Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi bagi siswa kelas V SD Negeri 21 Teluk Menyurai Tahun Pelajaran 2019/2020; Mendeskripsikan aktivitas menulis karangan deskripsi siswa menggunakan media gambar seri siswa kelas V SD Negeri 21 Teluk Menyurai Tahun pelajaran 2019/2020; Mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri siswa kelas V SD Negeri 21 Teluk Menyurai Tahun Pelajaran 2019/2020.Metode penelitian adalah kualitatif dan bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes, lembar wawancara. Subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri 21 Teluk Menyurai yang berjumlah 17 orang. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan media gambar seri di kelas V SD Negeri 21 Teluk Menyurai dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, siswa terlihat memiliki motivasi, antusias dan kerjasama yang baik dalam pembelajaran. Sedangkan dari faktor guru meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru; aktivitas siswa mengalami peningkatan keantusiasan dalam belajar dan berdiskusi atau kerjasama dengan siswa lain, saling ketergantungan positif dengan siswa lain dan keaktifan menulis karangan narasi yang sangat baik, penggunakan media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi meningkat; peningkatan kemampuan menulis karangan narasi menggunakan media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri 21 Teluk Menyurai dikategorikan sangat baik yaitu pada hasil siklus I ketuntasan belajar siswa adalah 52,94% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88,24% sehingga terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 35,30%., hal ini menunjukkan bahwa media gambar seri mampu menjadi sebuah sarana yang menghantar pada pengembangan kemampuan berpikir (kognitif), bertindak (afektif), dan terampil menulis karangan narasi (psikomotorik). Penelitian ini disarankan bagi guru, siswa, sekolah dan penelitian selanjutnya dalam penggunaan media gambar seri pada proses belajar mengajar khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Downloads
References
Akhaidah, S. (2007). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Andayani. (2011). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: RinekaCipta.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: RajagrafindoPersada.
Bungin, B. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Robbins. (2000). Kemampuan Menulis. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.
Djiwandono. (2008). Kemampuan Menulis. Klaten: Intan Pariwara.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Bandung. BumiAksara.
Iskandar. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: GP Press.
Moleong, J. L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: RemajaRosdakarya.
Nurgiyantoro, (2009). Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiantoro. (2009). Menulis. Bandung: Rosdakarya
Nurudin. (2013). Wahana dalam Menulis. Bandung: Tarsito.
Sadiman, A. S. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.
Tarigan, H. G. (2008). Ketrampilan Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: PT. Angkasa.
Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Copyright (c) 2020 Dwi Cahyadi Wibowo, Priana Sutani, Evi Fitrianingrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.