Pengembangan Media Pembelajaran Digital Bahasa Arab Menggunakan Heyzine Pada Materi Benda di Kelas pada Siswa Kelas VII MTSN Palopo

Authors

  • Gusniarni Lestari Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Mawardi Mawardi Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Muhammad Yamin Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Tiara Amanda Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Sri Arnawinda Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Nur Azizah Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6454

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Digital, Bahasa Arab, Heyzine

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbasis Heyzine pada materi fasilitas umum bagi siswa kelas VII MTsN Palopo. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada kebutuhan akan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Media digital yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa serta mempermudah pemahaman konsep secara visual dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Dalam proses pengembangan, media dirancang menggunakan aplikasi Canva dan dikemas dalam format digital interaktif melalui platform Heyzine. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi untuk menilai kualitas isi dan tampilan media. Selain itu, dilakukan uji coba terbatas kepada siswa untuk menilai efektivitas dan daya tarik media pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital ini mendapatkan tanggapan sangat positif dari para ahli dan siswa. Media terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi fasilitas umum dan menjadikan proses pembelajaran lebih menarik serta menyenangkan. Dengan demikian, media pembelajaran digital menggunakan Heyzine ini dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran di kelas, khususnya dalam mendukung penerapan teknologi dalam pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, N., Nadila, R., Sari, M., & Mukramin, S. U. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Arifah Kabupaten Gowa. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 65-74. https://doi.org/10.58540/pijar.v2i1.469

Addimasyqi, M. R., Tamam, A. M., & Alim, A. (2024). Pengembangan bahan ajar tajwid dengan flipbook di Madrasah Tsanawiyah. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 455-472. https://doi.org/10.32832/tawazun.v17i2.17055

Aisyah, S., Suriswo, S., & Sudibyo, H. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) dengan Media Heyzine Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah. Journal of Education Research, 5(4), 6629-6640. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.2108

Alfaried, R. N., Rokhmawati, R. I., & Amalia, F. (2022). Pengembangan modul elektronik pada pembelajaran search engine marketing (SEM) dengan metode research and development (R&D)(Studi pada: SMK PGRI 3 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6(4), 1728-1736.

Anggreni, F., & Sari, R. (2022). Pendampingan penysunan e-modul menggunakan aplikasi Heyzine untuk mendukung Program Madrasah Digital. In The 4th International Conference on University Community Engagement (ICON-UCE 2022) 4, 262-267.

Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2565-2576. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8126

Denisa, S. B., & Astimar, N. (2024). Pengembangan Media Flipbook Digital Menggunakan Aplikasi Heyzine Pada Pembelajaran Ipas Di Kelas V Sekolah DasaR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 777-787. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17140

Dewi, P. R. P. I., Wijayanti, N. M. W., & Juwana, I. D. P. (2022). Efektivitas penerapan media pembelajaran digital Assemblr Edu pada mata pelajaran matematika di SMK Negeri 4 Denpasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 98-109. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1961

Erawati, N. K., Purwati, N. K. R., & Saraswati, I. D. A. P. D. (2022). Pengembangan e-modul logika matematika dengan Heyzine untuk menunjang pembelajaran di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 8(2), 71-80. https://doi.org/10.33474/jpm.v8i2.16245

Fitriani, K. D. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Heyzine Flipbooks Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas XII IPA Pada Mata Pelajaran PAI di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Mahisarani, A., Sinaga, A. I., & Anas, N. (2023). Pengembangan media pembelajaran tajwid berbasis web untuk meningkatkan keterampilan membaca Alquran siswa. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 218-235. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i3.9955

Mulyaningsih, N. N., & Saraswati, D. L. (2017). Penerapan media pembelajaran digital book dengan Kvisoft Flipbook Maker. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 5(1), 25-32. http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v5i1.741

Mulyasari, R., & Doly, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model ADDIE (Sekolah Dasar). Jurnal Genta Mulia, 14(1). https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.698

Nasution, N. H. (2024). Pengembangan E-Modul Berbantuan Heyzine Pada Materi Teks Hikayat Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas X Sma Pab 8 Saentis (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas ISlam Sumatera Utara).

Putri, M. E. (2025). Belajar Huruf Hijaiyah Metode An-Nahdliyah Flipbook Interaktif Untuk Pemula.

Ramadhani, D., Nurhasanah, A., & Fadillah, M. A. (2023). Pengembangan bahan ajar berbasis digital menggunakan aplikasi heyzine flipbooks tentang kesultanan banten abad Ke-17 di kelas X SMKN 2 kota serang. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(2), 388-402. https://doi.org/10.51874/jips.v4i2.133

Risa, M., Irdiyansyah, I., & Mirawati, M. (2025). Pengembangan Bahan Ajar E-book Menggunakan Aplikasi Heyzine Pada Subtema Benda Tunggal dan Campuran: Penelitian Research and Development pada Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Bojong 02 Kecamatan Kemang Semester Genap Tahun Pelajaran 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01). https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.24217

Sari, R. (2024). Pengembangan Buku Pengayaan Berkonteks Etnofisika Pada Alat Musik Tradisional Jambi Rebana Siam Menggunakan Heyzine Flipbook (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Syamsuddin, N., & Kamal, H. (2024). Tathwir Wasilah Ta'lim al-Lughah al-Arabiyyah al-Tafa'uliyyah'ala Asas al-Lu'bah al-Ta'limiyyah Quizizz fi Madah al-Mubtada'wa al-Khabar li Tullab al-Saff al-'Ashir bi al-Madrasah al-'Aliyah al-Hukumiyyah Palopo. Al Ibrah: Journal of Arabic Language Education, 7(1), 29-41. https://doi.org/10.24256/jale.v7i1.5099

Wirasuta, I. P. A. (2024). Media Pembelajaran Digital Book Berbasis Active Learning Muatan IPS Materi Lingkungan Sahabat Kita untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 5(1), 98-107. https://doi.org/10.23887/iji.v5i1.69138

Published

2025-08-01

How to Cite

Lestari, G., Mawardi, M., Yamin, M., Amanda, T., Arnawinda, S., & Azizah, N. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Bahasa Arab Menggunakan Heyzine Pada Materi Benda di Kelas pada Siswa Kelas VII MTSN Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(2), 1122–1133. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6454

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.