Penggunaan Mobile Learning Berbasis Cooperative Learning Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di MTSN 2 Maros

  • Hikmah Rusdi Universitas Muslim Maros
Keywords: Model Kooperatif, Teams Game Turnamen, Kualitas Guru

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pembelajaran guru dengan menggunakan mobile learning berdasarkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments di MTsN 2 Maros. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus selama lima minggu secara efektif. Hasil siklus I menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran guru tergolong dalam kategori sedang, sedangkan pada siklus II kualitas pembelajaran guru tergolong dalam kategori tinggi. Dari siklus pertama ke siklus kedua mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan mobile learning berbasis model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments dapat meningkatkan kualitas pembelajaran guru di MTsN 2 Maros. Selain peningkatan kualitas pembelajaran guru, hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan dari kategori sedang ke tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisukarjo, S. 2005. Horizon Pengetahuan Sosail 5 B. Jakarta: Yudistria.

Al Muhtar, S. 2006. Pengembangan Berpikir dan Nilai dalam Pendidikan Biologi. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Alhara, Z. H., Asikin, M., & Amidi, A. (2021). Problem solving ability based on Newman procedure in Team Games Tournament learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 10(1).

Angkowo,. R & A Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Gramedia widiasarana Indonesia

Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, Jakarta: Wineka Cipta

Dimiyati. 1990. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M. A., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Model dan Media Pembelajaran bagi Generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54-62. DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v23i1.9106

Mas, S. R. (2008). Profesionalitas Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, 5(2).

Rusdi, H., & Murti, W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) berbasis Macromedia terhadap Hasil Belajar Kimia Organik pada Mahasiswa Pendidikan Biologi STKIP YAPIM Maros. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 18(2), 1-7. DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5882

Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi KBK 2004. Jakarta: Kencana Prenada Media group

Sobri, A. Y. (2013). Pembinaan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Manajemen Pendidikan, 24(1), 9-20.

Sujana. 1989. Penelitian dan Penialian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

Suwarna. 2006. Profesionalisme Guru dalam Orientasi KBK. Jakarta: Gaung Persada.

Syafruddin. 2001. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar, 238.

Published
03-08-2021
How to Cite
Rusdi, H. (2021). Penggunaan Mobile Learning Berbasis Cooperative Learning Model Team Games Tournament untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di MTSN 2 Maros. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 351-359. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1246
Section
Regular Articles