Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Kelas X SMAN 6 Surabaya dalam Pembelajaran PJOK dengan Menerapkan Permainan Bola Beracun di Awal Pembelajaran

Authors

  • Rohmad Ramadhani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nararia Kirana Bhakti Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Vidya Kharisma Putri Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Senoaji Moh Adyatma Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Nanda Bagas Qohhar Muhammad Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Teguh Sholikin Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Luqmanul Hakim Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tanu Ariyanto Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5850

Keywords:

Motivasi Belajar, Pembelajaran PJOK, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK dapat berdampak serius pada keterlibatan aktif siswa, pencapaian tujuan pembelajaran, serta perkembangan kompetensi jasmani secara optimal. Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya partisipasi aktif dan motivasi peserta didik kelas X SMAN 6 Surabaya dalam proses pembelajaran PJOK. Salah satu faktor penyebab utama adalah jadwal pembelajaran yang berlangsung pada jam ke-5 dan ke-6, di mana kondisi lapangan cukup panas dan tidak kondusif untuk kegiatan fisik.Penelitian dilaksanakan karena kurang aktifnya atau kurangnya motivasi peserta didik kelas X SMAN 6 Surabaya pada proses pembelajaran PJOK karena beberapa faktor Faktor tersebut salah satunya ialah dimana peserta didik kelas X pada saat mengikuti pempelajaran pada jam 5-6 hal tersebut pada saat kondisi lapangan yang cukup panas saat melaksanakan pembelajaran. Jenis pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah upaya memperoleh informasi maupun data mengenai perkembangan motivasi belajar kelas X dengan mempratikkan permainan bola beracun disaat awal pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dengan pengisian angket motivasi, serta wawancara. Kemudian setelah mendapatkan data tersebut peneliti menganalisis dengan prosentase secara kuantitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh peneliti di siklus 1 dan 2 mendapatkan hasil yang diharapkan dimana adanya peningkatan motivasi peserta didik yang signifikan. Pada siklus 1 hasil angket mendapatkan rata-rata prosentase sebesar 42,44% dalam kategori kurang motivasi sementara pada siklus 2 hasil angket mendapatkan rata-rata prosentase sebesar 80,90% termasuk dalam kategori motivasi tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A., Venica, S. D., Aini, W., & Hidayat, A. F. (2025). Efektivitas media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 1-6. https://doi.org/10.62386/jised.v3i1.115

Amiruddin, M. I., Wijaya, A., & Suparno, A. (2024). Penerapan permainan bola beracun pada awal pembelajaran PJOK untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IX di SMPN 13 Surabaya. Journal of Creative Student Research, 2(5), 125-134. https://doi.org/10.55606/jcsr-politama.v2i5.4302

Dinarta, B. M. (2021). Penggunaan modifikasi permainan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas 10 pada mata pelajaran PJOK di SMK Negeri 1 Jember. Jurnal Buana Pedagogi Olahraga, 1(1), 33-43. https://doi.org/10.36456/jbpo.v1i1.5195

Gupita, E. C., & Wibowo, A. T. (2021). Upaya meningkatkan motivasi siswa belajar olahraga lempar lembing dengan media lempar rocket di sekolah dasar negeri 01 buay runjung. Jurnal Olympia, 3(1), 9-17. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v3i1.1400

Kemendikbud. (2022). Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kesuma, I. N. A. A., Yoda, I. K., & Hidayat, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Siswa SMP. Jurnal Penjakora, 8(1), 62-70. https://doi.org/10.23887/penjakora.v8i1.31091

Maria, U., & Yolanda, F. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Universitas Indraprasta PGRI, 1(1), 181-188.

Musiandi, T., & Taroreh, B. S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Atletik Melalui Pendekatan Permainan Tradisional Sumatera Selatan. Jurnal Olympia, 2(1), 29–37. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v2i1.885.

Nahar, A. W., & Taroreh, B. S. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Lari Melalui Media Flash Card di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Olympia, 2(2), 34-41. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v2i2.1266

Nuraini, S., Arum, W. S. A., Rihatno, T., Zakaria, M. I., Saleh, M. R., Laksono, A. T., ... & Marini, A. (2025). KKN-PkM Berdampak: Transformasi Pembelajaran SD melalui Game-Based Learning. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 610-619. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v9i1.5158

Nurhadi, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Beracun dalam Meningkatkan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (JIKK), 5(2).

Nurhaliza, A., Firdausi, L. A., Putri, H. S. M., Sholihah, U. D., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis Kegiatan Coping Stress Siswa SD Melalui Praktik Ice Breaking. Tunas Nusantara, 6(1), 701-707. https://doi.org/10.34001/jtn.v6i1.6190

Panjaitan, K., & Fardana, N. (2023). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui pendekatan permainan dalam pembelajaran penjas. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(1), 54-61.

Prawesthi, K. P. W., Andrijanto, D., & Sandiko, S. (2024). Penerapan Permainan Kecil (Percil) Bola Beracun Menggunakan Modifikasi Bola Spons Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Passing Bawah Permainan Bola Voli. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 3059-3066.

Putra, I. (2021). Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PJOK pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Bangli Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Putra, I. M., Wulandari, T., Al-Ihsan, M. I., & Prasetyo, O. D. (2024). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMPN 7 Muara Bungo. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 8(1), 159-168. https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10218

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61(xxxx), 101860. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101860

Saputra, M. H. P., Dinata, V. C., & Widodo, A. P. (2024). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Permainan Bola Beracun Pada Materi Aktivitas Pola Gerak Dasar Permainan Invasi Bola Tangan Di Kelas IV. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(7), 2696-2703.

Subrata, I. P. N. N. (2023). Dukungan orangtua dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 11(1), 7-15. https://doi.org/10.23887/jiku.v11i1.56214

Supriadi, A., Mesnan, M., Akhmad, I., Dewi, R., & Suprayitno, S. (2022). The Effect of Learning Manipulative Skills Using Ball Thrower Learning Media on the Ability to Throw and Catch the Ball in Elementary School Students. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(3), 590–603. https://doi.org/10.46328/ijemst.2441

Suroso, E. (2020). Model Pembelajaran Penjas Menggunakan Permainan untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani Indonesia (JIPJI), 3(2).

Taroreh, B. S., & Satria, M. H. (2020). Implementasi Permainan CBA pada Pembelajaran Atletik sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional di Sumatera Selatan. Jurnal Curere, 4(1). https://doi.org/10.36764/jc.v4i1.348.

Verawati, I., Dewi, R., & Ritonga, D. A. (2021). Development of Modification of Big Ball Game with Play Approach in Order to Develop Basic Movement Skills in Elementary School Students. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 3186–3192. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.2051

Yuda, E. K., Hendrayana, A., & Rosmilawati, I. (2025). Pembelajaran team games tournament menggunakan permainan tradisional gatrik untuk meningkatkan profil gotong royong dan koneksi matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 8(4), 383-404. https://doi.org/10.22460/jpmi.v8i4.27390

Zych, I., Ortega-Ruiz, R., & Del Rey, R. (2021). Systematic review of theoretical studies on bullying and cyberbullying: Facts, knowledge, prevention, and intervention. Aggression and Violent Behavior, 23, 1–21. https://doi.org/10.1016/j.avb.2015.10.001.

Published

2025-09-01

How to Cite

Ramadhani, R., Bhakti, N. K., Putri, V. K., Adyatma, S. M., Muhammad, N. B. Q., Sholikin, T., … Ariyanto, T. (2025). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Murid Kelas X SMAN 6 Surabaya dalam Pembelajaran PJOK dengan Menerapkan Permainan Bola Beracun di Awal Pembelajaran. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1144–1154. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5850

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.