Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Permainan Chain Word Flag

  • Agussari Henny SMK Negeri 7 Makassar
  • Elly Fatmasari SMK Negeri 10 Makassar
Keywords: Menulis Paragraf, Pembelajaran Kooperatif, Permainan chain word flag

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan II siklus yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan menulis paragraf siswa kelas XI AP I SMK Negeri 7 tahun 2016/2017 Makassar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif melalui permainan Chain Word Flag tiap siklus terdiri atas: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah untuk peningkatan keterampilan menulis paragraf bahasa Inggris setelah mengikuti pembelajaran dengan metode pembelajaran kooperatif melalui permainan Chain word Flag, terlihat dari hasil tes menulis paragraf siswa pada tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada prasiklus mencapai 58.29 dan setelah dilakukan siklus I meningkat menjadi 67.3 atau meningkat sebanyak 9.01 % dari prasiklus. Pada siklus II meningkat menjadi 77.04 atau meningkat sebanyak 9.74 % dari siklus I dan meningkat sebanyak 18.75 % dari prasiklus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari hasil pengamatan terdapat pengaruh positif yaitu adanya peningkatan motivasi belajar, keaktifan menulis paragraph, dan keberanian siswa dalam bertanya serta mengeluarkan pendapat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawasilah, A. C., & Alawasilah, S. S. (2005). Pokoknya Menulis: Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi.. Bandung: PT Kiblat Buku Utama

Arikunto, S. (2002). Prosedur suatu penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aydan, E. (2000) Six Games for ESL/EFL Classroom. Gazi University: Turkey.

Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 281-284).

Brown, H. D., & Principles, T. B. (2001). An interactive approach to language pedagogy. NewYork: Longman.

Fitriani, F., Baharuddin, M. R., & Kayanti, J. (2019, October). Comparison of Cooperative Learning Model Think Pair Share and Think Pair Square Toward Students’ Mathematical Communication Ability. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 202-208).

Guntur, T. H. (1994). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Harmer, J. (1998). How to teach English . Essex. Addison Wesley Longman Limited. Hetherington, A.(1985) Assessing the suitability of reading materials for ESL students. TESL Canada Journal, 3(1), 37-51.

Hornby, A. S., Wehmeier, S., & Ashby, M. (2000). Oxford Advanced Learner’s Dictionary: Oxford University Press. NewYork City, US A.

Jacobs, H. L. (1981). Testing ESL Composition: A Practical Approach. English Composition Program. Newbury House Publishers, Inc., Jakarta: Rineka Cipta.

Junaid, R., & Baharuddin, M. R. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui PKM Lesson Study. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 122-129.

Kim, L. S. (1995). Creative games for the language class. In English Teaching Forum (Vol. 33, No. 1, pp. 35-36).

Rivers, W. M. (2018). Teaching foreign language skills. University of Chicago Press.

Slavin, R, E. (2009). CooporativeLlearning (teori, riset dan praktik). Bandung: Nusamedia.

Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46

Published
31-08-2020
How to Cite
Henny, A., & Fatmasari, E. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Melalui Permainan Chain Word Flag. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 332-340. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.312
Section
Regular Articles