Penerapan Gamifikasi Menggunakan Media Wordwall dalam Pembelajaran Kaidah Kebahasaan Teks Biografi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan menerapkan sintak metode gamifikasi menggunakan media wordwall dalam pembelajaran kaidah kebahasaan teks biografi dan mengetahui respons serta hasil belajar peserta didik terhadap penerapan gamifikasi menggunakan media wordwall dalam pembelajaran kaidah kebahasaan teks biografi di kelas X SMK. Metode yang digunakan pada penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini, meliputi peserta didik kelas X di salah satu SMK di kota Semarang. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 25 peserta didik. Objek pada penelitian ini adalah penerapan metode gamifikasi menggunakan media wordwall dalam pembelajaran kaidah kebahasaan teks biografi, meliputi sintak pembelajaran menggunakan metode gamifikasi dan respons serta hasil belajar peserta didik terhadap pemanfaatan media wordwall dalam pembelajaran kaidah kebahasaan teks biografi. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Dari penelitian tersebut dihasilkan bahwa terdapat 6 sintaks pembelajaran menggunakan metode gamifikasi yaitu: (1) kenali tujuan pembelajaran, (2) tentukan ide besarnya, (3) buat skenario permainan, (4) buat desain aktivitas pembelajaran, (5) bangun kelompok-kelompok, (6) terapkan dinamika permainan. Penelitian ini menunjukkan hasil data berupa respons positif dan hasil belajar yang rata-rata melebihi 75 atau di atas KKTP pada pembelajaran kaidah kebahasaan teks biografi.
Downloads
References
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas media pembelajaran aplikasi wordwall terhadap hasil belajar ipa siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794-5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Ambawani, C. S. L., Kusuma, T. M. M., Fauziati, E., Haryanto, S., & Supriyoko, A. (2024). Perspektif Connectivisme Terhadap Penggunaan Media Gamifikasi Dalam Pembelajaran. PROFICIO, 5(1), 636-644. https://doi.org/10.36728/jpf.v5i1.3134
Anugrah, M., Astuti, I., & Afandi, A. (2022). Analisis Karakter Pelajar Abad 21 Dalam Studi Kasus di SMA Kristen Makedonia. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(2), 123-126.
Ariani, D. (2020). Gamifikasi untuk pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(2), 144–149.
Ariyanto, M. P., Nurcahyandi, Z. R., & Diva, S. A. (2023). Penggunaan gamifikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-10. https://doi.org/10.33365/jm.v5i1.2080
Aziz, A., & Gantara, P. (2021). Penggunaan Media Wordwall Dwi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN Satap 3 Hanau Desa Paring Raya. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 627-634. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1401
Devi, A. A. K., & Solihat, I. (2023). Gamifikasi Wordwall Bagi Guru Bahasa Indonesia SMP untuk Pembelajaran Pasca Covid-19. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 102-112. https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.123
Gainau, M. B. (2016). Pengantar metode penelitian. PT Kanisius.
Hardeliska, T. Y., & Landong, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Gamifikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar Pada Tema Benda Hewan dan Tanaman Kelas 1 SD Negeri 101911 Sidodadi Batu 8 Deli Serdang. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 879-886. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4343
Jannah, M., & Masnawati, E. (2024). Penerapan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 173-183. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2241
Kristiawati, K., & Wibawa, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Arrange berbantu media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Bejiarum. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(2), 650-656. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i2.4073
Nurjannah, N., Kaswar, A. B., & Kasim, E. W. (2021). Efektifitas gamifikasi dalam pembelajaran Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 189-193. https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2492
Nurmelati, M. (2022). Penerapan Gamifikasi Menggunakan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor Di Smkn 1 Purwasari. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(4), 339-345. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i4.1844
Praptomo, S., Rianingsih, H. H., & Dewi, A. K. (2024). Peran Gamifikasi Dalam Meningkatkan Pengalaman Pendidikan Di Era Digital. Scientica: Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 2(1), 212-220. https://doi.org/10.572349/scientica.v2i1.761
Purba, A. Z., Nasution, F. H., Parapat, K. M., Jannah, M., & Ulkhaira, N. (2024). Gamifikasi Dalam Pendidikan: Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan Siswa. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 1(5), 299–305.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Sari, A. N., Kholida, A., Firdaus, D. N., & Trisnawati, P. (2023). Penggunaan Media Wordwall sebagai Evaluasi Pembelajaran Organ Pernapasan pada Hewan Kelas V di SDN 3 Nagri Kaler. Journal on Education, 5(2), 1965-1973. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.838
Salsabila, A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42-51. https://doi.org/10.56393/pelita.v3i2.1716
Sari, P. I., Iswara, P. D., & Aeni, A. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Menulis Kolaborasi Melalui Media Flipbook Biodata Pahlawan Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 293-303. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.7282
Sindi, S. L. B., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 9-16. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.2504
Srimuliyani, S. (2023). Menggunakan teknik gamifikasi untuk meningkatkan pembelajaran dan keterlibatan siswa di kelas. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(1), 29-35. https://doi.org/10.31004/jedu.v1i1.2
Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020-1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11-11. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i1.5
Copyright (c) 2024 Adinda Erdiana, Ngatmini Ngatmini, Sri Winarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.