Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Topik Metamorfosis di SD Negeri 9 Sumerta Denpasar Bali

Authors

  • Ni Wayan Putri Kusuma Andari Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • Ni Nyoman Mariani Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar
  • I Komang Wisnu Budi Wijaya Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6246

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Pop-Up Book, IPAS, Metamorfosis, ADDIE

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan minimnya media pembelajaran yang menarik dan berkualitas di jenjang sekolah dasar khususnya pada topik Metamorfosis. Oleh karena itu diperlukan sebuah penelitian pengembangan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yang menarik dan berkualitas yaitu pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menghasilkan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPAS topik Metamorfosis, 2) menganalisis validitas dan kepraktisan media pop-up book dan 3) menganalisis respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran pop-up book dalam pembelajaran mata pelajaran IPAS topik Metamorfosis. Penelitian ini tergolong dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Sumerta Denpasar dan SD Negeri 9 Sumerta Denpasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi ahli materi, ahli media, lembar kepraktisan dan angket respon siswa yang sudah dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Data penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menyatakan bahwa media pembelajaran pop-up book yang dikembangkan sudah memenuhi syarat validitas materi (skor 100%), validitas media (skor 97,7%) dan juga kepraktisan (skor 98%). Selain itu angket respon siswa menyatakan bahwa respon siswa sangat baik terhadap penggunaan media pembelajaran pop-up book yang dikembangkan peneliti dalam pembelajaran IPAS topik Metamorfosis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto. (2010). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayuri, A., Darmawati, G., Derta, S., & Annas, F. (2023). Rancang bangun media pembelajaran berbasis game edukasi menggunakan construct 2 pada mata pelajaran tik di smpn 03 sungai pua. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(2), 1334-1340. https://doi.org/10.36040/jati.v7i2.7262

Azzahra, M. D., & Hadi, M. S. (2025). Studi Literatur Penggunaan Media Pop-Up Book pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2464-2469. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7174

Fais, M. Z., Listyarini, I., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan Media Papin dan Koja (Papan Pintar dan Kotak Ajaib) Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 26-30. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i1.17097

Habibi, C. D., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas V SD. Jurnal Cendekia, 5(2), 1341-1351. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.620

Herlina, P., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Power point Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 1800-1809. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2207

Imam, K., & Kurniawan, A. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar. Elementary Education Journal, 2(2), 77-83. https://doi.org/10.53088/eej.v2i2.896

Jannah, A. R., Hamid, L., & Srihilmawati, R. (2020). Media pop up book untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini. Al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 1(2), 1-17. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v1i2.10

Kamila, U. S. (2023). Penerapan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran IPAS Materi Ayo Berkenalan Dengan Bumi Kita Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 2 Kalirejo. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1872-1882. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7610

Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran Ipa Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495

Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran Pop-up Book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal edutech Undiksha, 6(2), 212-221. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294

Meylovia, D., & Julianto, A. (2023). Inovasi pembelajaran IPAS pada kurikulum merdeka belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84-91. https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.128

Moto, M. M. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Indonesian journal of primary education, 3(1), 20-28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i1.16060

Mullisi, F. A., & Sumadi, C. D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Potensi Garam Pamekasan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 790-804. https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.20133

Mulyasari, R., & Doly, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model ADDIE (Sekolah Dasar). Jurnal Genta Mulia, 14(1). https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.698

Najib, M., Munir, M., & Prasetyo, A. (2023). Pengembangan Alat Peraga Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 3(1), 16-33. https://doi.org/10.21580/jieed.v3i1.14760

Ningtiyas, T. W., Setyosari, P., & Praherdiono, H. (2019). Pengembangan media pop-up book untuk mata pelajaran ipa bab siklus air dan peristiwa alam sebagai penguatan kognitif siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 115-120. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p115

Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain pembelajaran statistika terapan berbasis kasus berkualitas baik (valid, praktis, dan efektif) untuk mahasiswa pendidikan matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 105-119. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.951

Rahayu, N. W. G. W., Suparta, I. N., & Parwati, N. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-Komik Berorientasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aritmatika Sosial. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 68-78. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v12i1.792

Saputri, I. A., Chan, F., & Khoirunnisa. (2025). Pemanfaatan media pop-up book untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa materi ragam bentang alam kelas IV SDN 14/I Sungai Baung. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 11(1), 572–590. https://doi.org/10.31932/jpdp.v11i1.4480

Saragih, D. M., Siregar, N., & Butar-butar, I. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Mentimeter (PPT, WORD CLOUD) Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 5(3). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i3.1553

Wijaya, I. K. W. B., Yasa, I. M. W., & Wahyuni, N. N. T. (2023). Aplikasi Konsep Pembelajaran Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Sekolah Dasar (SD). Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 2574-2581. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2168

Winda, P., Pangestu, W. T., & Malaikosa, Y. M. L. (2022). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar siswa kelas v di sekolah dasar. Jurnal Holistika, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.1-7

Yasa, I. M. W., Wijaya, I. K. W. B., Supadmini, N. K., Aryana, I. M. P., & Hana, N. D. (2023). Evaluasi Program Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Pada Adi Widya Pasraman Di Provinsi Bali Dengan Model Evaluasi Context Input Process Product (CIPP). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 877-887. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i4.2850

Zumra, A. A., & Rahmi, L. (2024). Pengembangan media pembelajaran Pop Up Book pada materi simbol dan bunyi sila Pancasila. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(4), 129–142. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i4.3696

Published

2025-07-30

How to Cite

Andari, N. W. P. K., Mariani, N. N., & Wijaya, I. K. W. B. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Topik Metamorfosis di SD Negeri 9 Sumerta Denpasar Bali. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 923–936. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6246

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.