Mojokerto. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 707-715. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3102
Dinita, J. F., Setyaningsih, K., & Kanada, R. (2024). Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Bagi Siswa Jurusan Bisnis Daring & Pemasaran di SMK Negeri 3 Palembang. Journal of Law, Administration, and Social Science, 4(4), 544-555.
Fauziana, F. (2022). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah IPA. Pionir: Jurnal pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i1.13138
Habibah, I. F., & Dwijayanti, R. (2023). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan (PKL), Self-Efficacy dan Internal Locus of Control terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMKN Mojoagung Jombang. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 142-151. https://doi.org/10.26740/jptn.v11n2.p142-152
Harsantik, G. S., Purwoko, B., Naqiyah, N., & Habsy, B. A. (2025). Kemampuan Career Adaptability Siswa SMK: Studi Literatur. DA'WA: Jurnal Bimbingan Penyuluhan & Konseling Islam, 4(2), 116-132. https://doi.org/10.36420/dawa.v4i2.664
Indriani, A., & Jahani, J. (2024). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan, Self Efficacy Dan Kompetensi Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Pada Smk Niba Bogor. Jurnal Mirai Management, 9(2), 294-315. https://doi.org/10.37531/mirai.v9i2.7549
Ismoyo, A. G., & Wahjudi, E. (2023). Dapatkah Efikasi Diri Memediasi Pengaruh Kompetensi Kejuruan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa di Bidang Akuntansi?. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11(2), 198-210. https://doi.org/10.26740/jpak.v11n2.p198-210
Kartika, D. (2021). Pengaruh Prestasi Belajar, Self Efficacy, Praktek Kerja Lapangan dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Siswa Kelas XII Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 3 Padang. JURNAL PROSPEK, 2(2), 164. https://doi.org/10.37058/prospek.v2i2.2863
Khoiroh, M., & Prajanti, S. D. W. (2018). Pengaruh motivasi kerja, praktik kerja industri, penguasaan soft skill, dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1010-1024. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28336
Nurhayati, N., & Kusmuriyanto, K. (2019). Pengaruh Kompetensi Produktif Akuntansi, Prakerin, dan Lingkungan Keluarga Melalui Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 568-587. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31484
Puspitasari, N. A., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengaruh pengalaman prakerin, self efficacy dan internal locus of control terhadap kesiapan kerja siswa SMK di bidang akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 31-43. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p31-43
Rahmayanti, D., Bowo, P. A., & Sakitri, W. (2018). Pengaruh Pkl, Lingkungan Keluarga, Akses Informasi Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 945-960. https://doi.org/10.15294/eeaj.v7i3.28324
Rusdarti, R., & Ambarwati, N. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Motivasi Kerja, Self Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 831-843. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42409
Sentinuwo, J. A. L., Worang, F. G., & Mac Donald, B. W. (2025). Pengaruh Perencanaan Karir, Self Efficacy Dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Lulusan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas SAM Ratulangi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 13(01), 731-743. https://doi.org/10.35794/emba.v13i01.60715
Takhwil, A. S., & Novrita, S. Z. (2025). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Tata Busana Di SMK N 8 Padang. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 15(1), 345-354. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v15i1.805
Triani, D., & Arief, S. (2016). Pengaruh praktik kerja industri, hasil belajar mata pelajaran akuntansi, dan motivasi memasuki kerja terhadap kesiapan kerja siswa akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 849-849.
Wahyuni, E. N., & Oktarina, N. (2019). Pengaruh prakerin, fasilitas belajar, dan self-efficacy terhadap kesiapan memasuki dunia kerja. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 404-418. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29784
Wahyuningsih, I., & Yulianto, A. (2020). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan praktik kerja industri melalui motivasi kerja terhadap kesiapan kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 532-551. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.39430
Yuliantini, K. Y., Heryani, H., Febbyani, F., Sunggelan, S. C., & Khaerana, K. (2022). Pengaruh Soft Skill terhadap Kinerja Karyawan pada Perumda Tirta Mangkaluku Kota Palopo. Journal Social Society, 2(2), 114–124. https://doi.org/10.54065/jss.2.2.2022.311
Zain, N., & Jeniar, R. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas X dan XI SMK Negeri di Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran, Dan Akuntansi, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.21009/jpepa.0101.01
Zulfirsta, A., & BN, Y. A. B. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Bekerja di Kantor Akuntan Publik. Jurnal Ekonomi Trisakti, 3(1), 1785-1794. https://doi.org/10.25105/jet.v3i1.16059
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fifin Farohah, Agung Listiadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.