Pengembangan Media Pembelajaran Digital Bahasa Arab Menggunakan Heyzine Pada Materi Benda di Kelas pada Siswa Kelas VII MTSN Palopo
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6454Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Digital, Bahasa Arab, HeyzineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Heyzine pada materi fasilitas umum bagi siswa kelas VII MTsN Palopo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Media digital yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa serta mempermudah pemahaman konsep secara visual dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Dalam proses pengembangan, media dirancang menggunakan aplikasi Canva dan dikemas dalam format digital interaktif melalui platform Heyzine. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi untuk menilai kualitas isi dan tampilan media. Selain itu, dilakukan uji coba terbatas kepada siswa untuk menilai efektivitas dan daya tarik media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital ini mendapatkan tanggapan sangat positif dari para ahli dan siswa. Media terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fasilitas umum dan menjadikan proses pembelajaran lebih menarik serta menyenangkan. Dengan demikian, media pembelajaran digital menggunakan Heyzine ini dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran di kelas, khususnya dalam mendukung penerapan teknologi dalam pendidikan.
Downloads
References
Abbas, N., Nadila, R., Sari, M., & Mukramin, S. U. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Arifah Kabupaten Gowa. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 65-74. https://doi.org/10.58540/pijar.v2i1.469
Addimasyqi, M. R., Tamam, A. M., & Alim, A. (2024). Pengembangan bahan ajar tajwid dengan flipbook di Madrasah Tsanawiyah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 455-472. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2.17055
Aisyah, S., Suriswo, S., & Sudibyo, H. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dengan Media Heyzine Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah. Journal of Education Research, 5(4), 6629-6640. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2108
Alfaried, R. N., Rokhmawati, R. I., & Amalia, F. (2022). Pengembangan modul elektronik pada pembelajaran search engine marketing (SEM) dengan metode research and development (R&D)(Studi pada: SMK PGRI 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(4), 1728-1736.
Anggreni, F., & Sari, R. (2022). Pendampingan penysunan e-modul menggunakan aplikasi Heyzine untuk mendukung Program Madrasah Digital. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) 4, 262-267.
Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2565-2576. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8126
Denisa, S. B., & Astimar, N. (2024). Pengembangan Media Flipbook Digital Menggunakan Aplikasi Heyzine Pada Pembelajaran Ipas Di Kelas V Sekolah DasaR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 777-787. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17140
Dewi, P. R. P. I., Wijayanti, N. M. W., & Juwana, I. D. P. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran digital Assemblr Edu pada mata pelajaran matematika di SMK Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98-109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1961
Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan e-modul logika matematika dengan Heyzine untuk menunjang pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71-80. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245
Fitriani, K. D. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Heyzine Flipbooks Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas XII IPA Pada Mata Pelajaran PAI di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Mahisarani, A., Sinaga, A. I., & Anas, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis web untuk meningkatkan keterampilan membaca Alquran siswa. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 218-235. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.9955
Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan media pembelajaran digital book dengan Kvisoft Flipbook Maker. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 5(1), 25-32. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741
Mulyasari, R., & Doly, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model ADDIE (Sekolah Dasar). Jurnal Genta Mulia, 14(1). https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.698
Nasution, N. H. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Heyzine Pada Materi Teks Hikayat Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas X Sma Pab 8 Saentis (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara).
Putri, M. E. (2025). Belajar Huruf Hijaiyah Metode An-Nahdliyah Flipbook Interaktif Untuk Pemula.
Ramadhani, D., Nurhasanah, A., & Fadillah, M. A. (2023). Pengembangan bahan ajar berbasis digital menggunakan aplikasi heyzine flipbooks tentang kesultanan banten abad Ke-17 di kelas X SMKN 2 kota serang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 388-402. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.133
Risa, M., Irdiyansyah, I., & Mirawati, M. (2025). Pengembangan Bahan Ajar E-book Menggunakan Aplikasi Heyzine Pada Subtema Benda Tunggal dan Campuran: Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bojong 02 Kecamatan Kemang Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01). https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.24217
Sari, R. (2024). Pengembangan Buku Pengayaan Berkonteks Etnofisika Pada Alat Musik Tradisional Jambi Rebana Siam Menggunakan Heyzine Flipbook (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Syamsuddin, N., & Kamal, H. (2024). Tathwir Wasilah Ta'lim al-Lughah al-Arabiyyah al-Tafa'uliyyah'ala Asas al-Lu'bah al-Ta'limiyyah Quizizz fi Madah al-Mubtada'wa al-Khabar li Tullab al-Saff al-'Ashir bi al-Madrasah al-'Aliyah al-Hukumiyyah Palopo. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 7(1), 29-41. https://doi.org/10.24256/jale.v7i1.5099
Wirasuta, I. P. A. (2024). Media Pembelajaran Digital Book Berbasis Active Learning Muatan IPS Materi Lingkungan Sahabat Kita untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 98-107. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.69138
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gusniarni Lestari, Mawardi Mawardi, Muhammad Yamin, Tiara Amanda, Sri Arnawinda, Nur Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.