Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar

  • Dian Amrillah Universitas Terbuka
  • Rhini Fatmasari Universitas Terbuka
  • Agus Santoso Universitas Terbuka
Keywords: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar Matematika, Percaya Diri, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan tujuan: 1) Menganalisis perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran ceramah, 2) Menganalisis perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang memiliki percaya diri tinggi dan siswa yang memiliki percaya diri rendah, 3) Menganalisis interaksi antara model pembelajaran discovery learning dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar Matematika, 4) Menganalisis hasil perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran ceramah pada siswa yang memiliki percaya diri tinggi, dan 5) Menganalisis hasil perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran ceramah pada siswa yang memiliki percaya diri rendah. Penelitian ini dilakukan pada kelas siswa IV di Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor dengan sampel 81 siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan dalam penelitian yaitu eksperimen Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney dan Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar Matematika antara siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning tidak lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah, 2) Hasil belajar Matematika siswa yang memiliki percaya diri tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki percaya diri rendah, 3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran discovery learning dan percaya diri siswa terhadap hasil belajar Matematika, 4) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran ceramah pada siswa yang memiliki percaya diri tinggi, dan 5) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ceramah lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning pada siswa yang memiliki percaya diri rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam. JIPMat, 1(2). https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1242

Artawan, P. G. O., Kusmariyatni, N., & Sudana, D. N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 452-458. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29456

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh model discovery learning berbantuan media lingkungan alam sekitar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103-112. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15488

Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa): Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(2), 82-92. https://doi.org/10.37289/kapasa.v3i2.356

Fazriansyah, M. F. (2023). Efektivitas model discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematik peserta didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 275-283. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i2.4037

Giyanti, G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievment Devision (STAD) dan Rasa Percaya Diri Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 37-52. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.635

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://dx.doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2040

Herman, T. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self confidence siswa kelas V sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 7(2), 140-151. https://doi.org/10.17509/eh.v7i2.2705

Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 36-43. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4197

Lestari, W. (2017). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v2i1.1724

Muhamad, N. (2017). Pengaruh metode discovery learning untuk meningkatkan representasi matematis dan percaya diri siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9-22. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v10i1.83

Novita, L., Windiyani, T., & Sakinah, A. R. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 148-163. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7441

Nur, M. F., & Wahyuddin, W. (2023). Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Inpres Bontomanai Kota Makassar. Journal on Education, 6(1), 7402-7414. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4007

Nurvitasari, S., & Yerizon, Y. (2019). Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 13 Padang. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Reserch and Development, 1(4), 1114-1121.

Rahmi, R., Febriana, R., & Putri, G. E. (2020). Pengaruh self-efficacy terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran model discovery learning. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(01), 27-34. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i01.8733

Shanthi, R. V., & Maghfiroh, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Di MI Ma'arif Pulutan. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 11(1), 37-51. http://dx.doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3459

Tapa, I. G. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2023). Model Discovery Learning Berbasis Masalah Kontekstual Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Self Regulated Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.60595

Tuti, K. M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(2), 131-136. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i2.37528

Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 29-41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657

Yunita, N., & Anwar, W. S. (2020). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 3(1), 61-65. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v3i1.2020

Published
15-08-2024
How to Cite
Amrillah, D., Fatmasari, R., & Santoso, A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 617-634. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4278
Section
Regular Articles